Wisata Religi : Explore Gunung Muria & Masjid Menara Kudus

Wisata Religi : Explore Gunung Muria & Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus

Lensanasrul.com – Hari minggu seperti biasa hari yang luang untuk saya, dan di waktu yang efektif itu saya agendakan untuk jalan-jalan. Menurut lokasi yang akan di datangi adalah Gunung Muria, Masjid Menara Kudus dan Masjid Demak.

Akan teteapi Masjid Demak terpaksa hanya melewati saja karena keterbatasan waktu, Inilah cerita perjalan saya dan jamaah masjid Al-Amin keparakan lor yogyakarta yang di selenggarakan oleh RISMA, TAKMIR, dan tak lupus KKN UAD 2015, pada Minggu, 22 Nov 2015.

PERJALANAN
Berangkat dari Yogyakarta pukul 6.03 WIB, dengan menggunakan 2 bis ukuran 3/4 melaju dengan melaju standar. Perjalanan yang asik di awali dengan foto bareng-bareng di bis ager terlihat lebih kompak.

Gunung Sunan Muria
Sesi Foto Dalam Bis A

Konsep wisata religi ini bermaksud untuk semakin mempererat keluarga Masjid Al-Amin dari anak-anak, remaja yang muda sampai yang tua.

Akan tetapi sangat di sayangkan sekali, pihak Risma tidak bisa berangkat semua, dikarenakan ada beberapa yang di hari seninnya mereka harus menghadapi ujian.

Tapi tak apalah, Insyalllah kita bisa buat event seperti ini dan bisa ngumpul bareng, seneng bareng, susah bareng.

Kembali menceritakan di perjalanan, Seperti makanan dan minuman kami bagikan di dalam sebagai sarapan, selain itu juga ada beberapa Dorprize, untuk memeriahkan acaranya agar tidak membosankan.

Akhirnya sekitar pukul 11.00 WIB kami sampai di lokasi pertama yang terjauh, di Gunung Muria.

[next]

WISATA RELIGI MAKAM SUNAN MURIA – GUNUNG MURIA

Gunung Sunan Muria

Ini merupakan tempat pertama yang saya kunjungi, dan menjadi sebuah pengalaman baru datang di lokasi yang banyak sekali pezirah datang untuk mengujungi Makam Sunan Muria.

Ini merupakan objek yang wajib dikunjungi ketika singgah di Kabupaten Kudus. Adalah Makam Sunan Muria Syeh R.Umar Sa’id yang berada di lereng Gunung Muria.

BACA JUGA :  Embung Kledung Pesona Himpitan 2 Gunung Istimewa
Gunung Sunan Muria
Ratusan Anak Tangga Kami Lewati

Untuk mencapai makam yang berada satu kompleks dengan Masjid Sunan Muria ini, anda harus melalui ratusan anak tangga dari pintu gerbang. Di sepanjang anak tangga tersebut banyak dijual beragam cinderamata, jajanan, dan sebagainya.

Sejumlah peninggalan Sunan Muria masih dapat dijumpai, seperti bangunan masjid beratap Joglo bertingkat tiga dan beratap kayu sirap.

Selain itu, anda juga dapat menikmati bahan bangunan lama seperti tempat salat imam, fondasi empat soko masjid atau ‘umpak’, juga sebuah bedug yang dibuat tahun 1834.

Saran dari saya, jika kalian siap untuk berjalan makan berjalanlah melewati anak tangga, yang lumayan jauh dan tinggi, namun jika kalian tidak siap maka anda bisa menggunakan ojek, dengan tarif Rp.10.000,- akan mendapatkan pemandangan indah, dan senam jantung karena apa? yang jadi ojek yang jalan ngebut-ngebut, dan itu yang tidak saya suka.

Gunung Sunan Muria

Gunung Sunan MuriaGunung Sunan Muria

Akhirnya sekitar pukul 2.30, di lanjutkan mengunjungi Masjid Menara Kudus,

[next]

MASJID MENARA KUDUS

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus (disebut juga dengan Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar) adalah sebuah mesjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Masjid ini terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Mesjid ini berbentuk unik, karena memiliki menara yang serupa bangunan candi. Masjid ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu. Pada masa kini, masjid ini biasanya menjadi pusat keramaian pada festival dhandhangan yang diadakan warga Kudus untuk menyambut bulan Ramadan.

Masjid Menara Kudus

Perjalanan di Masjid Menara Kudus ternyata tidak dekat jika kita menggunakan bus Wisata, karena parkir bus Wisata ke Masjid Menara Kudus masih cukup jauh, kita harus jalan, naik ojek, bejak, atau Bis kecil, dengan tarif berbeda-beda.

BACA JUGA :  Kemegahan The Lost World Castle Bersama Gunung Merapi

Untuk menggunakan bis kecil, kurang lebih pejalanan 10menit sampe lokasi, dan melewati beberapa kios, dan yang sedikit mengganggu wisatawan adalah masih ada beberapa pengemis yang berada di antara kios, sedangakan untuk sebelumnya di Gunung Muria itu tidak ada.

Sampe di lokasi, wah banget keren masjidnya, dan ramai sekali dengan kegiatan ibadahnya, aritektur yang asik, dingin rasanya, Pokonya hati jadi dingin jika berwisata di lokasi seperti ini.

Masjid Menara KudusMasjid Menara Kudus

Masjid Menara KudusMasjid Menara Kudus

Masjid Menara KudusMasjid Menara Kudus

Itulah beberapa hasil dari saya perjalanan 1 hari menikmati wisata religi, di Gunung Muria dan Masjid Menara Kudus, sedangkan untuk Masjid Demak hanya melewati saja, sempat kecewa, namun bagaimana lagi dari pada pulangnya terlalu malam, apa daya.

Dan dari 2 lokasi di sini yang sangat-sangat saya sesali adalah, saya tidak masuk di lokasi makam Sunan Muria, sangat di sayangkan.

Previous Kemeriahan Jogja Volkswagen Festival 2015, Mobil Favorit
Next Ulah Si Selfi Merusak Kebun Bunga "Amaryllis" Gunungkidul

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 236 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Yogyakarta 0 Comments

Camping di Pantai Ngrumput Di Terjang Badai

Mumpung hari libur Imlek pada hari sabtu 28 januari 2017, saya dan teman kampung mengadakan Camping di pantai Ngrumput Gunungkidul Yogyakarta. Kenapa memilih lokasi itu? Karena pantai ini bersih, bisa dikatakan

Traveling 1Comments

Berkunjung Menggunakan Sepeda, Monumen Perjuangan TNI AU

khir pekan telah tiba, disitulah waktuku untuk mengexplore suasana berbeda menggunakan sepeda apabila lokasi yang dituju tidak terlalu jauh. Akhir pekan 5/3/2017 kali ini saya berkunjung di salah satu monumen untuk

Jawa Timur 0 Comments

Jamnas Honda Life dan Kei Car #2 – Hari 2

Lensanasrul.com – Masih seputar cerita saya di Malang, di event Jambore Nasional #2 Honda Life dan Kei Car. Ini merupkan hari ke 2 saya di Malang, Baca artikel sebelumnya agar

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply