Camping di Pantai Sanglen Gunungkidul

Camping di Pantai Sanglen Yang Tak Terbayangkan

Ini adalah bulan februari, di bulan februari tahun lalu saya sempat mengadakan camping di pantai bersama rekan-rekan kampung. Dan facebook mengingatkan akan pengalaman seru tersebut yaitu camping di Pantai Watu kodok Gunungkidul, karena pengingat kenangan itulah membuat teman-teman satu kampung mengajak lagi untuk melakukan camping di pantai.

Karena antusias yang luar biasa dari teman-teman yang ingin sekali untuk melakukan camping di pantai maka, camping di pantai di laksanakan kembali. Mereka siap akan resiko yang akan di hadapi, karena di setiap bulan februari sebagian besar Yogyakarta mendominasi lebih banyak turun hujan.

Kali ini pantai yang di tuju ialah Pantai Sanglen Gunungkidul. Pantai Sanglen merupakan pantai yang berada di sebelah barat dari pantai Watu kodok. Jalur pun juga sama saat anda akan memasuki daerah jalan berkonblok menuju pantai watu kodok.

Saya masih ingat waktu itu tahun 2016 Pantai Sanglen masih begitu sepi karena saya pernah datang kesini dan di waktu inilah tahun 2019 saya kembali mengunjungi lokasi tersebut namun, dengan cara menikmati sambil mendirikan tenda di pantai tersebut.

Pantai yang menurut saya sangat nyaman untuk berenang walaupun ombaknya cukup besar. Namun saya rasa masih cukup aman karena ada kawasan yang landai dan nyaman untuk berenang.

Camping kali ini berangkat dari sabtu sore 23 Feb 2019. Dengan anggota yang cukup banyak sekitar 14 orang. Anggap saja persiapan camping kami sudah siap seperti biasanya, dan kami sampai lokasi Pantai Sanglen sekitar pukul 20.00 Wib dan langsung mendirikan tenda.

Tiket masuk menuju pantai masih seperti biasa dengan harga 10.000/sepeda motor.

parkir pantai sanglen gunungkidul
Parkir bisa sampai bawah

Dengan jarak 3 tahun ternyata Pantai Sanglen sangat berubah, seperti dalam foto di atas, Saya foto saat hari minggu pagi. Bahwa sekarang untuk menikmati pantai Sanglen, sepeda motor sudah bisa sampai bawah, kalau dulu mau sampai bawah saja sulit hehe… Parkir pun di hargai hanya Rp.5.000,-/sepeda motor untuk menginap.

Read :  Memanjakan Mata, Melihat Sunset di Embung Nglanggeran

Warung saja sudah cukup banyak, jadi tidak usah khawatir apabila logistik habis karena di setiap malam minggu ada beberapa warung yang buka 24 jam. Jadi buat kalian yang berniat untuk camping ceria disini menurut saya sudah cukup aman. Mau sewa tenda pun juga ada disini.

foto bahagia
Foto-foto malam hari (photo 1)
bahagia
Foto-foto malam hari (photo 2)
masak sosik bakar
Masak Sosis Bakar

Nah malam hari kita terlihat sangat seru ya, bisa foto bareng begini sambil menikmati suara ombak sembari makan bersama makan sosis bakar yang di masak oleh cewek-cewek manis ini hehe..

Tak lupa gitar selalu di petik agar suasana terus mencair agar tetap terlihat seru dan tak membosankan. Namun memang seru sekali dan yang sebenarnya badan sudah capek sempat hilang karena keceriaan teman-teman.

Namun sekitar pukul 23.00 Wib keceriaan pun sedikit berubah yang sebelumnya seru berubah karena dari arah laut tiba-tiba mendung pekat datang menghampiri pantai. Angin mulai datang dengan kencang dan kami mulai berkemas, mengantisipasi akan terjadi sesuatu hal.

Hujan pun datang di sertai angin yang kencang, bisa di lihat di video ini.

Seperti itulah kondisi selama hujan hehe, tetap dibuat fun. Alhamdulillah karena Pantai Sanglen sudah terdapat beberapa warung, kami bisa berteduh sejenak di warung tersebut. Terpaksa mengungsi dikarenakan tenda yang sepertinya sudah tak layak pakai karena bocor.

Hujan sudah sedikit reda, mata sudah mulai lelah. Saya mulai merapikan tempat dan mulailah tidur.

sarapan pagi di pantai sanglen
Sarapan Pagi Sebelum Bermain

Pagi sudah datang, oh iya disini sudah ada mushola jadi kalau mau sholat aman dan air juga melimpah, hanya saja air sumurnya masih tercampur air asin. Jangan khawatir pihak penyewa kamar mandi juga mempersiapkan air yang dapat di minum, silahkan tanya lanjut ke bapak/ibu yang anda sewa kamar mandinya.

Read :  Penuh Kenangan dan Pengalaman, The Best Traveling Moment 2016

Pagi hari langsung makan dan menikmati cuaca yang begitu cerah dan begitu asik untuk di pandang. Beberapa teman camping sebelah ikut membaur bersama dan ada yang saling bertukar fikiran.

Selanjutnya agendanya hanyalah menikmati pantai dan bersenang-senang. Bebas bermain air ataupun apa saja yang penting tidak merugikan siapapun.

Seperti biasa saya di belakang layar, dan itu adalah pemandangan pantai sanglen
Seperti biasa saya di belakang layar, dan itu adalah pemandangan pantai sanglen
Kumpulan tenda
Tenda yang kami pakai
Pantai Sanglen Lokasi Terbaik Untuk Berenang
Pantai Sanglen Lokasi Terbaik Untuk Berenang
pantai sanglen gunungkidul
Pohon yang bisa menjaga tenda atau berteduh

Kesimpulan dari camping kali ini begitu seru karena yang gabung makin banyak. Selain itu ada cerita menarik dari kehujanan itu karena sebelumnya pernah kehujanan saat camping, saya mempersiapkan barang yang berharga untuk disimpan di plastik besar (trash bag).

Jadi untuk camping seru di Pantai Sanglen sangat murah, tinggal anda siapkan sendiri peralatan camping atau dari warung yang mempersiapkan tenda untuk berkemah. Budget untuk sewa kamar mandi sekitar 10rb/orang bebas menggunakan kapan saja, bebas biaya sewa tanah asal menggunakan sewa kamar mandi dan fasilitas cukup lengkap (WC, Mushola, Parkir).

camping bersama di pantai sanglen

Seperti biasa, menyempatkan untuk foto bareng sebelum pulang kembali kerumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *