Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Pantai Kuta Lombok Yang Tidak Kalah Dengan Pantai Kuta Bali

1 min read

Pantai Kuta Lombok Mandalika

Mungkin bagi sebagian orang Pantai Kuta adalah salah satu pantai terkenal di pulau Bali. Padahal, pantai Kuta pun juga ada di pulau Lombok dan pantai ini pun tidak kalah kerennya dengan pantai Kuta di Bali.

Saya sendiri juga tidak menyangka jika di pulau Lombok terdapat pantai Kuta, dan pantai ini juga populer di daerah tersebut. Maka dari itu, saat liburan ke Lombok saya menyempatkan untuk mengexplore Pantai Kuta Lombok ini setelah sebelumnya sudah menikmati pantai Tanjung Aan.

Pantai Kuta, Lombok adalah tempat wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru.

The Mandalika Kuta Lombok
The Mandalika Kuta Lombok

Selain memiliki keindahan yang begitu indah ternyata Pantai Kuta ini juga memiliki cerita legenda dan satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut.

Untuk legendanya seperti ini dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale.

Sedangkan penjelasan upacara Bau Nyale adalah Kata Bau berasal dari Bahasa Sasak yang berarti menangkap sedangkan kata Nyale berarti cacing laut yang hidup di lubang-lubang batu karang dibawah permukaan laut. Secara etimologis, Bau Nyale terdiri dari 2 suku kata, yakni “Bau” dlam bahasa Indonesia yang artinya menangkap; dan “Nyale” adalah cacing lalu yang tergolong jenis filumannelida.

Bau Nyale merupakan sebuah acara perburuan cacing laut. Acara ini diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret. Tempat penyelenggaraan upacara Bau Nyale ini ada di Pantai Seger, Kuta. Terletak dibagian selatan Pulau Lombok. Informasi ini saya dapatkan dari situs wikipedia.

Pesona pantai kuta Lombok, Mandalika
Pesona pantai kuta Lombok, Mandalika

Apabila anda ingin mengunjungi Pantai Kuta, apabila dari kota mataram anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 47km. Kalau dari Bandara lombok hanya membutuhkan waktu setengah jam dengan jarak kurang lebih 27KM.

Anda bisa menggunakan travel, sewa mobil atau sewa sepeda motor untuk explore pantai yang Indah ini.

Ruang terbuka kawasan pantai kuta lombok
Ruang terbuka kawasan pantai kuta lombok

Pantai Kuta Lombok ini cukup lebar, memiliki hari pantai sepanjang 7,2 Kilometer dengan pasir putih dan ada beberapa batu karang. Namun anda tetap aman bermain air disini.

Kalau datang saat siang hari, wow serasa panas sekali. Karena saat saya datang ke pantai ini, pas sekali matahari berada di tengah-tengah sebelum pukul 12.00 siang.

Karena pantai ini juga cukup terkenal, untuk masalah nginap menginap, jangan khawatir karena disini sudah begitu banyak penginapan yang tersedia.

Landmark Kuta Mandalika
Landmark Kuta Mandalika

Untuk pantai kuta ini penataan pantai sudah cukup baik dengan fasilitas-fasilitas yang di berikan, walaupun ini pantai namun sudah terdapat ruang terbuka yang nyaman untuk aktivitas saat pagi atau sore hari.

dok : 6/12/2019

Bang Nasrul Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Buy Photo ask@lensanasrul.com