Bermian olah raga arum jeram di sungai elo

Aku Masih Pemula, Mencoba Bermain Arum Jeram di Sungai Elo

Arum jeram / Rafting merupakan salah satu olah raga extrim yaitu mengarungi jeram-jeram sungai yang sangat menantang. Beberapa orang yang suka dengan olah raga menantang atau liburan yang menantang pastinya pernah mencoba bermain Arum Jeram / Rafting.

Saya sendiri salah satu orang yang ingin merasakan bermain Arum jeram / Rafting karena selama ini saya belum sama sekali mencoba olahraga yang satu ini. Rasa penasaran dan ingin mencoba akhirnya di awal tahun 2019 (6/1/2019) merasakan bagaimana keseruan bermain Arum Jeram.

Karena saya masih pemula dan belum paham tentang olahraga ini, Sungai Elo menjadi lokasi pas bagi saya. Sungai Elo berlokasi di Magelang Jawa Tengah. Sungai elo tingkat jeramnya masih belum terlalu keras.

Yang jongok yang paling pro dari 6 grub ini

Beranggota 6 orang dengan 4 orang belum paham tentang arum jeram (termasuk saya), dan yang 2 lainnya pernah bermain arum jeram memang pantas jika temanku yang sudah pro mengajak untuk mencoba di Sungai Elo.

Dengan harga paket yang kami ambil, Harga Rp.750.000,- saya sudah mendapatkan fasilitas :

  • Transportasi dari cek poin menuju start dan pulang kembali ke cek poin
  • Perahu Karet + Dayung + Helm + Pelampung
  • Rest Area (makanan tradisional + kelapa muda)
  • Pemandu
  • Dokumentasi
  • Makan di Cek Poin

Untuk fasilitas di atas menurutku sudah sangat memaskan, karena yang terpenting kita tinggal jalan tanpa memikirkan apapun.

Cek poin dari Kampung Ulu Resort Magelang, menggunakan kendaraan bis kecil menuju start. Perjalanan tak begitu lama sekalian bercengkrama akhirnya kami sampai di lokasi start yang dekat dengan jembatan yang menarik.

Sebelum memulai perjalanan untuk mengarungi Sungai Elo dengan jarak yang di tempuh 12 Km kami di haruskan untuk mempersiapkan keamanan yang ada dan mendengarkan instruktur dalam bermain olahraga arum jeram agar selama perjalanan aman dan berjalan dengan seru.

Read :  Embung Batara Sriten, Embung Tertinggi di Yogyakarta
Penjelasan instruktur sebelum mengarumi sungai elo
Penjelasan instruktur sebelum mengarumi sungai elo
penjelasan sebelum bermian arum jeram
Serius banget pada lihat instrukturnya haha…

Sebelum memulai saya sudah merasa ragu dan takut karena saya belum pernah sekali bermain olahraga arum jeram. Selain itu saya tidak bisa berenang dan masih belum percaya dengan pelampung, apakah bisa menjaga saya agar tidak tenggelam? Dan, perjalanan mengarungi jeram sungai elo pun di mulai.

Oh iya bersyukur bisa dapat pemandu yang seru bisa mencairkan suasana saat proses perjalanan menjadi perjalanan tak begitu hambar, namanya mas Faisal. Sangat menarik padahal baru umur 16 tahun tapi sudah pro dalam mengendalikan perahu yang kita pakai. Dia sudah menjadi pemandu kurang lebih 5 tahun, sangat sopan dan tidak membosankan.

Aku mulai menikmati olah raga ini dan sudah tidak takut dan sudah percaya dengan pelampung. Di sungai elo sendiri masih banyak mendayungnya dari pada jeramnya, memang cocok untuk pemula yang penasaran dengan olahraga ekstrim ini.

arum jeram sungai elo

Perjalanan dengan jarak 6 Km cukup hambar karena tidak ada teman untuk bertarung seperti saling ejek dan saling menceburkan ke sungai. Karena kita hanya 1 perahu, dan berhenti di rest area untuk menikmati kelapa muda dan jajanan tradisional.

Menikmati jajanan tradisional dan es kelapa muda
Menikmati jajanan tradisional dan es kelapa muda

Sembari menikmati makanan dan minuman yang tersajikan, kami meminta pemandu untuk menunggu di jarak 6 Km harus ada teman yang bisa untuk di ajak bertarung, agar lebih seru walaupun tak kenal yang penting tetap asik.

Harapan pun terkabul ada 6 perahu datang dengan beraneka ragam karakter, ada yang tidak mau di bercandain dan ada yang bikin tertawa terpingkal-pingkal karena keseruan itulah arum jeram ini begitu mengasyikkan dan tidak bosan.

arum jeram sungai elo magelang
arum jeram sungai elo magelang
arum jeram sungai elo magelang

Memang pantasnya kalau bermain olahraga arum jeram minimal ada 2 perahu agar bisa untuk saling bercanda dan beradu kekuatan walaupun sebenarnya kita selalu waspada dengan semua yang ada.

Read :  Tim Dok : Candi Borobudur & Gereja Ayam Terlampui Dengan Bersepeda

Dengan jarak 12 Km ini menurutku sangat memuaskan dan badan terasa capek. Durasi kurang lebih 3 jam dengan pemandangan dan suara kearifan lokal ini sangat puas. Yang lucunya juga saat mengarungi sungai elo ini anda akan mendapatkan pemandangan orang sedang memancing atauapun sedang mandi hehe tapi tak sefulgar itu fergusoo…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *