Pantai srau pacitan jawa timur

Pantai Srau, Pantai Cantik Sebelah Barat Kota Pacitan

Pacitan adalah wilayah di Jawa timur yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat.

Pacitan dikenal juga sebagai Kota Pariwisata atau Kota Seribu Goa dikarenakan begitu banyak tempat wisata yang terdapat di wilayah ini, seperti Wisata Goa, Wisata Pantai, Wisata Pegunungan (Hikking), Wisata Sejarah, dan Wisata Pemandian Alam.

Seperti yang saya kunjungi yaitu Pantai Srau, Pacitan memiliki pantai yang banyak dengan pesona yang indah-indah. Pantai Srau menjadi salah satu pantai yang wajib di kunjungi.

Pantai Srau berlokasi di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Pantai yang bersih dengan ke elokan dan pemandangan yang tak terduga. Dengan warna pantai yang begitu manis biru muda dan biru tua namun bersih.

Untuk menuju Pantai Srau sekarang juga sudah rapi dan beraspal, aman buat kalian yang akan mengunjungi lokasi ini untuk wisata bersama teman, keluarga ataupun pacar.

Dengan tiket Rp.5.000,-/orang kalian sudah bisa menikmati pantai ini dari Pantai 1 sampai pantai 3 dikarenakan pantai ini memiliki memiliki 3 bagian.

Khas dari Pantai Srau adalah pohon kelapa yang begitu banyak dan berjejer rapi. Untuk pantai srau bagian pertama memiliki khas jalan yang kiri dan kanan berjejer pohon kelapa yang menjulang tinggi, disini sangat diminati wisatawan untuk berfoto ria.

Lokasi favorit untuk berfoto di Pantai Srau Pacitan
Lokasi favorit untuk berfoto di Pantai Srau Pacitan
Pantai Prau 1
Pantai Prau 1

Selain itu, di Pantai srau para penduduk mayoritas pekerja sebagai nelayan musiman, seperti foto di bawah ini, bapak ini sedang mempersiapkan alat untuk memancing lobster yang berada di tebing-tebing yang tak jauh dari Pantai. Sedangkan di saat musim lobster ataupun ikan habis, beliau juga memiliki profesi backup yang menjual arang yang di kirim ke kota-kota terdekat salah satunya yogyakarta.

Read :  Pantai Kedung Tumpang, Kolam Renang Alami dan Pesona Karangnya
Nelayan mempersiapkan pancing untuk memancing lobster
Nelayan mempersiapkan pancing untuk memancing lobster

Saya sampai lupa waktu ngobrol sama bapak ini, sampai-sampai temanku saya tinggal di warung sebalah, karena saya jalan-jalan sendiri di kawasan pesisir pantai. Akhirnya saya kembali dan melanjutkan ke Pantai Srau bagian 2.

Saat menuju pantai srau bagian 2 anda akan melewati lagi pohon kelapa yang menari sebagai lokasi berfoto-foto.

Pantai srau aerial view
Pantai srau aerial view

Untuk di Srau bagian 2 tak jauh beda indahnya seperti di Pantai srau bagian 1, kalian bisa melihat batu tebing berada di tengah laut.

Pemandangan srau bagian 2
Pemandangan srau bagian 2 dan seorang yang butuh stock foto

Saya tidak begitu lama berada di Pantai Srau bagian 2 karena waktu itu saya berada di lokasi pas sekali cuaca sangat cerah dan terik matahari yang begitu menyengat. Saya lanjutkan menuju Panti Srau bagian 3 dan naik ke tebing yang sepertinya ada beberapa spot yang menarik karena cewek yang menemani saya bisa di bilang guide perjalanan ini karena dia pernah datang kesini.

Di Pantai Srau bagian 3 ini terdapat tangga untuk menuju tebing yang katanya sih bisa melihat pemandangan seperti raja ampat papua. Namun jangan lupa bawa minum biar tidak lelah dan kehausan, selain itu di tebing tidak ada tempat untuk berteduh, opsional bisa bawa payung ataupun topi.

Spot menarik dengan melihat hamparan laut, tepat berhati-hati
Spot menarik dengan melihat hamparan laut, tepat berhati-hati
Pantai srau seperti raja ampat papua
Pantai srau seperti raja ampat papua

Saya akui waktu saya pertama datang disini memang di suguhkan pemandangan yang sangat indah dan alhamdulillah di kasih cuaca yang cerah membuat perpaduan warna di kamera menjadi sangat cantik dan indah. Inginnya berlama-lamaan disini, tapi karena sangat panas dan harus melanjutkan destinasi selanjutnya maka saya memilih untuk segera turun.

Akhirnya setelah mendapatkan beberapa foto untuk stock narsis hehe, akhirnya saya turun dan menikmati es kelapa muda di Pantai srau bagian 3. Untuk pantai srau bagian 3 lokasinya tidak begitu besar namun tetap tak jauh beda dengan Pantai srau 1 dan 2 yaitu memiliki pemandangan laut yang indah dan pasir putih yang bersih.

Read :  Pengalaman Camping di Pantai Watu Kodok

Sebelum melanjutkan perjalanan, kami menyempatkan untuk menunaikan ibadah sholat dzuhur di kawasan pantai. Pokoknya untuk fasilitas di sini aman, cukup lengkap namun tidak banyak. Destinasi selanjutnya menuju Sungai Maron.

Doc : Pantai Srau, 30 Maret 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *