fbpx
Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Tips Bersepeda Saat Musim Pandemi Covi-19 / Corona Virus / New Normal

2 min read

Bersepeda saat musim pandemi covid-19

Sudah beberapa bulan Indonesia di terpa virus yang bikin merepotkan semua orang. Karena virus ini yaitu Corona virus / Covid-19 kita yang suka menikmati aktivitas outdoor jadi sulit untuk bergerak. Saya pun begitu selama musim pandemi ini rasa ingin bersepeda menjadi terhalang apalagi liburan makin sulit lagi.

Namun jangan khawatir setelah melakukan berbagai protokol yang aman, saya ingin berbagi tips bagi yang ingin bersepeda namun tetap aman dan nyaman. Tips ini memang saya lakukan maksud dan tujuan agar tetap sehat beraktivitas outdoor namun tidak merugikan orang lain.

1. Bersepeda Sendiri dan Pakai Masker

Bersepeda sendiri memang di anjurkan karena dengan bersepeda sendiri anda akan lebih aman, selain itu jangan lupa menggunakan masker. Apabila bersepeda sendiri dan udara pernafasan berkurang karena tertutup masker anda tetap bisa membuka masker selagi daerah yang anda lewati memang aman tidak begitu banyak orang bergerombol.

Kalaupun anda bersepeda dengan teman saya menyarankan untuk tetap jaga jarak, dan selain itu pilih lah yang memang teman tersebut sering anda temui bukan teman yang berbeda-beda dan jarang ketemu.

Kalau saya biasanya bersepeda 2 orang kalau tidak yang 4 orang, namun lebih sering 2 orang, biar ada ngefotoin saya hehe…

2. Pilih Jalur Sepi Namun Aman

Bersepeda yang tempat sepi adalah salah satu tips yang saya berikan untuk anda semua. Tempat sepi tidak harus di daerah pedesaan jika anda berada di perkotaan. Di perkotaan pun anda tetap bisa bersepeda di jalur yang sepi.

Saya yang domisili di jogja pun tetap bisa bersepeda di tempat sepi. Kalau di jogja lebih baik jangan melewati Alun-alun utara, Malioboro dan Tugu, disitu adalah pusatnya kerumunan, dan belum lama ini lagi ramainya pembahasan New Normal yang tiba tiba Jogja membludak para goweser yang memadati kota, terjadi kemarin Minggu 7 Juni 2020.

Kalau saya sih selalu memantau media sosial dimana spot yang sedang ramai di kunjungi, maka saya akan menyingkir dari tempat tersebut.

3. Kalau Berhenti Makan di Luar Ikuti Protokol Cuci Tangan atau Pakai Hand Sanitizer

Biasanya kalau habis bersepeda, saya pun senang sekali pasti berhenti untuk sarapan di Soto atau bubur pokoknya yang memang di sukai. Maka dari itu carilah tempat makan yang menyediakan tempat mencuci tangan kalau tidak anda bisa membawa hand sanitizer sendiri demi menjaga kesehatan diri sendiri.

Selain itu usahakan untuk cari tempat makan yang tidak begitu ramai. Dengan tempat yang tidak begitu ramai kita kemungkinan bisa lebih aman dari pada tempat yang lebih ramai.

Dengan makan di luar pun kita juga membantu perekonomian agar stabil, kasihan juga buat mereka yang jualan makanan apalagi yang tidak masuk di aplikasi Grab/Gofood, bagaimana mereka bisa bertahan jika tidak ada yang membeli makan yang di jual mereka.

4. Apabila Sampai Rumah Segera Cuci Tangan dan Membersihkan Diri dengan Mandi

Kalaupun sudah sampai rumah setelah bersepeda pastikan anda langsung mencuci tangan dan mandi jangan pegang apapun itu. Dengan tidak memegang apapun anda juga sudah menjaga orang-orang di dalam rumahmu.

Setelah cuci tangan dan mandi, anda juga bisa melanjutkan membersihkan sepeda yang sudah anda pakai selama bersepeda di luar tadi. Pastikan semua bersih karena menurut ajaran semua agama kebersihan adalah sebagian dari iman.

5. Tidak Usah Upload Foto Bersepeda di Media Sosial

Saat bersepeda pasti anda senang sekali dan mendokumentasikan hasil gowes untuk kenang-kenangan sendiri atau pamer di media sosial.

Nah kalau yang pamer ini eh bukan pamer sih lebih ke menyimpan kenangan secara online. Kalau ini bisa di tahan dulu, kalau tidak bisa menahan juga bisa upload foto gowes anda, namun dengan narasi yang simple bukan narasi ajakan.

Karena apabila narasi ajakan banyak yang salah kaprah mengartikan, narasi itu yang mengakibatkan mereka akan berfikir bersepeda bebas tanpa protokol yang aman, dan pastikan foto yang anda upload itu bukan foto yang bergerombol namun foto yang sendiri saja.

Itulah 5 Tips Bersepeda Saat Musim Pandemi Covi-19 / Corona Virus / New Normal yang bisa anda praktekan, ini adalah tips yang sudah saya lakukan beberapa minggu ini.

Aku yakin bagi kalian sudah lelah di rumah terus dengan bersepeda outdoor anda pasti ingin agar jiwa dan pikiran anda sehat, dengan jiwa dan pikiran yang sehat kemungkinan kita akan terhindar dari pikiran negatif yang membuat mudah tertular virus atau penyakit.

Jadi tetaplah bersepeda yang smart. Kamu yang suka bersepeda bisa ceritakan pengalaman pengalaman gowes yang aman di komentar bawah ini?

Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

3 Replies to “Tips Bersepeda Saat Musim Pandemi Covi-19 / Corona Virus /…”

    1. Kalau aku sendiri jajan gpp yang penting sesuai protokol, dan jaga jarak. Toh membantu mereka dalam perekonomian, kalau gk ada yang beli kasihan lagi..

  1. lebih baik sendiri ya daripada berkelompok sepertinya, biasanay yg saya lihat suka abring2an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Buy Photo ask@lensanasrul.com
×

Jualan Foto

Ikuti Saya