wisata alam posong

5 Cara Menikmati Wisata Alam Posong Temanggung

Akhir pekan telah tiba, pekerjaan numpuk waktunya di tinggal dan mari bersenang-senang merefresh pikiran agar di hari senin kembali fresh dan kerja semakin bersemangat.

Oh iya agar di awal bulan desember dan akhir pekan berjalan seru, saya melakukan liburan menarik untuk mengawali awal 1 Desember 2019 yaitu liburan ke wisata alam Posong Temanggung.

Wista alam Posong adalah salah satu spot view point yang sangat istimewa untuk melihat keindahan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Disini kalian akan di suguhkan dengan pemdangan yang luar biasa, di tambah dengan aktivitas penduduk sekitar yang bercocok tanam.

Jadi bagi anda yang ingin sekali datang ke lokasi ini apakah sudah sia informasi yang harus anda dapatkan ke lokasi tersebut agar berjalan dengan lancar, Berikut adalah cara saya menikmati wisata alam Posong Temanggung, Jawa tengah.

HARUS TAHU LOKASI DAN INFO AKSES KE POSONG

Jalan menuju wisata alam posong model berbatu halus
Jalan menuju wisata alam posong model berbatu halus

Kamu ingin ke wisata alam Posong harusnya sudah tahu dong tempatnya? apabila anda belum tahu ini nih saya kasih tahu. Wisata alam posong berlokasi di Lembah, Jl. Sindoro, Area Sawah, Tlahap, Temanggung, Jawa Tengah. Kalau dirimu ingin menikmati Wonsobo pasti melewati jalur ini kog. Jika bingung silahkan baca google maps di bawah ini :

Apabila anda sudah paham rutenya, sekarang saya kasih info yang penting nih. Apabila anda sudah melewati pintu tiket masuk, jalan yang di tempuh selanjutnya adalah jalan yang berbatu dan jalan yang cukup menegangkan.

Saya sih memberikan saran untuk yang mengendari kendaraan pastikan orangnya sudah terbiasa melewati jalan tersebeut. Jalan batu rapi tapi kalau musim hujan sepertinya bakalan licin.

Untuk mobil sih bisa sampai di view poin wisata alam posong. Hanya saja apabila tidak yakin dengan kondisi kendaraan, bisa kog menggunakan ojek. Hanya saja saya tidak begitu tahu haraganya berapa.

Read :  Backpacker Yogyakarta - Bandung, 350 Ribuan Dapat Ini

Saya datang kesini menggunakan sepeda motor matic, yang menurut saya layak untuk di gunakan. Selama perjalanan memang menegangkan sih dengan jarak 3,5 KM jalan bebatuan seperti foto di atas. Pas nanjak hati-hati apalagi pas turun. Tangan harus kuat banget, dan cukup bikin pegal tangan.

JANGAN LUPA BAWA UANG

Pintu masuk taman posong
Pintu masuk taman posong

Jika jalan jalan menikmati wisata alam harusnya tetap bawa uang dong. Selain untuk kebutuhan isi bensin untuk kendaraanmu. Di wisata alam posong terdapat retribusi. Retribusi tersebut antara lain :

  1. Tiket Masuk Posong : Rp.10.000/orang
  2. Tiket Masuk Taman : Rp.10.000/orang

Tak lupa ada biaya parkir, dan begitu banyak warung yang bisa anda coba apabila setelah menikmati kawasan Posong dilanjutkan icip-icip makanan atau Kopinya yaitu Kopi posong temanggung.

Oh iya yang sangat di sayangkan adalah, ada 2 biaya yaitu Masuk ke Posong dan Masuk Taman. Apabila anda Masuk ke posong tapi tidak masuk di Tamannya, maka sia-sia anda datang ke lokasi ini. Karena dari semua foto yang ada disini mayoritas spot-spot tersebut berada di Taman Posong.

Oh iya hampir kelupaan, di taman posong juga ada wahana Flying Fox yang bisa anda coba dengan harga Rp.15.000,-

DATANG KE POSONG DI WAKTU YANG PAS

Keindahan taman posong dan gunung sumbing
Keindahan taman posong dan gunung sumbing

Sebelumnya sempat aku kasih informasi apabila datang ke wisata alam Posong kalau bisa jangan di saat musim hujan. Karena di saat musim hujan jalan yang di lalui menurut saya begitu licin.

Selain itu anda pasti kesulitan mendapatkan Gunung Sumbing atau Gunung Sindoro yang cerah. Padahal kalian kesana pastinya ingin mendapatkan gunung tersebut saat indah-indahnya.

Walaupun saya datang di bulan desember. Alhamdulillah saya diberikan rasa syukur oleh Allah bisa di kasih hari yang cerah, walaupun saat perjalanan sudah pesimis karena mendung.

Read :  Pantai Timang, Gondola Ekstrim di Gunungkidul

Tak lupa saya memberikan saran, dapatkan indahnya wisata alam posong saaat matahari terbit, atau anda berada di sana sebelum pukul 11.00 Wib. Apabila jika anda melebihi waktu tersebut, kemungkinan anda tidak akan mendapatkan foto yang indah.

JANGAN SENDIRIAN, BARENG TEMAN ATAU GEBETAN

view poin Posong spot gunung sumbing
view poin Posong spot gunung sumbing

Saya tegaskan, apabila anda datang kesini saya menyarankan untuk datang bersama teman atau gebetan. Karena kebanyakan yang datang kesini itu bareng gebetan kalau tidak ya bareng teman-teman minimal 3 orang lah buat ngobrol dan bercanda.

Untung saat saya datang kesini di temani temanku nih, sudah lama sekali tidak ketemu dan di pertemukan liburan bareng sekalian buat model sih. Bagi yang ingin kenalan silahkan follow instagramnya @putrirustania.

FOTO-FOTO DILANJUTKAN MENIKMATI KAWASAN POSONG

Taman wisata alam posong
Taman wisata alam posong

Kalau saya nih, saya berusaha untuk mencari bahan foto dahulu karena foto yang bagus adalah mendapatkan sinar alami yang bagus, seperti yang sudah saya jelaskan tentang datang waktu yang pas.

Apabila setelah mendapatkan hasil foto yang memuaskan dan sudah lelah. Selanjutnya adalah menikmati kawasan taman Posong. Yaitu menikmati gazebo dan membeli makanan atau minuman di warung-warung yang sebanarnya sudah ada pelayanan yang siap anda panggil.

Mendoan, Kentang Goreng, Mie goreng/rebus dan yang menarik Kopi Posong siap memanjakan lidah anda di kawasan tersebut. Karena Posong berada di kaki gunung maka suasanannya asri dan nyaman pokoknya untuk menghilangkan rasa jenuh sangat di rekomendasikan.

Jadi apakah dirimu sudah siap untuk liburan seperti yang saya lakukan ini agar aman, dan yang pasti tetap seru? kalau merasa artikel ini bermanfaat boleh loh komentar di bawah ini, biar makin seru dan kita saling kenal, kalau ada yang bingung bisa di tanyakan kog, santai saja saya tidak gigit.

Read :  Pantai Sanglen & Watu Kodok, Jarak Dekat Beda Rasa

Tak lupa saya kasih tahu bahwa, dekat wisata alam posong juga terdapat embung yang menarik anda coba yaitu embung Klendung.

14 thoughts on “5 Cara Menikmati Wisata Alam Posong Temanggung

  1. Ternyata melihat Sindoro dan sumbing lebih bagus di Posong ya mbak. Aku sudah beberapa kali ke temanggung mbak, tp ga pernah ke Posong. Rumah ponakan ku di Tlogopucang, jd kl mo lihat Sindoro dan sumbing paling dari embung Wonosari. Next kl aku ke temanggung, mo ke Posong juga ahhh.

    • Iya karena berada di tengah tengah 2 gunung indah itu, harus di coba mbak. Kalau maen ke rumah ponakan mampir kesini. Oh iya saya bukan perempuan mbak hehe.. saya cowok tulen haha….

  2. Wah seru juga ya tempat wisatanya. Pemandangannya cukup memukau kalau hari cerah. Selain itu tamannya juga hijau. Seru buat santai.

    Salam kenal dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

  3. Daerah Temanggung itu daerah pegunungan kan ya? Sudah pasti pemandangannya indah. Tamannya bagus banget di foto. Boleh juga nih jadi referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *