GEDUNG SATPAS SIM Jogja

Begini Caranya Perpanjang SIM C di Jogja

Tepat di bulan ini bulan Maret, Surat izin mengemudi sepeda motor saya sudah habis (SIM C). Waktu habis di pertengahan bulan maret. Informasi terbaru yang saya dapatkan bahwa apabila tidak segera di perpanjang dan masa aktif sudah habis, maka anda akan di wajibkan untuk registrasi dari awal.

Karena itulah saya segera mengurus perpanjang SIM C agar urusan segera selesai, dan setelah menulis artikel ini tandanya saya sudah mengalami dan ingin berbagai informasi, bagi anda yang butuh informasi seputar bagaimana memperpanjang SIM C khusunya di Jogja karena saya berdomisili di Jogja.

Oh iya sebenarnya persiapan dan syarat untuk perpanjang SIM C tak jauh beda dari kota-kota lainnya.

Persiapan Sebelum Perpanjang SIM

Sebenarnya cara memperpanjang SIM kebutuhan tak jauh beda, hanya saja saya akan menceritakan sesuai pengalamanku sendiri dan yang saya alami saat ini adalah Perpanjang SIM C.

Kebutuhan/Syarat dan persiapan yang wajib di penuhi perpanjang SIM adalah

  1. Tampilan Rapi, karena akan di foto kebutuhan SIM
  2. KTP Asli
  3. SIM Lama Asli
  4. Fotocopy KTP (2)
  5. Fotocopy SIM Lama (2)
  6. Stopmap warna kuning
  7. Surat Cek Kesehatan
  8. Uang / Dana Perpanjang

Lokasi Perpanjang SIM

Gedung  SATPAS Polresta Yogyakarta
Gedung SATPAS Polresta Yogyakarta

Untuk perpanjang SIM di yogyakarta ada di beberapa tempat seperti di SIM Corner yang berada di Jogja City Mall dan Ramai Mall selain itu juga ada SIM Keliling yang selalu berpindah-pindah tempatnya menurut jadwal yang dirilis pihak polresta.

Namun untuk pengalaman saya sendiri, saya memperpanjang SIM C di pusatnya yaitu di SATPAS SIM Polresta Yogyakarta.

Untuk lokasinya berada di Jalan Asrama Polri Pathuk, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261. Gedung ini merupakan gedung baru karena dulu saat pembuatan SIM baru saya belum ada gedung tersebut.

Read :  Twitter Indonesia Resmikan 3 Akun Ikon Budaya Yogyakarta Menjadi Verifikasi

Waktu jam buka seperti biasa kantor dinas, Senin – Kamis pukul 08.00 – 14.00 sedangkan Jum’at – Sabtu 08.00 – 12.00

Prosedur Perpanjang SIM C

Buat Surat Cek Kesehatan

Langsung saja Gass ke lokasi perpanjang SIM. Seperti dalam syarat bahwa di wajibkan membawa Surat cek kesehatan, namun biasanya ada rekomendasi tempat untuk cek kesehatan dari pihak SATPAS SIM Polresta Yogyakarta dan rekomendasinya ialah dokter prakter depan persis gerbang masuk Asrama Polri Patuk. Nama Dokter praktek tersebut ialah dr. FITRI SUKMAWATI.

Jadi dari pada membawa Cek Kesehatan dari puskesmas atau dokter praktek lain dan tidak terpakai karena tidak di sahkan mendingan langsung di tempat yang di rekomendasikan dari pihak polisi biar segera clear.

Nah yang membuat lama perpanjang ataupun membuat SIM ialah membuat surat cek kesehatan ini. Antrinya banyak banget, mendingan kamu berangkat lebih pagi.

Membuat Cek Kesehatan Rp.25.000,-

Fotocopy dan Stopmap

Setelah selesai cek kesehatan ialah fotocopy. Namun kamu bisa memfotocopy dari luar daerah tersebut untuk mengantisipasi antrian yang panjang. Untuk stopmap saya merekomendasikan membeli di kawasan tempat perpanjang SIM, takutnya warna yang di butuhkan berbeda.

Untuk warna stopmap yang di gunakan warna kuning.

Menuju Pendaftaran Perpanjang SIM

Apabila sudah terpenuhi semua, selanjutnya menuju gedung
SIM Satlantas Polresta Yogyakarta untuk melakukan pendaftaran.

Data anda akan di cek dan apabila sudah terpenuhi anda akan mendapatkan formulir untuk perpanjang SIM dan juga biaya yang harus di penuhi

Untuk Biaya perpanjang SIM C Rp.75.000,-.

Bayarlah terlebih dahulu tempat pembayaran yang berdekatan dengan pendaftaran. Selanjutnya tinggal mengisi formulir yang di sodorkan sebelumnya oleh bapak/ibu polisi di ruang pendaftaran.

Read :  Jogja Punya Logo Baru, Selamat ya

Apabila sudah mengisi data formulir, kembalikan data semua yang ada di stopmap dan anda akan mendapatkan antrian untuk foto SIM.

Mengisi Formulir Pepanjang SIM
Mengisi Formulir Perpanjang SIM

Foto Untuk SIM

Sudah saya jelaskan sebelumnya jika anda harus berpakaian rapi agar tampilan foto di SIM terlihat bagus. Karena saat perpanjang SIM, foto anda juga akan di update ke foto yang baru.

Selanjutnya adalah cek sidik jari yang akan di pandu oleh bapak polisi di tim foto.

Antri Menunggu di Foto
Antri Menunggu di Foto

SIM C Sudah Baru

Setelah melakukan proses di atas, kebutuhannya hanyalah menunggu panggilan bahwa SIM C sudah di perpanjang dan tampilannya menjadi baru.

Dengan estimasi yang saya dapatkan sekitar 3 jam, yang paling lama ialah membuat surat cek kesehatan. Kini SIM C saya sudah kembali baru dan ada wajahnya yang sebelumnya sudah hancur tak nampak wajahnya haha…

doc : 11/3/2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *