tugu muda semarang

Biaya Murah Liburan Dari Jakarta ke Semarang Pakai ini …

Tak disangka-sangka liburan lebaran akan segera tiba, persiapan untuk mudik ataupun liburan untuk mengisi hari libur harus di persiapkan. Namun apakah dirimu sudah mempersiapkan biaya perjalanan untuk menuju tempat yang akan di tuju?. Sepertinya Semarang menarik untuk di kunjungi dan disini saya mau berbagai informasi bagi kalian yang akan Liburan ataupun mudik ke Semarang menggunakan Bus atau jasa travel. Saya akan berbagai informasi seputar Tiket bus dan jasa travel Jakarta Semarang.

Sebelum itu mari kenalan dengan Kota Semarang. Kota Semarang adalah ibu kota provinsi Jawa Tengah dengan kota perkembangan yang sangat signifikan hingga menjadi kota metropolitan terbesar nomor 5 di seluruh Indonesia. Begitu banyak daya tarik yang di tampilkan kota Semarang, nah daya tariknya ialah pada perpaduan kontras antara nuansa kota modern dengan arsitektur kolonial, kawasan Pecinan, dan kampung-kampung kecil di sekelilingnya.

Tak hanya itu saja, bagi kalian yang suka hunting makanan di Semarang juga menyimpan kekayaan kuliner yang sangat menarik dan murah. Lumpia Semarang menjadi salah satu ikon kuliner unggulan yang wajib dicoba saat singgah ke kota ini.

Bagi orang-orang dari Jakarta, Semarang menjadi salah satu daya tarik mereka karena bisa di bilang metropolitan yang unik dengan berbagai perpaduan kontras antara nuansa kota modern dengan arsitektur kolonial, dan kawasan pecinan.

Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu

Sebagai contoh disini yang pernah saya kunjungi adalah bangunan Lawang Sewu yang merupakan bangunan kolonial. Bagi orang Jakarta jika ke Semarang belum mengunjungi bangunan Lawang Sewu kurang lengkap. Ini salah satu bangunan unik arsitektur kolonial yang ada di Semarang sebagai kota terbesar kelima seluruh Indonesia.

Lawang Sewu adalah gedung gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini, dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.

Bangunan Lawang Sewu memang bukan bangunan biasa yang kemudian menjadi tempat pariwisata saat ini. Lawang Sewu telah mengalami perjalanan panjang sejak pembuatannya pada masa Belanda, juga mengalami beberapa kali perubahan fungsi.

Read :  Candi Barong, Pesona Candi dan Pemandangannya

Sebenarnya masih banyak bangunan unik dengan arsitektur ala kolonial selain bangunan Lawang sewu, masih ada kota lama semarang, Kantor pos besar semarang, Gedung marabunta dll, pokonya semua harus di coba biar feed instagram semakin menarik dan mengenal tiap sejarahnya.

Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong – © shutterstock

Selain seputar arsitektur bangunan ala kolonial, coba kita ulik seputar kawasan pecinan, dan di semarang juga terdapat kawasan pecinan dan yang begitu menarik untuk di kunjungi adalah Klenteng Sam Poo Kong, walaupun bangunan ini tidak di kawasan pecinan namun menarik untuk di bahas karena bangunan ini sangat populer bagi yang pertama kali datang ke Semarang.

Klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Kompleks Sam Po Kong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislaman dengan ditemukannya tulisan berbunyi “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an“.

Hampir di keseluruhan bangunan bernuansa merah khas bangunan China. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah.

Nah kalau kalian ingin datang ke kawasan pecinan, dari Klenteng Sam Poo Kong tak begitu jauh hanya butuh waktu 14 menit sampai lokasi dengan transportasi yang tersedia di sana, yang ala-ala online juga bisa. Lokasi Kawasan pecinan di daerah Kauman.

Bangunan menarik ala-alan pecinan begitu banyak dari gang antar gang dan kalian juga bisa berburu kuliner untuk memanjakan lidah yang sudah tak sabar akan keanekaragaman kuliner di Semarang.

Kalau membahas kota Semarang dari berbagai penjuru memang tak ada habisnya, kota yang begitu banyak tempat-tempat yang menarik dan wajib di kunjungi, dan di bawah ini adalah beberapa list yang bisa kalian kunjungi jika datang ke Semarang

  • Masjid Agung Semarang
  • Pagoda Avalokitesvara
  • Vanaprastha Gedong Songo Park
  • Ayana Gedong Songo
  • Pondok Kopi Umbul Sidomukti
  • Saloka Theme Park
  • Cimory Dairyland
  • Water Blaster Semarang
  • Dream Museum Zone Semarang
  • Jembatan Ondo Langit
  • Gereja Blenduk
  • Old City 3D Trick Art Museuem
  • dll
Read :  Menelusuri Malang, Monumen Pahlawan Trip dan Gereja Ijen

Kembali ke topik seputar bagaimana mendapatkan biaya murah liburan dari Jakarta ke Semarang. Tips menarik yang wajib ada coba ialah menggunakan Bus atau Jasa Travel Jakarta Semarang.

Di kala musim liburan lebaran dan mudik pasti transportasi pesawat dan kereta api pasti sudah full atau mungkin harga naik dan anda yang memiliki waktu yang terbatas bakalan tak mendapatkan tiket tersebut.

Dengan bus kini lebih mudah, karena Traveloka juga telah menyediakan kolom untuk pencarian bus antarkota dari Jakarta menuju Semarang.

Perjalanan melalui jalur darat ini akan menempuh jarak sekitar 460 kilometer dalam waktu 7 – 30 jam, tergantung jenis kendaraan yang dipilih. Saat ini, layanan bus ke Semarang sudah tersedia dengan pilihan yang cukup banyak. Beberapa operator terpopulernya adalah PO Pahala Kencana, PO LORENA, PO Nusantara, PO DAMRI, PO Agra Mas, PO Garuda Mas, PO Mulyo Indah, PO Mawar, PO Sido Rukun, and PO Titian Mas. Kisaran harga tiket bus untuk rute ini adalah Rp111.000 – Rp259.000 per kursi, setelah artikel ini dibuat bisa saja harga berubah-rubah pantau terus di Traveloka untuk detailnya

Dengan harga segitu menurut saya Worth it lah bisa liburan atau mudik dan sekarang mencari bus pun lebih mudah tanpa ribet-ribet datang ketemu calo tinggal cari di online dan urusan selesai.

Cover image : tentangindonesiaku.com

2 thoughts on “Biaya Murah Liburan Dari Jakarta ke Semarang Pakai ini …

  1. Baca ini jadi kangen Semarang deh
    Beberapa bulan lalu aku sempat ke Semarang tapi hanya sebentar. Belum puas rasanya mengekplore kota cantik ini

    Kapan-kapan mau diulang ah
    Lewat darat asik juga nih, tinggal pesan bisnya di Traveloka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *