foto dari Jubilee Bridge singapore

18 Persiapanku Sebelum Traveling / Backpacker Ke Singapore

Bisa backpacker ke luar negeri sebenarnya tidak menyangka, apalagi bisa backpacker ke negara tetangga yang memiliki kehebatan yang sangat banyak yaitu negara Singapore.

Ngomong-ngomong kenekatan saya bisa terbang ke Singapore sebenarnya tak terduga. Toh saya sama sekali belum pernah naik transportasi pesawat domestik, eh ini langsung aja terbang ke penerbangan internasional.

Nah, perihal persiapanku agar bisa Traveling / Backpacker ke Singapore dengan aman dan nyaman akan saya share di bawah ini, oke kita mulai dengan yang sangat penting.

1. Persiapkan Paspor

Paspor adalah dokumen yang penting sebelum anda melakukan perjalanan keluar negeri, tidak hanya di Singapore, di negara lain pun harus pakai Paspor.

Nah pastikan jika kamu sudah punya paspor masa berlaku Paspormu itu tidak kurang dari 6 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Kalau habis masa berlaku segera untuk di perpanjang.

Kalau kamu belum punya Paspor, bisa baca artikel Cara membuat Paspor Indonesia baru. Oh iya enaknya ke singapore itu bebas visa.

2. Berburu Tiket Promo Pesawat

Kenapa saya bisa nekat ke Singapore, sebenarnya karena ini nih yaitu tiket promo pesawat. Berkat inilah saya bisa nekat untuk menuju Singapore.

Bagi penikmat backpaker yang pas-pasan carilah tiket promo dan siapkan tiket itu jauh-jauh hari. Saya saja beli tiket promo pada tanggal 25 mei 2018 dan saya pakai awal tahun yaitu 25 januari 2019. Saat itu saya mendapatkan tiket promo PP air asia Jogja – Singapore dengan total IDR 1.044.000,-.

3. Booking Hostel

Setelah tiket pesawat sudah didapatkan saya melanjutkan mencari Hostel untuk menginap. Banyak sekali pilihan agensi untuk mencari info penginapan yang murah meriah.

Sedangkan waktu itu saya mendapatkan harga yang murah di Agoda di Hostel Rucksack Inn @ Lavender Street. Pilihan saya hostel karena saya di Singapore bakalan sedikit di penginapan jadi hostel sebatas tempat untuk tidur saja.

Dengan menginap 3 hari saya mendapatkan harga IDR 346.277,- untuk informasi lebih lanjut hostel-nya bisa baca review hostel Rucksack Inn @ Lavender Street .

Setelah persiapan 3 di atas sudah terselesaikan tinggal persiapan selanjutnya yang bisa di cicil secara pelan-pelan.

4. Pelajari Informasi Seputar Singapore

Setiap akan melakukan perjalanan pastinya kita harus mempelajari semua yang ada di negara tersebut. Karena tidak semua negara itu memiliki kebijakan yang sama. Selain itu pastinya kita tak ingin tersesat di negara tersebut.

Maka dari itu kita harus mempelajari negara yang akan kita singgahi dan explore. Dari segi transportasi (MRT dan BUS), tata tertib dan lainnya. Dengan begitu kita akan bisa membayangkan dan saat di negara yang kita singgahi tidak terlihat seperti orang yang kebingungan dan membuat kesalahan.

5. Itinerary

Di setiap melakukan Traveling / Backpaker, Itinerary itu sangatlah penting. Tanpa itinerary kita bakalan kebingungan manakah dahulu yang akan di explore dan waktu yang di butuhkan untuk mengexplore lokasi tersebut.

Read :  7 Tips Membeli Tiket Kereta Api Saat Mudik Lebaran

Maka dari itu buatlah itineray (rute perjalanan) sebelum melakukan perjalanan, temukan dengan teman backpackermu perihal membahas agar rute yang disepakati tidak salah.

Walaupun kita sudah punya itinerary, kadang perjalanan kita bisa terhambat atau bisa saja berubah, tapi apabila tanpa itinerary, traveling akan lebih ribet dan dan tidak terarah.

6. Travel Adaptor Universal

Colokan listrik di Singapore dan Indonesia itu beda, kalau di singapore colokan untuk listrik itu model saklar kaki 3. Saya merekomendasikan belilah Travel adaptor Universal.

Untuk belinya bisa cek di marketplace populer, seperti tokopedia, bukalapak, lazada dan lainnya itu sangat banyak variannya tinggal pilih sesuai kebutuhanmu.

7. Botol Minuman

Tahukah anda bahwa beli air mineral di Singapore itu mahal dari pada di negara kita Indonesia. Maka dari itu saya menyarankan untuk membawa botol minuman sendiri yang nanti akan diisi kalau sudah sampai di bandara Changi karena tersedia tempat pengisian air minum gratis.

Walaupun di singapore kalau beli air mineral mahal, tapi begitu banyak tersedia air isi ulang gratis, maka jangan khawatir akan kehabisan air minum.

8. Kebutuhan Untuk Ibadah Sholat

Di singapore itu masjid begitu sedikit, jangan samakan di indonesia seperti di jogja yang begitu banyak masjid, adzan pun terdengar dengan jelas.

Maka dari itu kebutuhan untuk ibadah sholat bagi yang beragama islam sangatlah penting, kalau anda non muslim bisa dilewati untuk nomer 8.

Persiapan saya untuk kebutuhan sholat adalah aplikasi pengingat sholat dan kiblat. Silahkan baca aplikasi arah kiblat saat traveling, waktu itu saya menggunakan aplikasi Qibla Finder yang simple.

9. Pakaian

Suhu di Singapore tidak jauh seperti di Indonesia, jadi anda tidak susah-susah untuk mencari pakaian yang sesuai dengan suhu di Singapore. Selain itu karena sudah membuat itinerary maka anda sudah mengetahui keperluan dan waktu anda berada di singapore. Tinggal di atur aja kebutuhannya , cari yang bahan baju atau celana yang tidak berat agar saat jalan-jalan tidak mengganggu.

Selalu cek prakiraan cuaca apakah di waktu anda traveling musim hujan ataupun tidak. Saya selalu berjaga jasa hujan yang plastik apabila bepergian di tempat yang memiliki musim hujan.

10. Pena Warna Hitam

Persiapkan pena warna hitam untuk keperluan menulis. Karena saat anda akan melakukan perjalanan keluar negeri nanti akan di sodorkan kartu kedatangan atau embarkation card.

Biasanya akan di kasih saat perjalanan di udara oleh pramugari, namun apabila tidak dapat nanti bisa saat sudah di bandara Changi sebelum masuk di imigrasi.

11. Cetak dan Softcopy Dokumen Penting

Agar perjalanan tidak terhambat saya mencetak dan membuat softcopy dokumen penting.

Read :  Serba Serbi Kotak P3K Saat Traveling

Dokumen-dokumen penting yang saya maksud adalah, Paspor, Tiket pesawat, Booking Hostel, KTP, dan lainnya yang menurutmu sangat penting.

Untuk softcopy saya menyimpan di ruang penyimpanan google drive.

12. Beli Kuota Internet Agar Bisa Eksis

Mengingat ini era digital, internet sangatlah penting. Selain sebagai tempat eksis baru dalam memberikan informasi ke teman via Instagram @lensanasrul atau facebook, saya menggunakan internet untuk kebutuhan navigasi.

Untuk internet itu menurut kebutuhan ya.., ada yang secara roaming, wifi dan beli SIM Card. Kalau bareng-bareng sih lebih ngirit wifi. Namun karena saya tidak begitu banyak saya lebih membeli sim card yaitu privaider M1.

Menurutku sudah sangat maksimal di pakai di singapore walaupun masih ada provaider lainnya. Bisa cek di Traveloka apabila ingin beli internet luar negeri, atau nggak di klook karena bakalan lebih murah, sayangnya saya tidak punya credit card jadi beli di traveloka saja.

Karena waktu itu saya kebutuhan hanya 5 hari, saya beli Kartu SIM M1 Tourist 4G Promo 100GB. Data yang didapatkan 100GB kuota internet lokal – 500 menit telepon lokal + 20 menit telepon internasional, 100 SMS lokal, masa aktif 7 hari.

Untuk pengambilan nanti di di Bandara Changi terminal 4 informasinya jelas di Traveloka.

Selama menggunakan provaider yang saya maksud, saya tidak mendapatkan kendala apapun, normal aja, dan yang sangat disesalkan kuota ku sisa banyak sekali padahal sering banget di pakai.

13. Pembatasan Benda Cair di Kabin

Setiap maskapai memiliki kebijakan sendiri perihal aturan membawa LAG (Liquid, Aerosol, Gel). Bisa ditanyakan ke CS maskapai yang anda tumpangi.

