Pantai buyutan pacitan

Saat Jenuh Melanda, Pantai Buyutan Pacitan Menjadi Solusinya

Saya selalu tidak bosan menikmati landscape kawasan Pacitan, Jawa timur yang memiliki keindahan pantai yang menarik. Belum lama ini padahal saya sempat mengunjungi Pacitan untuk menikmati Pantai Srau, dan kemarin sabtu, 9 Nov 2019 kembali lagi saya mengunjungi Pacitan dan mengunjungi pantai yang masih tidak begitu familiar namun sangat menarik untuk di kunjungi.

Pantai yang saya kunjungi kali ini adalah Pantai Buyutan, yang berada di daerah Donorojo, Karak tepatnya di Desa Widoro, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, pantai yang saya kunjungi ini serasa di pantai Bali ataupun Lombok.

Saya tertarik dengan pantai ini dikarenakan sempat melewati beranda instagram ku bisa follow @lensanasrul, di situlah nampak pantai yang menarik dan belum pernah saya kunjungi yang membuat saya penasaran ingin mendatangi pantai tersebut.

Tangga menuju bibir pantai buyutan
Tangga menuju bibir pantai buyutan

Karena foto sesuai konsep di atas itulah yang membuat saya penasaran dan ingin mengunjunginya.

Perjalanan Menuju Pantai Buyutan

Saya melakukan perjalanan ke Pantai Buyutan sendirian, entah kenapa sendirian seperti memang ada rasa ingin menyendiri dan menikmati pantai tanpa ada gangguan orang lain.

Berkendara menggunakan sepeda motor matic yang biasa saya gunakan untuk bekerja saya merasa menikmati perjalanan ini.

Oh iya sebelum melakukan perjalanan saya mempersiapkan beberapa hal yang menurutku sangat penting, yaitu menyiapkan rute perjalanan dan saya selalu menggunakan Google maps sebagai pemberi arah.

Karena di daerah Pacitan dan bukan di kawasan kota sangat minim sinyal, sebelumnya saya sudah mempersiapkan google maps offline dan mendownload maps yang akan di tuju, dengan begitu saat berada di daerah yang minim sinyal dan sudah terinstal maps offline anda tak perlu khawatir karena sudah ada maps offline yang bisa memberikan arahan untuk melakukan perjalanan.

Read :  Menikmati Suara Ombak Di Pantai Pringjono

Bagi yang bingung silahkan baca, Cara membuat google maps offline.

Untuk akses menuju Pantai Buyutan sudah sangat bagus dan jalannya naik turun sesuai dengan kondisi alamnya, hanya saja setelah memasuki daerah perkampungan, jalan akan bergelombang dan tidak rata.

Sedangkan pantai Buyutan ini hanya sanggup di lewati oleh ukuran bis kecil, untuk bis medium apalagi besar, mohon maaf anda belum bisa mengaksesnya apalagi sampai bibir pantai.

Tiket Masuk Pantai Buyutan

Panti Buyutan sudah di kelola oleh dinas jadi untuk masuk di kawasan ini aman sudah ada tiket masuknya yang jelas. Sesuai dengan kendaraan yang saya pakai, tiap orang membayar Rp.5.000,-/orang dengan parkir Rp.2.000.-/motor.

Pesona Pantai Buyutan Pacitan Jawa Timur

Dilihat dari atas Pantai Buyutan sangat begitu indah dikarenakan, untuk menuju bibir pantai saya masih diharuskan untuk melewati anak tangga atau bisa menggunakan sepeda motor sampai bibir pantai. Hanya saja bagi yang tidak terbiasa turun dengan jalur yang cukup curam dan licin, saya menyarankan untuk parkir di atas dan pakai Ojek pantai, hanya Rp.5.000,- sekali perjalanan saat saya mendengarkan seseorang menanyakan harga hehe.

Atau jika kuat seperti saya hehe, bisa jalan kaki melewati anak tangga sekalian menikmati keindahan pantai Buyutan secara pelan-pelan.

Jalan kaki sekalian melihat pemandangan pantai buyutan
Jalan kaki sekalian melihat pemandangan pantai buyutan

Oh iya untuk pantai Buyutan ini pantainya cukup lebar dan masih belum begitu ramai, kamu bisa mencoba berbagai tempat untuk duduk dan bersantai. Selain itu juga ada tempat berteduh dan tempat duduk ruang terbuka yang sepertinya cukup nikmat jika di nikmati saat pagi hari atau sore, jika siang hari ya lumayan bikin kulit terbakar.

Berteduh di bawah pohon
Berteduh di bawah pohon

Ada beberapa anak muda yang menikmati pantai Buyutan Pacitan dengan cara berkemah, kata gaul-nya sih Beach Camping. Mereka biasanya mendirikan tenda di antara pohon-pohon untuk mengatasi angin yang kencang saat malam hari.

Read :  Gagal Mendapatkan Sunrise, Gunung Ireng Tetap Menawan

Disini pun banyak yang berwisata bersama keluarga, membawa bekal sendiri dan tikar sendiri, memang nikmat banget sih.

Bibir pantai buyutan pacitan
Bibir pantai buyutan pacitan

Namun yang tidak bawa bekal jangan kuatir dikarenakan disini juga sudah begitu banyak warung yang berdiri dan buka secara rapi. Fasilitas pun cukup lengkap untuk kebutuhan standar.

Saya mencoba berjalan di daerah yang cukup sepi di sebelah barat pantai Buyutan berharap mendapatkan spot yang menarik untuk di abadikan. Terik matahari cukup menyengat karena waktu menunjukkan pukul 11.30 wib.

Sampai di ujung sebelah barat ternyata begitu banyak monyet yang mencari makan, karena saya sendirian saya lumayan takut sih, ingin mengabadikan sayangnya lensa kamera saya kurang panjang jaraknya yang membuat saya mengurungkan niat dan kembali ke kawasan pantai Buyutan.

Icon pantai buyutan batu besar atau karang di laut dengan bentuk khas
Icon pantai buyutan batu besar atau karang di laut dengan bentuk khas

Pantai ini memang cukup luas, namun tempat berteduh tidak begitu banyak, jadi apabila saat siang hari panas yang menyengat sangat luar biasa. Solusinya ya bersantai di warung sekalian menikmati es kepala muda atau mie goreng pakai telur.

Apabila ingin bermain air laut, pantai ini menurutku masih bisa di bilang cukup aman karena ombak yang tidak begitu besar. oh iya ada kekurangan dikit sih, seperti tong sampah masih jarang di temui padahal tempatnya cukup luas ini pantai.

Bagi yang belum pernah datang kesini, segera di coba. Atau yang sudah pernah datang ke pantai Buyutan Pacitan, boleh ceritakan keseruan kalian di pantai tersebut di kolom komentar bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *