fbpx
Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Silancur Highland Wisata Alam Pesona Gunung Sumbing

3 min read

silancur highland magelang

Setelah cukup lama tidak berlibur dikarenakan musim pandemi virus corona ini. Kangen rasanya ingin melihat matahari terbit pun mulai menggebu-gebu, sahabat yang sempat memberikan informasi wisata menarik membuat saya mengulik kembali dan akhirnya memutuskan untuk datang ke Silancur Highland yaitu wisata alam selfi yang sepertinya menarik untuk di kunjungi melihat matahari terbit.

Alasan saya berniat datang ke wisata ini karena, pertama menurut akun instagram resmi Silancur highland bahwa wisata Silancur highland sudah bisa di kunjungi dari pukul 4.00 wib – 18.00 wib. Yang kedua karena ini musim pandemi saya meyakini bahwa kemungkinan pengunjung tidak akan membludak malah kemungkinan bakalan sepi, itulah kenapa saya dan rekan-rekan berniat datang ke tempat wisata tersebut.

Jadi Silancur highland adalah wisata selfi dengan pemandangan yang indah dan asri, gunung sumbing menjadi pemandangan terbaik di silancur highland. Selain pemandangan lereng gunung juga terdapat spot taman bungannya yang siap memanjakan anda bergaya untuk menambah feed instagram kalian.

Untuk wisata selfi Silancur highland ini tidak begitu besar namun di samping dari tempat wisata ini pun anda sudah bisa menikmati pesona keindahan dan suasana yang sejuk di lereng gunung sumbing.

Dimana Lokasi Silancur Highland?

Apabila anda tertarik dengan tempat wisata ini, Silancur Highland berlokasi di Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah 56153. Kalau dari jogja hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Pastikan anda menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil yang prima, dikarenakan jalur yang di lewati cukup curam dan yang mengendarai pastikan dia paham berkendaraan di jalan yang curam seperti yang sudah saya jelaskan.

Karena saat saya datang disini ada sepeda motor matic yang sepeda motornya itu mesinnya sampai ada asapnya. Sedangkan saya yang menggunakan mobil sampai tercium baik kampas kopling.

Sudah jelas bahwa kendaraan dan pengemudi sangat berpengaruh di medan yang di lalui.

Perjalanan Dari Keberangkatan Sampai Silancur Highland

Karena kami berlima berniat untuk datang ke Silancur Highland untuk melihat matahari terbit, maka dari rumah berangkat pukul 00.30 wib agar santai dan tidak terburu-buru.

Perjalanan cukup mulus dan aman dengan jalan yang yang sepi dan menanjak setelah melewati kota magelang. Hampir sampai di kawasan wisata Silancur Higland kurang lebih 10 Km ada portal dan kami di berhentikan di tempat tersebut. Petugas penjaga menjelaskan apabila tempat wisata di buka pukul 5.00 WIB dan kami di suruh untuk berhenti di kawasan portal tersebut sampai jam buka tiba, mungkin maksud tujuan petugas juga untuk keamanan di saat musim pandemi virus corona ini.

Kami sampai di kawasan portal sekitar pukul 2.00 wib dan menunggu sampai jam 5.00 wib dengan cuaca yang sangat dingin. Kami menggelar tikar di pinggir jalan dan bercengkrama sambil menikmati minuman hangat yang di bawa dari rumah.

pintu portal silancur highland
Pengunjung membludak dan menunggu portal di buka

Selama menunggu waktu jam buka, ternyata pengunjung menuju Silancur Highland semakin banyak. Saya sendiri tidak menyangka bakalan seramai ini.

Sampai saya melihat sendiri masyarakat yang turun dari atas menggunakan mobil yang akan ke pasar harus balik arah melewati jalan lain karena jalan sudah tertutup pengunjung yang sudah memadati jalur utama menuju Silancur Highland.

Setelah di tunggu-tunggu waktu menunjukkan pukul 05.00 Wib akhirnya portal pun di buka para pengunjung langsung tancap gas, namun masih ada portal kedua yaitu pengecekan pengunjung untuk mematuhi protokol yaitu menggunakan masker. Bagi yang tidak memiliki masker maka di wajibkan untuk membeli di sekitar portal kedua.

Untuk kami berlima aman, semua mengikuti protokol dengan menggunakan masker dan jaga jarak.

Tiket Masuk Silancur Highland

tiket masuk silancur highland
Pintu masuk lokasi, di foto setelah selesai dari lokasi. Ada pembatasan pengunjung kalau penuh harus menunggu.

Untuk mendapatkan spot selfi menarik maka anda harus masuk di kawasan Silancur Highland, kalau tidak butuh spot selfinya anda bisa saja berada di pinggiran wisata Silancur Higland.

Namun bagi anda yang ingin masuk di tempat wisata Silancur Highland sisihkan uang untuk retribusi RP.10.000/orang.

Selama musim pandemi virus corona, pihak petugas Silancur Highland menerapkan pembatasan pengunjung. Jadi saya bersyukur bisa masuk pertama kali. Apabila tempat penuh pengunjung baru menunggu di tiket masuk. Apabila sudah ada yang keluar maka baru boleh pengunjung baru untuk masuk ke tempat wista SIlancur Highland.

Coba Tidak Mendung dan Ramai Pasti Keren Banget

Silancur Highland wisata spot selfi dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk, hanya saja hasil yang di bagikan di media sosial kadang tidak sesuai ekspektasi yang kita bayangkan. Karena tempat wisata alam itu banyak faktor agar mendapatkan hasil yang maksimal, di antaranya adalah cuaca dan pengunjung yang datang.

Memang Silancur Highland populer dengan wisata sunrise, kalian datang pagi hari dan bertahan sampai pukul 09.00 saya pastikan akan mendapatkan pemandangan dengan cahaya yang indah, namun dengan syarat jangan sampai mendung dan berkabut.

Gunung sumbing akan terlihat megah dengan langit biru yang sangat indah, ada foto yang saya abadikan itupun saya menunggu sampai kabut hilang karena cuaca sedikit mendung.

gunung sumbing
Pemandangan gunung sumbing dan membludaknya pengunjung

Dengan kondisi musim pandemi ini saya sudah berharap tempat tersebut sepi, nyatanya di hari minggu ini pengunjung membludak membuat foto yang di hasilkan jadi bocor banyak hehe.

Fasilitas di Silancur Highland masih belum terlalu banyak mungkin karena ini sekedar spot selfi jadi pengunjung tidak akan berlama-lama di tempat ini, namun pastinya pihak pengelola pastikan akan terus mengembangkan tempat ini secara perlahan, toh tempat ini makin kesini makin ramai aja.

Foto saya dan teman-teman saya

Selain itu di Silancur Highland juga terdapat tempat untuk camping ground, namun saya tidak mengulik tempat tersebut karena di masa pandemi ini camping ground masih belum di buka. Untuk detail camping ground langsung kunjungi Instagram resmi Silancur Highland.

pemandangan lereng gunung sumbing
pemandangan lereng gunung sumbing

Saya tidak begitu lama menikmati suasana Silancur Highland dikarenakan pengunjung yang ramai dan cuaca yang tidak bersahabat, sekitar pukul 08.00 wib kami langsung kembali turun dengan suasana 80% bahagia karena bisa keluar menikmati pemandangan dengan cuaca sejuk 20% yang kecewa karena tidak sesuai ekspektasi mendapatkan sunrise yang indah dengan suasana yang sepi.

silancur highland
Bonus, silancur highland di potret menggunakan drone

Kaget dan Tak Mengira setelah Silancur Highland di buka sesuai protokol keselamatan virus corona, ternyata pihak pengelola tidak sanggup mengatur melonjaknya pengunjung saat saya datang pada hari minggu, 14 Juni 2020. Akhirnya setelah melakukan pertimbangan melalui akun instagram resminya. Wisata Silancur Highland di tutup kembali dengan waktu yang belum bisa di tentukan.

Jadi bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini selalu pantai kabar terbaru melalui akun instagam resmi Silancur Highland. Semoga musim pandemi ini segera kelar, saya kangen liburan tanpa batasan yang bikin sulit ini.

Ada yang mau di tanyakan seputar wisata Silancur Highland yang belum keulas di sini, bisa langsung komentar di bawah ini. Atau bisa ceritakan juga pengalamanmu bagi yang sudah datang ke Silancur Highland bisa saja komentar kamu di bawah ini bisa menjadi bahan-bahan pertimbangan yang di persiapkan apabila menuju Silancur Highland.

Dok : 14 Juni 2020

Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Buy Photo ask@lensanasrul.com
×

Jualan Foto

Ikuti Saya