pemandangan singapore

Pertama Kali Di Singapore, Harus Baca Ini Agar Lebih PD

Bagi kamu yang akan ke Singapore pertama kalinya, pasti anda akan mencari informasi seputar negara tersebut untuk bekal informasi agar tidak salah dalam bertindak. Itupun juga saya lakukan sebelum menuju Singapore.

Sebelumnya juga saya juga sudah posting pengalaman pribadi seputar tips perdana persiapan traveling ke Singapore. Dengan persiapan itu saya selama di Singapore tidak ada kendala. Sedangkan kali ini saya akan berbagai informasi yang saya dapatkan seputar Singapore.

Jadi ini adalah pengalaman ku sendiri pertama kali di singapore seru dan uniknya negara ini yang bisa dibilang sangat jauh dengan negara kita Indonesia. Saya sih berharap akan seperti negara ini apalagi bisa melebihi negara dengan kemajuan teknologi yang pesat. Oke akan saya bagikan informasi secara bertahap seputar Singapore agar lebih PD tidak canggung dan di mulai dari :

Bahasa Inggris ?

Belajar bahasa inggris dulu
Belajar bahasa inggris dulu – © shutterstock

Bahasa utama di Singapore adalah bahasa Inggris, namun karena disini beraneka ragam ras seperti melayu, tionghoa, india maka dari itu tercampurlah bahasa disini dan bisa dibilang namanya bahasa Singles.

Jadi setidaknya anda harus paham dengan bahasa Inggris, kalau merasa sulit bahasa inggris seperti saya ini, carilah teman traveling yang fasih bahasa inggris agar selama perjalanan ada yang membantu menterjemahkan.

Namun jika ingin solo backpacker dan masih saja tidak bisa bahasa inggris, cara ampuh menggunakan google translate dan bahasa tubuh.

Saat di Imigrasi Changi Airport Santailah

Imigrasi Changi Terminal 4
Imigrasi Changi Terminal 4 – © Shutterstock

Setelah anda sampai di Bandara Changi anda akan langsung diarahkan ke pintu Imgirasi, pastinya anda sudah siap dengan embarkation card dan paspor anda.

Antrilah dengan rapi dan jangan terlihat mencurigakan karena ada petugas yang selalu jalan mengecek data para pendatang.

Alhamdulillah saat saya bertemu dengan petugas imigrasi, saya mendapat petugas yang berbahasa melayu yang memudahkan saya dalam berkomunikasi, cuma butuh 10 menit proses dengan imigrasi berjalan dengan lancar.

Read :  18 Persiapanku Sebelum Traveling / Backpacker Ke Singapore

waktu itu saya hanya di tanya, Apakah sudah pernah ke Singapore? Apakah pernah punya masalah di Singapore?

Banyak Wifi Gratis di Changi Airport

Wifi gratis banyak di Changi Airport
Wifi gratis banyak di Changi Airport – © shutterstock

Hebatnya Bandara Changi ialah tersebar begitu banyak Wifi gratis dan yang pasti kecepatan internetnya jangan di tanya hehe..

Untuk mendapatkan wifi tersebut ada 2 cara dan sebenarnya semua sangatlah mudah.

  1. OTP Via Kode SMS : Ini yang saya coba, anda tinggal buka jaringan wifi dan cari wifi Changi, setelah terhubung selanjutnya akan diarahkan ke tab login. Kebutuhannya hanyalah memasukkan nomer anda nanti anda akan dikirimkan kode OTP yang berguna untuk login ke Wifi tersebut, pilihannya ada 3 jam dan 24 jam.
  2. Via Kios : Carilah di tempat strategis di Changi Airport kalau tidak salah hanya ada di Terminal 4, kebutuhannya anda tinggal scan pasport anda ikuti langkah-langkahnya maka anda akan mendapatkan kode untuk login.

Peraturan Ketat Di Singapore

Lalulintas rapi dan negara yang bersih

Jangan di bawa kebiasaan jelek anda dari negaramu untuk datang ke Singapore, bisa-bisa nanti terkena hukuman. Tidak tanggung-tanggung denda yang besar bisa membuat anda di deportasi karena kesalahan yang menurutmu begitu kecil namun di sana adalah masalah besar seperi :

  1. Larangan Mengunyah Permen Karet : Kalau di negara kita sepertinya ini lucu ya pasti banyak polemik, tapi berbeda jika di Singapore. Ada larangan mengunyah permen karet dan apabila melanggar bisa mendapatkan denda yang sangat tinggi.
  2. Dilarang Membuang Sampah Sembarangan : Singapore saya kasih jempol dah, memang negara ini sangat bersih. Selama perjalanan tak ada namanya sampah di jalan. Jadi selalu berhati-hatilah bagi kalian yang suka membuang sampah sembarangan.
  3. Lupa Tidak Menyiram Toilet : Singapore perihal menjaga kebersihan memang luar biasa, di sana pun Toilet Umum sangatlah di jaga, maka dari itu disana toiletnya sangat bersih. Jadi jangan sampai setelah kamu menggunakan Toilet lupa tidak menyiram atau membersihkan hasil bertapamu.
  4. Larangan Merokok Di Sembarang Tempat : Kebiasaan merokok di sembarang tempat harus kamu jaga disaat anda berada di Singapore, jangan sampai masalah ini membuat harus mendapatkan denda yang tinggi.
  5. Larangan Meludah Sembarangan : Meludah sembarangan di Singapore akan berakibat fatal dan mendapatkan denda yang begitu besar. Walaupun tidak ada yang memantau secara langsung sebenarnya di singapore sudah begitu banyak CCTV yang selalu melihat gerak-gerikmu.
  6. Menyebrang Jalan Sembarangan : Gunakanlah jalur pejalan kaki apabila sedang menyebrang jalan. Peraturan disini sangatlah ketat tentang peraturan ini. Di Singapore pun sebenarnya pejalan kaki juga sangat di prioritaskan, sebagai contoh saat anda menyebrang jalan di jalan yang benar dan waktu menyebrang sudah habis namun anda masih berada di tengah, maka para kendaraan akan mempersilahkan pejalan kaki sampai tujuan. Kalau di negara kita pasti sudah di klakson haha…
Read :  Google Maps Offline Untuk Navigasi Saat Traveling

Perlakuan Orang Tua, Diffabel, Ibu Hamil dan Ibu Bawa Anak Sangat di Prioritaskan

Priority Seating – © shutterstock

Saya begitu kagum dengan negara Singapore tentang perlakukan untuk Orang Tua, Diffabel dan Ibu bawa anak. Jadi Apabila kamu masih muda atau kuat belum berumur pakailah jalan yang tepat seperti gunakanlah escalator. Karena seperti lift di prioritaskan untuk 3 kategori tersebut (
Orang Tua, Difabel, Ibu Hamil dan Ibu Bawa Anak ).

Namun apabila merasa tidak ada 3 orang itu anda bisa menggunakan lift, intinya sih selalu memprioritaskan untuk Orang Tua, Diffabel, Ibu Hamil dan Ibu Bawa Anak.

Gunakanlah Escalator Dengan Benar

Etika menggunakan escalator di Singapore – © shutterstock

Apabila anda melewati escalator / tangga jalan harap di perhatikan. Apabila kamu selama di perjalanan santai dan melewati jalur escalator kamu harus melihat posisimu. Untuk posisi sebelah kiri digunakan untuk orang yang santai hanya berdiam diri di escalator. Sedangkan untuk sisi kanan merupakan jalur untuk yang tergesa-gesa, mereka akan menggunakan escalator sambil berjalan. Jadi bijaklah dalam menggunakan escalator selalu lihat sekitar sebelum bertindak.

Mudah Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi bus untuk explore singapore
Menggunakan transportasi bus untuk explore singapore

Transportasi umum dengan harga murah dan populer ialah MRT dan Bus. Saya selama 5 hari di Singapore menggunakan transportasi tersebut dan selama perjalanan begitu jelas rutenya dan sangat mudah.

Begitu banyak informasi rute dan juga terdapat penjaga informasi apabila berada di MRT, atau bisa juga tanya langsung ke penduduk lokal, karena penduduk lokal begitu baik dalam memberikan informasi.

Persiapkan Map MRT agar tidak tersesat, bisa baca di bawah ini atau download di sini.

map mrt singapore

Untuk Bus di tiap halte juga terdapat rute jalur bus yang di lewati. Sedangkan apabila bila bingung saya juga tetap menggunakan google maps sebagai bantuan karena google maps di Singapore sangat akurat.

Read :  Serba Serbi Kotak P3K Saat Traveling

Perihal pembayaran untuk menggunakan MRT dan Bus saya memilih menggunakan EZ-link untuk waktu 5 hari karena lebih cocok dan irit, namun apabila sudah selesai kamu tidak bisa mengembalikan kartu tersebut (bisa buat kenang-kenangan).

Kamu bisa membeli kartu EZ-link di Bandara atau di Stasiun MRT. Harga sekitar 12 dolar singapore, dengan saldo 7 dolar dan harganya 5 dolar.

Mesin Top Up EZ-Link
Mesin Top Up EZ-Link

Untuk top up bisa menggunakan mesin top up yang ada di stasiun MRT dengan minimal top up 10 dolar singapore.

Selain kartu tersebut juga ada yaitu Kartu Singapore Tourist Pass (STP) dan Kartu Singapore Tourist Pass (STP Plus).

Jadi selama di Singapore teknik selama di jalan ialah, Bertanya kepada penduduk setempat, lihat papan petunjuk, google maps dan dengan cara itulah perjalanan serasa seru.

Sepertinya dari informasi yang saya berikan sudah begitu jelas dan insyallah siap untuk gass menuju Singapore. Tinggal sekarang coba baca ceritaku 5 hari Backpacker di Singapore dengan dana yang minim namun tetap serasa seru.

2 thoughts on “Pertama Kali Di Singapore, Harus Baca Ini Agar Lebih PD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *