fbpx
Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Cara Menuju Gili Trawangan, Air, Meno dari Pelabuhan Bangsal

2 min read

Pelabuhan bangsal lombok

Setiap traveler yang masih baru menginjakkan kaki di Pulau Lombok, semua berharap ingin bisa mengunjungi pulau kecil Gili Trawangan yang indah dengan kehidupan tanpa kendaraan bermotor. Namun jika kamu liburan ke Gili Trawangan dengan jasa open trip yang tersedia begitu banyak di media sosial, seperti informasi ini tidak begitu penting, namun sangat berbeda bagi mereka yang memang berangkat tanpa open trip seperti yang saya lakukan kemarin backpacker Bersama teman saya.

Gili Trawangan adalah pulau penuh dengan hiburan seperti tempatnya party, menyelam dan masih banyak lagi. Uniknya lagi adalah pulau yang melarang kendaraan bermotor jalan di pulau tersebut hanya Cidomo (alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok dan Kepulauan Gili) dan Sepeda untuk mengexplore Kawasan pulau Gili Trawangan.

Nah Terus Bagaimana Cara Agar Bisa ke Gili Trawangan?

Bagi traveler / backpacker ingin menyebrang ke Gili trawangan kalian harus datang ke Pelabuhan Bangsal. Pelabuhan bangsal merupakan sebuah tempat dimana anda dapat membeli tiket untuk menyeberang menggunakan boat kayu ataupun fast boat dari Lombok ke tiga gili matra (Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan).

Alamat pelabuhan bangsal berada di Jl. Bangsal Baru, Pemenang Barat, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Kalau menurut berada di sisi barat dari Pantai Sengigi.

Pelabuhan bangsal ini memang di peruntukan untuk warga dan wisatawan untuk menuju ke tiga gili matra yang di sediakan oleh pemerintah daerah.

Apabila dari Lombok Airport Interntional Praya sampai ke pelabuhan Bangsal menempuh jarak kurang lebih 60 Km dengan durasi waktu sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan jika dari pusat kota yaitu mataram jaraknya hanya 29 Km dengan durasi waktu sekitar 53 menit dengan rute jalan yang sama naik turun.

CARA MENUJU PELABUHAN BANGSAL

Bagi anda yang akan menuju pelabuhan Bangsal emang cukup sulit sih apalagi dari bandara Lombok karena tidak ada transportasi umum, dan solusinya adalah menggunakan Travel atau sewa mobil atau sepeda motor untuk menuju di pelabuhan Bangsal. Untuk informasi tersebut bisa cari di google maps untuk informasi sewa mobil atau motor.

Sedangkan saya saat itu saya explore Lombok menggunakan sepeda motor, jadi saya menuju Pelabuhan bangsal cukup mudah.

JAM OPERASI

Pemesanan tiket publik boat, harus dilakukan langsung di loket karcis secara langsung, tidak menerima reservasi tiket lebih awal, maka dari itu anda harus datang langsung ke lokasi, jangan khawatir tiket kehabisan, karena konter layanan tiket boat buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore, sedangkan jadwal penyeberangan dengan boat kayu dari dermaga Bangsal tersebut dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Untuk Fast Boat jam operasi dari Pelabuhan bangsal di mulai pukul 10.00 sampai pukul 16.00.

Tetapi jika anda membutuhkan layanan penyeberangan di luar jadwal, maka anda bisa sewa private boat dengan harga sewa lebih mahal.

DURASI PERJALANAN

Apabila anda menggunakan boat kayu durasi untuk menuju Gili Trawangan yang merupakan pulau yang paling jauh sekitar 1 jam sedangkan jika anda menggunakan fast boad anda hanya membutuhkan waktu skitar 10 -15 menit.

Oh iya untuk boat kayu akan berangkat apabila kayu boat itu sudah penuh.

HARGA TIKET

Berikut adalah harga tiket Boat Kayu untuk perjalanan 1 kali saja dari Pelabuhan bangsal,sebagai berikut

  • Tiket Pelabuhan Bangsal menuju Gili Air : Rp. 12.000
  • Tiket Pelabuhan Bangsal menuju Gili Meno : Rp. 14.000
  • Tiket Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan : Rp. 15.000

Bagi anda yang ingin cepat pakai Fast Boat berikut adalah tiket sekali perjalanan dari Pelabuhan bangsal.

  • Tiket Pelabuhan Bangsal menuju Gili Air : Rp. 85.000
  • Tiket Pelabuhan Bangsal menuju Gili Meno : Rp. 85.000
  • Tiket Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan : Rp. 85.000

Pastikan anda membeli tiket di tempat loket resmi jangan di calo atau orang yang menawarkan untuk membeli tiket. Bekal untuk trip ke Destinasi yang ingin anda tuju sudah lengkap tinggal gass menuju destinasi tersebut.

Info ini di update 10/12/2019

Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Buy Photo ask@lensanasrul.com
×

Jualan Foto

Ikuti Saya