Singapore

Modal 2 Juta Backpacker ke Singapore 5 Hari

Hari Pertama ke dan Di Singapore

Diawali dengan berangkat pagi sekitar pukul 5 pagi saya menuju rumah teman untuk menitipkan sepeda motor.

Dari rumah teman sudah di guyur hujan, kami segera mencari grab online untuk berangkat menuju Bandara Adisucipto terminal B Yogyakarta.

Keberangkatan menuju Singapore pukul 07.25 Wib dan di prediksi sampai di singapore pukul 10.35 waktu Singapore. Waktu Indonesia dan Singapore berbeda ada jarak 1 jam lebih cepat negara Singapore.

naik pesawat terbang

Selama di perjalanan udara, pramugari akan memberikan Embarkation card (kartu keluar dan masuk imigrasi, padahal sih lembaran) segera isi data tersebut kalau tidak dapat, anda bisa mendapatkan di ruang kedatangan bandara Changi, sebelum melewati pintu cek imigrasi.

Akhirnya sampai di Singapore dengan cuaca yang cerah, mendarat di Bandara Changi terminal 4. Selanjutnya diarahkan ke Imigrasi sebagai pintu awal kita akan menginjakkan negara Singapore.

Disini kita akan di cek data kelengkapan dimulai dari Paspor, Embarkation card dan akan ada beberapa pertanyaan simple yang penting jangan gugup, karena di bandara Changi sangat populer dengan gaharnya petugas imigrasi.

Nampak foto di bawah adalah antrian cek paspor, oh iya jangan mendokumentasikan disini sembarangan ya, disini saya hanya mendokumentasikan antriannya saja untuk memperjelas suasannya. Selanjutnya jangan mendokumentasi.

Antrian Check Imigrasi bandara Changi
Antrian Check Imigrasi bandara Changi

Na’asnya rombongaku ada seorang yang terkena random check imigrasi (akan di bawah ke ruang berbeda dari yang lain). Namun Alhamdulillah tidak begitu lama bisa selesai dengan cepat. Infromasi dari teman katanya tidak ada apa-apa hanya pertanyaan tidak penting namun ini yang membuat para pendatang takut, kadang ada pertanyaan tidak sesuai yang membuat orang tersebut jadi gugup. Selain itu jika ada yang terkena random check, mengakibatkan menghambat jadwal perjalanan yang sudah di list.

Urusan dengan imigrasi kelar, selanjutnya mengambil kartu internet di tempat yang sudah tertulis di Treveloka. Saya beli internet dengan provaider Singapore yaitu M1, pasti sudah baca artikel sebelumnya kan seputar persiapan sebelum traveling di Singapore. Saye beli SIM card M1 Tourist 4G 100GB. Nah lokasinya di luar pas pintu keluar Arrival, apabila bingung anda bisa download app Ichangi karena aplikasi ini sangat bermanfaat apabila akan berkeliling ke bandara Changi.

Read :  Pertama Kali Di Singapore, Harus Baca Ini Agar Lebih PD

Karena keberangkatan hari Jum’at dan alhamdulillah kita muslim semua, berusaha dan berharap bisa sholat di Masjid yang di idamkan yaitu Masjid Sultan. Kita langsung gass menggunakan Shuttel Bus dari terminal 4 menuju Terminal 3 untuk menjuju stasiun MRT.

Mesin Top Up Ez-Link
Mesin Top Up Ez-Link

Untuk perjalanan di Singapore saya menggunakan EZ-link karena praktis bisa digunakan untuk MRT dan Bus tinggal tap saja. Untuk pembelian kartu EZ-Link bisa di stasiun MRT sebelum pintu masuk, sedangkan top up di mesin top seperti foto di atas. Minimal top up 10$. Sedangkan saya 5 hari ini saya top up 20$ itupun masih sisa. (oh iya untuk kartu EZ-link saya hanya pinjam yang pernah ke singapore, jadi saya tidak beli kartunya).

Ini adalah pertama kalinya saya menggunakan MRT rasanya begitu nyaman dan aman. MRT menjadi salah satu transportasi andalan di Singapore karena menggunakan MRT perjalaanan terasa lebih cepat.

Pintu Masuk MRT
Pintu masuk MRT sebelah kiri itu apabila ingin beli kartu EZ-link

Petugas, masyarakat, papan informasi yang bersahabat membuat perjalanan ini begitu mudah walaupun sebelumnya sempat bingung hehe, selain itu google maps yang terintregasi sangat jelas dengan transportasi di Singapore membuat semua berjalan dengan lancar.

Akhirnya sampai di Masjid Sultan sekitar pukul 13.40 waktu singapore, sempat lari-lari karena waktu sudah mepet. Alhamdulillah bisa merasakan sholat jum’at di Masjid Sultan, masjid populer di Singapore walaupun hanya bisa sholat di tempat wudhu karena jama’ah yang begitu banyak.

Masjid sultan dan lalu lintas yang cukup ramai saat akan sholat Jum'at

Habis dari Masjid di lanjutkan untuk check in hostel yang tidak begitu jauh dari masjid tersebut yaitu di hostel Rucksuck inn yang berlokasi di lavender street. Di hostel ini saya mengeluarkan dana IDR 346.277,- untuk waktu 4 hari 3 malam. Info seputar Rucksuck inn silahkan untuk membaca artikel tentang hotel ini di sini.

jalan besar singapore
Hostel Rucksuck inn berada di belakang kita

Beberapa barang bawaan yang tidak perlu di bawa saat jalan-jalan di tinggal di hostel dan yang perlu di pakai di bawa ke tas ransel. Tak lupa botol minum diisi air mineral dari hostel untuk minum selama melakukan perjalanan.

Read :  18 Persiapanku Sebelum Traveling / Backpacker Ke Singapore

Sekitar pukul 15.00 dilanjutkan menuju merlion park lokasi populer di Singapore. Bagi yang pertama kali pasti pasti wajib harus datang ke tempat ini karena di sinilah icon Singapore terdapat, itu loh yang ada singa keluar air.


Patung Merlion
Patung Merlion

Merlion Park

Destinasi pertama yang kami datangi adalah Merlion Park. Merlion Park adalah sebuah markah tanah dan objek wisata utama Singapura. Terdapat patung yang berkepala singa dengan badan seperti ikan. Namanya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa.

Patung inilah menjadi tempat pertama para wisatawan untuk kenang-kenangan foto di Singapore. Jadi jangan kaget jika di lokasi ini begitu ramai wisatawan apalagi saat sore hari.

Kalau sore pokoknya bersabar saja, tapi selain itu di kawasan Merlion park juga begitu banyak lokasi yang bisa menjadi tempat foto terbaik, karena di lokasi inilah bangunan-bangunan indah Singapore terdapat.


Jubilee Bridge saat sore menjelang malam
Jubilee Bridge saat sore menjelang malam

Jubilee Bridge

Di lanjutkan perjalanan, matahari terbenam sudah pelan-pelan nampak, gedung-gedung sudah memancarkan cahaya karena malam akan tiba. Perjalanan melewati Jubilee Bridge akan begitu menarik.

Jembatan yang menghubungkan Merlion park dengan Esplanade – Theatres on the Bay. Saat matahari terbenam suasana di jembatan ini sangat menarik. Lampu gedung dan konsep jembatan yang simple modern membuat foto kamu akan terlihat kece abis. kami melingkari kawasan Merlion park karena akan menuju Garden by the Bay.


Helix Bridge saat siang hari
Helix Bridge saat siang hari

Helix Bridge

Selain Jubilee Bridge di kawasan Merlion park yang begitu populer dengan bangunan yang khas di Singapore juga terdapat jembatan yang unik dan banyak juga yang berfoto-foto disini. Jembatan tersebut ialah Helix Brige

Helix Bridge merupakan jembatan yang menghubungkan The Float @ Marina Bay dan Marina Bay Sands. Jembatan ini begitu populer karena bentuknya yang unik.

Berbentuk seperti DNA Manusia. Di lantai jembatan ini terdapat lampu-lampu dengan huruf C dan G, juga A dan T. Huruf ini merupakan simbol dari DNA yang merupakan singkatan dari Cytosine, Guanine, Adenine Dan Thymine (4 basis dari DNA).

Read :  18 Persiapanku Sebelum Traveling / Backpacker Ke Singapore
Helix Bdrige malam hari banyak lampu berwarna
Helix Bdrige malam hari banyak lampu berwarna

Jika anda melewati Helix Bridge malam hari, anda akan mendapatkan foto yang indah karena di saat malam hari Helix Bridge terdapat lampu yang menarik untuk di foto.


Garden Rhapsody - Garden by the Bay
Garden Rhapsody – Garden by the Bay

Pertunjukan Garden Rhapsody – Garden by the Bay

Perjalanan dari pertama Merlion park sampai Garden by the Bay cukup panjang. Jalan memutari kawasan merlion park yang cukup besar sangat melelahkan dan menguras waktu demi pertunjukkan di Garden by the Bay.

Garden by the Bay adalah kebun dengan koleksi tanaman dari berbagai penjuru dunia. Namun lokasi ini memiliki konsep display yang menarik, dan membuat lokasi ini menjadi salah satu kunjungan semua wisatawan.

Tujuan ke Garden by the Bay adalah untuk melihat pertunjukan Garden Rhapsody yang berada di OCBC Garden. Pertunjukkannya gratis namun jangan lupa jangan sampai salah jadwal.

Waktu pertunjukkan Garden Rhapsody di Garden by the Bay adalah pukul 19.45 dan 20.45 waktu singapore.

Pertunjukkan Garden Rhapsody ialah pertunjukkan lampu visul dan musik dan akan terlihat spektakuler saat pertunjukkan ini berlangsung. Semua akan terdiam menikmati pertunjukkan yang di tampilkan di OCBC Garden.

Berharap bisa menonton pertunjukkan Garden Rhapsody untuk jadwal pertama gagal, maka di lanjutkan dan menunggu jadwal yang ke-2 akhirnya sukses menyelesaikan pertunjukkan itu dari awal sampai selesai.

Kenapa kami gagal melihat pertunjukkan pertama, dikarenakan kami telat dan sempat salah jalan. Selanjutnya ada drama yang tak terduga yang mengakibatkan rombongan terpisah, maka dari itu keputusan akhir kami menonton pertunjukkan Garden Rhapsody di jadwal ke 2 yaitu pukul 20.45.

Untuk di hari ini kami gagal untuk mendapatkan pertunjukkan Spectra – A Light and Water Show, karena drama saling tersesat. Tak hanya itu saja saat akan kembali ke Hostel kami juga mendapatkan drama baru yaitu satu orang kartu EZ-Link hilang yang membuat dia harus membeli kartu lagi dan kami berpisah. Alhamdulillah semua bisa kembali ke Hostel dengan aman.

Pages ( 2 of 6 ): « Sebelum1 2 3456Lanjut »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *