Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Pengalaman Membawa Sepeda di Kereta Api

1 min read

membawa sepeda di kereta api

Bersepeda adalah salah satu hobi saya selain fotografi yang saya tekuni walaupun tidak rutin. Bersepeda menjadi hobi yang menyenangkan dan di sinilah saya menjadi banyak teman yang seru dan memiliki cerita-cerita keren yang mungkin belum saya alami.

Namun bagaimana jika Minat saya Suka Explore di Padukan Dengan Bersepeda? Dan ini saya terapkan hari ini sesuai artikel ini di update (9/2/2020), saya bersepeda dan explore semarang dengan sepeda lipat namun tidak di gowes dari rumah, akan tetapi saya membawanya menggunakan transportasi Kereta Api.

Ini menjadi pengalaman pribadi ku bisa explore sambil bersepeda. Saya mencoba membawa Sepeda lipat dan di bawa ke semarang tanpa kendala apapun, Perjalanan yang saya tempuh dari Yogyakarta stasiun Lempuyangan menuju Semarang di Stasiun Semarang Tawang, hanya saja capek sih saat membawa sepeda lipat yang sudah di lipat.

Selain capek, banyak juga penumpang yang kepo penasaran dengan saya karena membawa sepeda, mungkin karena jarang melihat aktivitas seperti yang saya lakukan, jadinya banyak yang menonton ehehe…..

Oh iya, saat akan masuk di pintu menuju check in stasiun, sepeda yang saya pakai sudah saya lipat dan membawa menuju ruang tunggu stasiun.

Gerbong khusus sepeda © Kai.id

Jika anda memesan tiket kereta api menggunakan aplikasi Kai access anda akan menemukan menu tambah bagasi sepeda, silahkan klik menu bagasi sepeda. Akan tetapi jika menu tersedia namun kereta api tidak terdapat gerbong untuk menempatkan sepeda maka, abaikan menu itu dan tetap lah membeli.

Solusi Saya Saat Tidak Ada Gerbong Khusus Sepeda?

Karena kereta yang saya tumpangi yaitu kereta Joglosemarkerto tidak tersedia gerbong khusus sepeda. Maka dari itu solusinya adalah cari tempat duduk dekat dengan sela-sela antar gerbong, agar saya bisa menempatkan sepeda lipat.

Read :  Tips Tempat Media Penyimpanan Foto Hasil Motret Sendiri Terbaik

Dengan begitu saya bisa memantau sepeda selama perjalanan, namun jika tidak mendapatkan kursi dekat antara sela-sela gerbong, tetap tempatkan sepedamu di antara sela itu, atau tempat yang memang ada tempat yang cukup luas untuk meletakkan sepeda. Selanjutnya adalah pantau setiap kereta berhenti di stasiun.

Saya menempatkan sepeda di sini ruang kosong

Inilah Peraturan Membawa Sepeda di Kereta Api

Bagi yang belum tahu saja, walaupun sepeda boleh di bawa, tidak semua sepeda boleh di bawa di Kereta Api. Ternyata peraturan-peraturan itu sudah di buat PT.Kereta Api Indonesia agar tidak mengganggu penumpang lainnya, peraturan ini saya baca di kompas.com dengan isinya sebagai berikut :

  1. Jenis sepeda yang diperbolehkan naik adalah sepeda lipat dengan ketentuan berat maksimal 20 kilogram dan ukuran roda maksimal 22 inci.
  2. Peraturan ini berlaku untuk kereta antar provinsi di Pulau Jawa, KRL Commuterline, KA Bandara, dan LRT Sumatera Selatan
  3. Khusus moda commuterline, sepeda yang dilipat harus masuk dalam dimensi maksimal 100 x 40 x 30 sentimeter.

Bagaimana, sudah cukup jelaskan. Bagi anda yang mempunyai sepeda lipat dengan ketentuan di atas, bisa di bawa menggunakan transportasi kereta api Indonesia.

Dengan begini, saya jadi bisa mendapatkan cara baru menikmati atau explore kota sebelah menggunakan sepeda yang di bawa dari rumah. Seru dan pengalaman baru tercipta dan yang pasti teman tambah banyak.

Terima kasih KAI telah membuat sepeda bisa di bawa ke Kereta Api.

Ada info tambahan ada yang tanya begini, Mau tanya, kalau bawa sepeda lipat ada biaya tambahan tidak ? Jangan khawatir, anda bawa sepeda lipat tidak ada biaya alias Gratis, sebenarnya sepeda lipat itu hampir sama seperti saat kita bawa barang atau koper sih ukurannya, jadi aman dan tidak ada biaya tambahan.

Read :  Serba Serbi Kotak P3K Saat Traveling
Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

2 Replies to “Pengalaman Membawa Sepeda di Kereta Api”

  1. Temen kantorku yang suka sepedaan harus tau nih, karena dia juga berwacana membawa sepeda dengan kereta api. Jadi nggak semua rangkaian kereta memiliki gerbong khusus sepeda ya, penting banget nih infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Buy Photo ask@lensanasrul.com
×

Jualan Foto

Ikuti Saya