Tapi, umumnya untuk ke Singapore yang sudah saya jalankan ialah seputar membawa barang cairan seperti berikut :

  • Barang-barang LAG yang meliputi minuman, krim, parfum, semprotan, gel, dan pasta gigi, yang harus tetap berada di wadahnya boleh dibawa ke bagasi kabin dengan kapasitas maksimum 100 ml atau 100 mg.
  • Jika kamu membawa benda cair yang ukuran botolnya lebih dari 100ml juga akan ditahan meski isinya tinggal sedikit karena batas besar ukuran botol juga 100 ml.
  • Untuk semua wadah barang LAG yang dibawa ke kabin harus dimasukkan ke dalam kantung plastik transparan yang bisa dibuka-tutup
  • Setiap penumpang hanya boleh membawa satu kantung plastik transparan tersebut dengan total volume benda cair yang dibawa tidak boleh lebih dari 1 liter dan dimensi tidak boleh lebih besar dari 20 cm x 20 cm.

Pengecualian berlaku untuk obat-obatan, susu dan makanan bayi, dan makanan / minuman penumpang yang menjalani program diet khusus.

14. Tissue Basah Untuk Toilet Singapore

Mayoritas toilet di singapore itu toilet kering. Padahal orang indonesia itu kalau di toilet mayoritas lebih terbiasa menggunakan air untuk membersihkan setelah buang air besar atau kecil.

Read :  Modal 2 Juta Backpacker ke Singapore 5 Hari

Itulah kegunaan Tissue basah sebagai pengganti air. Dengan begitu anda akan lebih aman. Di bandara Changi itu semua pakai toilet kering.

Saya masih bersyukur kalau di masjid Sultan masih ada toilet yang sangat bersahabat untuk kita hehe…

15. Bawa Makanan Dari Indonesia

Di singapore itu makanan cukup mahal, harganya antara 2 SGD – 7 SGD. Untuk menjaga budget tidak membengkak, solusi yang saya lakukan adalah membawa makanan sendiri yang nanti bisa dimasak sendiri di hostel atau makanan ringan yang bisa mengganjal perut.

Setidaknya bisa memangkas keuangan kita, tapi tetap jangan pelit-pelit juga sih cobalah untuk kulineran di Singapore, merasakan kelezatan yang di sajikan di singapore. Kalau mau aman cari makanan murah yang bisa mengganjal perut bisa cari di 7-Eleven.

16. P3K

Yang namanya Traveling ala Backpacker biasanya menguras tenaga. Orang-orang seperti ini biasanya begitu aktif untuk selalu berjalan dan berusaha mendapatkan destinasi yang diharapkan.

Dengan begitu anda harus menjaga stamina dan kondisi anda agar terus sehat, pasti kalian juga tidak mau kan sakitmu itu bikin mengganggu atau merusak mood teman backpackermu, dan tidak mau kan jika kamu itu bikin susah temanmu itu.

Kalau sakit setidaknya sudah ada P3K yang di bawa sendiri, sakit yang biasa di alami itulah obat yang harus di bawa. P3K simple untuk otot, sakit kepala ataupun lainnya, itu sangat penting selama melakukan Traveling.

17. Tentukan Uang Yang Di Bawa

Setelah kamu membuat itinerary maka anda akan mengetahui berapa sih pengeluaran yang harus di keluarkan selama di Singapore. Nah, dari situlah kamu harus mempersiapkan dana yang akan di keluarkan dan jangan lupa dana tambahan sebagai jaga-jaga apabila terjadi sesuatu hal.

Dengan asumsi seperti ini, jika anda berada di singapore selama 3 hari, maka bawalah uang kurang lebih 350 SGD. Kamu bisa langsung menukar uang ke mata uang singapore melalui Money Changer atau ATM berlogo Visa/Master card sesuai kartu mu di bandara Changi.

Selalu cek kurs mata uang, karena selalu berubah-ubah, waktu itu saya menukarkan di Money Changer dan ATM di Changi, namun kalau di ATM ada potongan yang cukup besar sekitar 20 – 75 ribu.

Tercatat waktu itu kurs 1 SGD = 10.500 IDR

18. Siapkan Mental

Backapaker / Traveling itu semua di awali dengan niat dan mental, siap menghadapi suka dan duka selama solo traveling ataupun secara bersamaan. Itu semua nanti akan ada plus minusnya.

Namun di situlah menariknya melakukan Backpacker, kita di pacu untuk siap dalam menghadapi sesuatu hal dan harus bisa mengatasi semua perjalanan yang kita jalani. Jadi jangan lupa siapkan diri anda untuk melakukan traveling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *