Indah dan Tingginya Curug Sidoharjo, Kulon Progo

Curug Sidoharjo, kulon progo

Lensanasrul.com – Akhir pekan dan akhir bulan Januari 2016, saya sibukan kembali untuk jalan-jalan. 31 Januari 2016, saya memutuskan untuk menikmati kawasan pegunungan menoreh kabupaten Kulon Progo.

Tujuan awal yang saya kunjungi adalah, di Curuh Sidoharjo, yang berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan. Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Tentang Curug ini, Curug yang tinggi indah di antara tebing-tebing tinggi, namun untuk mendapatkan lokasi ini saya dan rekan saya harus berusaha untuk Trekking karena jalan yang kecil untuk meuju lokasi.

Rute dari Yogyakarta

Karena saya berasal dari yogyakarta, maka saya hanya akan memberitahukan jalur perjalanan dari kota Yogyakarta. Dengan melewai jalur jl.Godean, via google maps.

Pemandangan masuk kampung desa Sidoharjo

Patokannya kalau menuju,desa itu terlebih dahulu, keluar dari jalan besar dan masuk kampung dengan jalur yang berkelok kelok dengan tanjakan dan turunan yang sangat hebat hebat, harap pakai kendaraan yang memiliki stamina yang fit,  dan lokasinya berdekatan dari MTS Sidoharjo.

Jika udah sampai Sekolah MTS itu tinggal belok kiri, makan akan sampai tujuan yaitu di daerah tempat parkirnya.

Tiket Masuk : Rp.1.000,-/orang
Parkir : Rp. Rp.2.000,-/sepeda motor

Trekking

Sampai lokasi parkiran belum kelar, sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa untuk sampai lokasi ini saya harus berjuang untuk Trekking, dan perkiraan perjalanan menempuh jarak 2KM dari mulai gapura selamat datang di Curug Sidoharjo sampai lokasi Curug.

Jalan yang sempit dengan pemadangan bagus tak lumput menemani selama Trekking, dan beberapa jurang siap menemani kalian, maka harap waspada dan jangan menggunakan alas kaki yang licin.

Subhanallah Luar Biasa

Sebuah anugerah bisa jalan-jalan begini, mencari pengalaman baru dan menikmati indahnya kebesaran-Nya. Melihat tingginya Curug Sidoharjo yang terhimpit oleh tebing yang cukup tinggi. Namun sayang sekali di saat saya datang di lokasi, air yang mengalir tidak begitu deras, namun tak apalah, sebuah pengalaman baru bisa menikmati Curug Sidoharjo ini yang masih tidak begitu banyak pengunjung. 

Read :  Senja di Bukit Paralayang Parangtritis
Curug Sukoharjo, Kulon ProgoCurug Sukoharjo, Kulon Progo

Curug Sukoharjo, Kulon ProgoCurug Sukoharjo, Kulon Progo

Curug Sukoharjo, Kulon ProgoCurug Sukoharjo, Kulon Progo

Curug Sukoharjo, Kulon ProgoCurug Sukoharjo, Kulon Progo

Setelah selesai menikmati Curug Sidoharjo dan bisa menikmati mie gelas xxx, yang tidak di sangka ada warung di daerah ini, saya dan rekan saya melanjutkan perjalanan menuju Puncak Kukusan.

Oh iya saya juga pernah ke Air Terjun Watu Jongkol, sama juga di daerah Kulon Progo ini, dekat Kebun Teh.

VIDEO



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *