Masihkah Ada Kartini? Bersama Podjok Komunitas Onthel Yogyakarta

Masihkah Ada Kartini? Bersama Podjok Komunitas Onthel Yogyakarta

N

gomong-ngomong, kalau membahas tentang perjuangan perempuan di Indonesia pasti yang tercetus adalah pahlawan kita R.A Kartini. Jasa-jasa luar biasa R.A Kartini sangatlah banyak, salah satunya ialah beliau bisa membuat sekolah untuk perempuan bangsa. Karena dari itulah perempuan bisa bersekolah saat ini. Beliau membuatkan sekolah gratis untuk anak perempuan pada masa penjajahan Belanda.

Hari ini, 20/4/2017 saya terpaksa meliburkan diri dari sebuah pekerjaan saya, dikarenakan ada kesibukan dadakan di rumah. Sedangkan acara dirumah selesai habis dzuhur dan saya nikmati untuk bersantei. Tiba tiba di media sosial dari akun instagram Radio Sonora FM, terpampang pamflet event memperingati R.A.Kartini yang berlangsung di depan dinas pariwisata yogyakarta. Tanpa basa basi dan karena stock foto juga sudah habis, saya sempatkan datang kelokasi ini ditemani beberapa teman saya yang juga hobi di fotografi dan sepeda. Dimulai pukul 16.30 wib, aku menuju lokasi menggunakan sepeda.

Tepat besok, 21 April adalah tanggal kelahiran R.A Kartini. Hari ini 20/4/2017 komunitas sepeda onthel yaitu PODJOK sedang mencari jati diri di tengah hiruk pikuknya aktivitas masyarakat di dalamnya Roda kehidupan berpacu melaju bak pengendara sepeda lupa akan fungsi rem  yang ada. Komunitas Sepeda Onthel PODJOK Yogyakarta bergandeng erat dengan perempuan bekebaya melakukan pesan moral dengan sentuhan seni budaya di sepanjang pedestrian Malioboro tepatnya di depan Dinas Pariwisata Yogyakarta sebagai bentuk peringatan besok hari Kartini.

Komunitas onthel yogyakartaBeberapa sepeda onthel bersama perempuan berkebaya berkumpul di depan Dinas Pariwisata Yogyakarta memulai acara pesan moral dalam rangka memperingati hari kelahiran R.A Kartini. Di mulai dari pembukaan Mas Towil (mas mas gondrong) yang info yang saya dapatkan dari teman-teman, beliau adalah ketua dari komunitas sepeda onthel PODJOK. Beberapa patah kata beliau keluarkan, saya tak sempat mendengar dengan jelas dikarenakan saya sibuk mencari angel foto yang menarik. Karena sebelumnya tujuan utama mencari Street Photography untuk stock foto IG silahkan di follow IG saya @lensanasrul hehe….

BACA JUGA :  Berkunjung Menggunakan Sepeda, Monumen Perjuangan TNI AU

Tak hanya itu saja, ada musikalisasi puisi serta sedikit potongan cerita ketika perjuangan kartini mewarnai rangkai agenda tersebut oleh salah satu perempuan berkebaya yang mengikuti agenda tersebut. Selain itu menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini sembari menghidupkan lilin bentuk penghormatan. Acara lancar-lancar saja dengan banyaknya fotografer dan media yang mengabadikan event ini. Tak terasa proses event berjalan, cuaca mendung menyapa dan hujan pun turun dengan derasnya.

Masihkah ada Kartini

Masihkah ada kartini

Aku mulai berteduh namun rangkaian acara sempat masih berjalan untuk menyelesaikan musikalisasi tersebut dan akhirnya mereka mulai berteduh. Saya salut untuk untuk mereka dalam meperingati Hari Kartini. Kita sebagai orang yang lebih muda harusnya terus mengenang dan memperingati jasa pahlawan kita lebih dari beliau yang tua. Mayoritas komunitas Onthel Podjok anggotanya juga tua-tua harusnya kita yang muda juga jangan malu jika punya sepeda onthel untuk ikut komunitas tersebut.

pahlawan perempuan

Nah sekarang Masihkah Ada sosok perempuan seperti R.A Kartini? bagaimana menurut mu, coba berikan komentarnya…

 

Previous Lawang Sewu, Sang Icon Semarang Dengan Legenda Cerita Mistisnya
Next Mie Nyemek Bu Siti, Ramai dan Banyak Anak Hits

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 243 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Istimewa Hasil Karya Anak SMSR di “Art Pardise”

Hari jum’at 10 April 2015 malam tidak ada kerjaan, saya sempatkan untuk cari info septar seni dan pagelaran di Jogja. Sempat mengajak teman untuk nonton konser di Mandala Krida akan

Jogja Color Run dan Deklarasi Rehabilitasi Pengguna Narkoba

Lensanasrul.com – Hari minggu memang hari yang menyenangkan, ini hari di mana saya bisa istirahat dari dunia kerja. Tapi, walaupun minggu merupakan hari istirahat, itu sangat membosankan menurut saya. Maka

Pawai HUT Jogja ke 260 Begitu Meriah

dzan maghrib berkumandang kubergegas untuk sholat maghrib dan segara berangkat ke Tugu Yogyakarta. Di Tugu Yogyakarta pukul 18.30 (07 Oktober 2016) akan ada Pawai Festival HUT Kota Yogyakarta ke 260. Dan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply