Keindahan Sunset Dari Hutan Pinus Pengger Dlingo Yogyakarta

Keindahan Sunset Dari Hutan Pinus Pengger Dlingo Yogyakarta

S

eharin Yogyakarta begitu sangat-sangat panas (9/3/2017). Pekerjaan yang banyak dan panas membuat pikiran semakin buyar dan perlu agenda refresing biar tenang. Tak terasa setelah berjuang dari sebuah pekerjaan di depan komputer dan panas akhirnya tibalah waktunya untuk pulang.

Dari situlah ide dadakan muncul disaat cuaca cukup menarik untuk mencari sunset. Tanpa basa-basi mumpung ada yang mengajak untuk cari sunset menjadikan termotivasi untuk berangkat dan meluncur dengan waktu yang cukup mepet.

Masih bimbang dengan pilihan tempat untuk mencari sunset. Waktu menunjukkan pukul 16.50 Wib dan akhirnya mendapatkan keputusan untuk meluncur ke tempat wisata yang sedang hits dan lokasi yang cukup menarik untuk hunting foto. Lokasi yang kami kunjungi adalah Hutan Pinus Pengger.

Lokasi & Rute

Hutan Pinus Pengger berlokasi di Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadikan salah satu spot terbaru dan menjadi pilihan terbaru selain Hutan Pinus Mangunan.

Waktu yang mepet tadi sanggup untuk sampai dilokasi Hutan Pinus Pengger dari kota yogyakarta, sampai di lokasi kurang lebih pukul 17.30 wib.

Untuk rutenya cukup mudah dari Yogyakarta melewati jalan wonosari terus mentok naik, melewati bukit bintang setelah itu akan ada perempatan belok kearah kanan arah ke Dling0 sedangkan kalau lurus ke wonosari dan untuk ke kiri menuju ke wisata Gunung Purba dan Embung Nglanggeran.

Yak ikuti jalur ke Dlingo tersebut, kurang lebih 3 km maka sebelah kanan akan ada Spot Hutan Pinus Pengger berada di samping jalan.

Tiket Masuk

Tiket masuk hanya Rp.2.000,- dengan parkir sepeda motor Rp.2.000 untuk mobil menyesuaikan pokoknya standar murah meriah lokasi ini.

Fasilitas & Spot

Tidak bagitu banyak spot yang saya explore dan foto di kawasan hutan pinus dikarenakan saya sudah tergesa-gesa tujuan utamanya adalah mencari sunset. Namun dari mata penglihatan saya di Hutan Pinus Pengger fasilitas dan tempatnya cukup memadai dan sangat rekomendasi dalam berfoto, ada beberapa spot menarik untuk berfoto. Sedangkan untuk fasilitas sudah ada warung, toilet, dan tempat ibadah (mushola).

"WIFI Gratis akan menemanimu di Hutan Pinus Pengger"

Yang keren ada wifi gratis yang disedikan di Hutan Pinus Pengger walaupun jarak jangkauan tak sampai puncak untuk melihat lokasi sunset. Untuk wifi biasanya akan diberitahu kalau akan masuk tempat wisatanya. Namun apabila petugas lupa langsung tanya saja tidak apa-apa, paswordnya tidak susah.

BACA JUGA :  Menuju Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

Oke kembali ke topik, Tujuan utama yaitu mencari matahari terbenam di hutan pinus pengger jadi saya langsung menuju puncak Lampeng yang merupakan spot gardu padang dari Hutan Pnus Pengger. Menjadi salah satu spot terbaik mencari sunset. Karena hari yang aku kunjungi bukan hari libur, jadi lokasi amat lumayan sepi untuk menikmati matahari terbenam.

Sunset Pinus Pengger Yogyakarta

Foto diatas hasil foto perdana, sekitar pukul 17.54 wib. Nampak masih begitu cerah, bulatnya sinar matahari yang begitu indah selalu ingin mengucapkan syukur kepada Yang Maha Kuasa. Tidak begitu banyak pengunjung walaupu begitu beberapa penikmat foto landscape hadir sama seperti saya untuk mengabadikan sebuah momment yang sngat menarik.

Hutan Pinus Pengger

Dilanjutkan spot foto di sebalah kanan dari gardu pandang tersebut, ada sebuah batu yang menarik yang bisa di jadikan spot berfoto tapi jangan lupa tetap utamakan keselamatan. Karena untuk menuju batu tersebut butuh memanjat. Namun karena lokasinya bergantian jadi tidak sempat berfoto dibatu tersebut karena tidak mendapatkan dan waktu sudah makin malam.

Karena matahari sudah mulai hilang perlahan lahan, dilanjutkan dengan foto dibuah spot yang belum lama ini rami dan hits diinstagram, tidak usah basa-basi saya langsung mencoba, disini lumayan bisa mendapatkan foto walaupun sedikit tak maksimal .

Hutan pinus pengger

Hutan pinus pengger

Cahaya matahari masih terlihat sedikit, dicampur dengan gemerlah lampu kota yang begitu syahdu dan sangat tenang suasana di Hutan Pinus Pengger, hampir lupa akan waktu yang sudah semakin malam dan tak terasa waktu menunjukkan pukul 18.37 wib waktunya bergegas turun dan mencari mushola untuk menunaikan ibadah sholat magrib. Cerita pun di tutup dan selesain semoga informasi dan cerita wisata perjalanku ini bermanfaat.

Previous Berkunjung Menggunakan Sepeda, Monumen Perjuangan TNI AU
Next 2 Air Terjun Segar Di Desa Seloprojo "Air terjun Sumuran & Ngesong"

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 232 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Candi Kalasan di Antara Rumah Penduduk

Lensanasrul.com – Explore dan Gowes itulah beberapa minggu ini yang saya lakukan. Mecari udara segar di padukan dengan menikmati indahnya kota yogyakarta beraneka ragam seni dan budaya. Minggu, 14 Feb

Yogyakarta 4 Comments

Video Drone Rekam Keindahan Yogyakarta Dari Langit

Semenjak teknologi canggih yang tercipta kendaraan tanpa awak yaitu Drone hadir, kini begitu banyak fotografer atau videografer memanfaatkan kendaraan tanpa awak untuk mendapatkan karya-karya menarik yang di bidik dari atas

Yogyakarta 1Comments

Desa Wisata Grogol, Menikmati Suasana Pedesaan Asri

awah yang hijau, penduduk yang ramah, suasana yang asri dan suara gemrecik air yang jatuh dari bambu air membuat saya merasa betah di Desa Wisata Grogol. Desa wisata ini berlokasi

5 Comments

  1. Evi
    March 12, 12:07 Reply

    Iya cantik banget hutan pinus pengger ini. Foto sunsetnya membuat keindahan semakin sempurna lewat lensa kamera. Tak heran ya Mas, pinus pengger akhirnya ngetop seperti sekarang

  2. Murni assih
    August 31, 10:54 Reply

    Sedih dh rasa nya blom pernah ke Pinus pengger, padahal wisata Pinus pengger dekat dengan kampung ku, masih fokus nyari uit dinjkrta.

    • Bang Nasrul
      August 31, 11:24 Reply

      hehe iya mbk biasanya yang dekat itu lupa mau di explore, cari yang jauh jauh hehe..

Leave a Reply