Air terjun kedung kayang

Waktu Yang Tepat Berkunjung ke Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Musim kemarau adalah musim yang paling tepat untuk berkunjung ke air terjun Kedung kayang Magelang Jawa tengah. Spot menarik yang di gemari para instagramable dan fotografer landscape karena di sinilah tempat wisata yang memiliki pemandangan yang luar biasa, perpaduan antara gunung dan air terjun.

Oh iya sekalian ya, saya akan menceritakan perjalanan seru menikmati air terjun Kedung kayang. Air terjun Kedung kayang berlokasi di Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Bisa di bilang Ketep Pass menjadi tempat dataran tingginya Magelang karena di sinilah suasana pedesaan khas dataran tinggi sangat terasa.

Saya berkunjung di air terjun Kedung kayang (sabtu, 3 agustus 2019) di temani dengan seorang cewek yang sebelumnya juga pernah saya ajak untuk explore pacitan yaitu di Pantai srau dan Sungai maron.

Seperti judul yang saya tulis bahwa, untuk mengunjungi air terjun Kedung kayang waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata yang hits ini pada saat musim kemarau. Di saat musim kemarau debit air terjun dan air yang mengalir di sungai tersebut tidak besar dan sangat jernih.

Namun bagi para penikmat fotografer landscape mereka lebih memilih untuk mengabadikan keindahan air terjun kedung kayang pada saat matahari terbit, dan turun ke air terjun kurang lebih pada pukul 07.30 Wib untuk mencari ROL (Ray Of Light).

Sedangkan saya kesini tidak fokus untuk mengabadikan air terjun Kedung kayang dari sudut pandang fotografer landscape, melainkan dari segi sudut pandang penikmat wisata yang belum pernah saya kunjungi.

Saya sampai di air terjun Kedung kayang sekitar pukul 9.30 wib. Cuaca yang cukup panas membuat saya sudah mempersiapkan beberapa kebutuhan, salah satunya adalah stok air minum.

Read :  2 Air Terjun Segar Di Desa Seloprojo "Air terjun Sumuran & Ngesong"

Tiket Masuk Berapa Sih?

Tiket masuk air terjun Kedung kayang ternyata cukup murah, dengan harga Rp.4.000,-/orang asuransi Rp.500,- dan parkir sepeda motor Rp.2.000 saya sudah bisa menikmati keindahan air terjun Kedung Kayang dengan beberapa catatan diantaranya, saya harus siap dan berjuang berjalan kaki di anak tangga yang begitu banyak agar bisa menikmati semua keindahan air terjun Kedung Kayang.

Pelayanan tiket masuk dari pukul 08.00 Wib sampai pukul 17.00 Wib.

Papan petunjuk rute di air terjun kedung kayang

Untuk menikmati Air terjun Kedung kayang ada 2 pilihan. Seperti dalam foto di atas untuk belok kiri anda bisa menikmati air terjun kedung kayang via atas contohnya nanti ada disini atau di instagram juga banyak sekali.

Selain itu jika anda suka blusukan bisa juga dilanjutkan turun dan melewati semak-semak agar bisa menikmati sungai atas dari air terjun Kedung kayang.

Saya menikmati wisata air terjun Kedung kayang di mulai dari sisi atas terlebih dahulu. Spot idola begitu ramai yang akhirnya saya mengurungkan niat dan jalan kebawah mencari spot foto yang menarik, dan saya mendapatkan beberapa foto di bawah ini.

pemadangan air terjun kedung kayang dan hijaber

Dilanjutkan menyusuri semak-semak, sebenarnya sih bukan tepat wisata. Namun karena penasaran saya tetap mengunjungi lokasi sungai yang berada di atas air terjun Kedung kayang.

air terjun kedung kayang sisi atas
Sungai atas, air terjun kedung kayang

Sudah senang-senang bisa menikmati air disini dan airnya cukup dingin, suara air gemricik pun membuat suasana hati semakin nyaman dan tenang.

Menelusuri air terjun Kedung kayang belum sampai situ saja. Adzan dzuhur berkumandang ku lanjutkan menuju bawah air terjun Kedung kayang. Pokoknya menikmati air terjun Kedung kayang itu harus siap fisik dan membawa bekal air minum. Dikarenakan tantangannya melewati begitu banyak anak tangga untuk menuju setiap destinasi.

Read :  Camping di Pantai Sanglen Yang Tak Terbayangkan

Untuk menuju air terjun bawah kita di haruskan melewati jalan turunan yang cukup tajam dan sangat melelahkan bagi saya. Pokoknya harus berhati-hati, apalagi kalau di saat musim hujan pasti jalannya sangat licin.

Dengan perjalanan yang cukup panjang akhirnya sampailah di air tejun bawah Kedung kayang yang sangat keren di saat musim kemarau.

Air terjun kedung kayang sisi bawah
Keindahan air terjun kedung kayang dari bawah

Jerih payah turun dan naik anak tangga terbayarkan dengan destinasi yang menarik ini. Capek sih iya tapi senang bisa menikmati suasana yang berbeda. Ini menjadi tempat terakhir sebelum kembali ke atas untuk pulang.

Sebelum pulang tak lupa makan dahulu di dekat spot memotret keindahan air terjun Kedung Kayang dan pesona gunung merapi. Mumpung sepi sekalian memaksimalkan spot tersebut untuk berfoto ria.

Spot fotografer di air terjun kedung kayang magelang
Spot foto di Air terjun Kedung kayang

Nah apabila ingin foto di tempat ini saya hanya mengeluarkan Rp.5.000,-/orang untuk tiap spot, sedangkan untuk saat ini Kedung Kayang tersedia 2 spot yang bisa di coba.

Untuk spot foto ini bagus kalau pagi hari sebelum matahari naik tinggi, nah kalau sudah naik maksimalnya pakai flash external di kamera. Kalau cuma pakai smartphone bisa menunggu sore hari seperti fotoku di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *