Tour de Ambarrukmo 2019

Menjadi Fotografer Di Event Tour De Ambarrukmo 2019

Di tahun 2019 ini saya dan tim yang tergabung dalam fotografi sports yaitu Limasan berkesempatan lagi untuk tampil di event yang sangat menantang dan sangat populer di Jogja maupun nasional yaitu event sepeda Tour de Ambarrukmo 2019.

Di tahun 2018 tercatat 800 peserta sangat antusias mengikuti event bergengsi ini dan kali ini, di tahun 2019 tanpa di sangka-sangka peserta membludak 2 kali lipat menjadi 1600 peserta.

Oh iya hampir lupa, event Tour de Ambarrukmo 2019 berlangsung hari sabtu 20 juli 2019 dengan start di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Dengan rute menempuh jarak 145 Km dari Pendopo Royal Ambarrukmo menuju Kulonprogo, Girimulyo, Tempel Sleman lalu ke Prambanan dan kembali finish di Ambarrukmo.

Seperti biasa event Tour de Ambarrukmo selalu ada kontes KOM (King Of Mountain) dan tak tanggung-tanggung peserta yang ikut kontes KOM sekitar 600 peserta. Disini saya mendapatkan tugas yang cukup menarik, yaitu mendokumentasikan peloton yang super gurih yaitu mereka para yang terdepan dan mereka yang ikut kontes KOM.

Acara berlangsung sangat lancar dengan sesuai rundown berangkat pukul 05.30 Wib, sedangkan kondisi Yogyakarta kali ini sedang mendung. Jadi saat melewati kota yogyakarta masih minim cahaya.

Pelepasan peserta tour de ambarrukmo 2019 oleh Gubernur DIY
Pelepasan peserta tour de ambarrukmo 2019 oleh Gubernur DIY

Gubernur, Walikota dan beberapa orang penting hadir dalam event ini untuk memberikan sambutan dan pelepasan peserta Tour de Ambarrukmo 2019.

Luar biasa saat perjalanan dari Hotel Royal Ambarrukmo sampai Waduk sermo peloton tanpa putus dan bergerombol, serasa Yogyakarta dipenuhi pesepeda dari berbagai kota. Infonya sih sekitar 30% dari Jogja sisanya luar daerah semua.

Tanjakan Waduk Sermo
Tanjakan Waduk Sermo
Jalan melingkar waduk sermo
Jalan melingkar waduk sermo

Karena saya mendapatkan tugas mendokumentasikan tim race KOM jadi saya setelah dari Waduk Sermo mengawal para peserta Race sampai finish dan mendokumentasikan para mereka yang tangguh-tangguh.

Read :  Mendebarkan, Perdana Menonton Jogja Air Show
Peloton race KOM menuju lokasi pertandingan
Peloton race KOM menuju lokasi pertandingan

Cuaca di daerah rute race KOM ternyata tanpa di duga, kabut tebal menyelimuti para peserta KOM dan hujan rintik-rintik hadir membasahi para peserta KOM. Yah sebagai fotografer harus berhati-hati karena alat yang di pakai untuk mendokumentasikan tidak mendukung waterproof.

Peserta KOM saat melewati jalur pertandingan race KOM
Peserta KOM saat melewati jalur pertandingan race KOM

Banyak sekali momen yang saya dapatkan selama mendokumentasikan para peserta KOM, yang sepertinya mereka lebih fokus bertarung saling meyalip dalam event kali ini dan menjadi bahan menarik juga bagiku, dikarenakan foto saya bisa di bilang cukup oke sebagai fotografer dengan alat yang masih belum maksimal.

Ernest eks Gitaris Cokelat ikut race KOM Tour de Ambarrukmo 2019 saat suasana berkabut
Ernest eks Gitaris Cokelat ikut race KOM Tour de Ambarrukmo 2019 saat suasana berkabut

Nah itu saja cerita saya dan teman-teman selama mendokumentasikan event bergengsi di Yogyakarta yaitu Tour de Ambarrukmo 2019. Oh iya bagi kalian peserta Tour de Ambarrukmo 2019, bagi yang ingin mendapatkan foto yang sudah saya dokumentasi dan teman Limasan lainnya, silahkan kunjungi fanpage facebook Tour de Ambarrukmo. Semoga foto kalian ada, jika belum ada maafkan dikarenakan peserta yang sangat banyak dan kami sudah berusaha semaksimal mungkin.

Fotografer Tour de Ambarrukmo 2019
Fotografer Tour de Ambarrukmo 2019 saya depan baju merah motif kotak

Tak lupa sebagai kenang-kenangan para tim dokumentasi juga ingin eksis, jadi foto bareng di backdrop sebelum pulang kerumah masing-masing, dan segera foto di distribusikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *