Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Liburan ke Pantai Menganti Kebumen Harus Hati-Hati

2 min read

Pantai menganti kebumen

Aku belum pernah sama sekali mengunjungi Kebumen, Jawa tengah, bagaimana kondisi geografis kabupaten ini. Namun di penghujung akhir tahun 2019 saya berkesempatan untuk mencoba menikmati kawasan Kebumen, dengan tujuan ke pantai Menganti.

Pantai menganti menjadi alasannya untuk mengunjungi kabupaten ini karena begitu banyak foto-foto di instagram menarik dan sepertinya wajib untuk di kunjungi.

Nah aku di temani Yola, IG @lavienz selama perjalanan ini. Dia suka dunia fotografi jadi lumayan ada teman sekaligus menjadi model dalam foto sebagai poin interset.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Apabila di tempuh dari pusat kota kebumen, sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk saya sendiri perjalanan dari Yogyakarta dengan rute yang yang cukup membosakan. Dari Jogja melewati wates, di lanjutkan melewati jalan lintas selatan barulah melewati jalur perbukitan.

Kalau dari yogyakarta sih di tempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.

Rute Daerah Pantai Menganti

Untuk kawasan pantai Menganti itu seperti perbukitan, jadi jalan yang di lalui menuju pantai Menganti akan sedikit menegangkan karena jalan yang kecil, aspal ada yang bergelombang, jalan naik dan turun yang cukup curam, apalagi saat musim hujan harus lebih extra hati-hati.

Selain itu jalur setelah melewati pintu masuk bakalan lebih mendebarkan, karena sangat juram dan berkelok-kelok.

Saya menyarankan gunakan kendaraan yang layak agar tidak terjadi insiden. yang sepeda motornya layak aja kemungkinan bisa saja terjadi kecelakaan.

Tiket Masuk Pantai Menganti

Tiket masuk menuju pantai Menganti, Kebumen, Jawa tengah sangat terjangkau. Rp.12.000,-/orang sudah termasuk parkir sepeda motor. Mungkin untuk mobil tidak jauh lah harganya.

Pesona Pantai Menganti

Pesona pantai Menganti kebumen apabila sampai terasa biasa saja, kalian akan melihat aktivitas nelayan yang mencari ikan dan melihat aktivitas pelelangan ikan (Karangduwur), namun jika ingin melihat destinasi lebih luas Pantai menganti setelah jalur turunan yang curam yang sampai pantai anda bisa mencoba belok kanan untuk bermain air di Tebing Keteb.

Pantai menganti sisi tebing keteb
Pantai menganti sisi tebing keteb
Pantai menganti sisi tebing keteb
Pantai menganti sisi tebing keteb

Di tebing keteb menjadi tempat parkir dan bisa di jadikan tempat bersantai bersama keluarga atau gebetan. Disini anda juga bisa bermain air laut walaupun ada karang yang cukup besar.

Papan petunjuk setiap wilayah di pantai menganti
Papan petunjuk setiap wilayah di pantai menganti

Nah apabila sudah puas di kawasan tebing keteb, kembali lagi ke jalur pertigaan yang bingung dekat tempat pelelangan ikan, cobalah belok kiri dan ikuti petunjuk sampai atas sendiri, maka anda akan menemukan bukit karangbata seperti yang saya temukan.

tebing keteb
gazebo pantai menganti

Di sinilah yang katanya ada destinasi yang seperti di New Zaeland, begitu banyak gazebo menarik untuk melihat indahnya lautan dari atas tebing. Dengan biaya Rp.10.000,- anda sudah bisa menikmat gazebo tersebut untuk bersantai.

Suara deburan ombak saat duduk-duduk di gazebo memang bikin lupa waktu.

Setelah menikmati cukup lama gazebo sebagai tempat istirahat, selanjutnya berjalan kaki ke Red Bridge Menganti jika bingung sebut saja Jembatan merah menganti.

Jembatan merah pantai menganti
Red Bridge Menganti

Ada karang besar yang bisa di kunjungi melewati jembatan merah seperti dalam foto. Banyak sekali yang berfoto disini. Sebenarnya juga ingin berfoto di tempat tersebut. Hanya saja begitu banyak wisatawan yang berfoto disitu membuat saya tidak jadi keniatan untuk foto di spot tersebut, eh pas mulai pergi malah sepi itu spot hehehe, dasar wisatawan mengikuti pergerakanku.

Pantai menganti
pantai menganti

Pantai Menganti sangat menarik untuk di kunjungi karena pantai yang memiliki pemandangan yang indah, dan yang pasti wisatawan dengan biaya murah. Kenapa harus jauh-jauh kalau yang dekat aja ada yang seperti New Zaeland bagi yang budget tipis. Kalau ada uang aja tetap gass ke New Zaeland pastinya hehe..

Dari judul saya memberikan perhatian keras, liburan ke Pantai Menganti Kebumen harus hati-hati karena pantai menganti ini memang indah namun berhati-hatilah saat berkendara menuju pantai tersebut karena jalan yang cukup beresiko apalagi kalau musim hujan, banyak lumpur yang kadang berada di tengah jalan.

Saya sempat jatuh saat perjalanan menuju pantai Menganti dikarenakan sepeda motor saya terperosok oleh lumpur di tengah jalan, Alhamdulillah saya masih bisa melakukan perjalanan walaupun lukanya cukup bikin perih selama perjalanan. Pokoknya selalu berhati-hati selama perjalanan.

Dok : 21/12/2019

Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Buy Photo ask@lensanasrul.com