Video Drone Rekam Keindahan Yogyakarta Dari Langit

Video Drone Rekam Keindahan Yogyakarta Dari Langit

Semenjak teknologi canggih yang tercipta kendaraan tanpa awak yaitu Drone hadir, kini begitu banyak fotografer atau videografer memanfaatkan kendaraan tanpa awak untuk mendapatkan karya-karya menarik yang di bidik dari atas terlihat seperti dari sebuah burung.

Dengan begitu, saya sebagai salah satu penikmat foto atau videografi juga memanfaatkan drone untuk menghasilkan karya yang berkelas seperti video yang akan saya infokan dibawah ini.

Proses yang cukup panjang saya membuat sebuah karya ini, yang sederhana namun memberikan nuansa yang istimewa. Project bersama Lensakubus production untuk membuat video dengan presentase 90% drone dan 10% kamera bawah akhirnya selesai.

Project yang saya selesaikan sendiri yaitu pencariaan footage dan editing selesai dalam waktu kurang lebih 6 bulan karena keterbatasan waktu untuk mencari lokasi pemandangan yang dipilih selain itu karena pekerjaan tak bisa ditinggal begitu saja. Jadi menyempatkan waktu kalau ada waktu luang.

Project ini saya menyebutnya dengan judul “Wonderful Yogyakarta” yang berarti mengagumkannya Yogyakarta dari berbagai sisi, lebih ke alam dan kesegarannya.

Dengan durasi yang tak begitu panjang yaitu 3.10 menit semoga bisa memberikan pandangan bahwa Yogyakarta memiliki begitu luas lokasi yang menarik bukan hanya Candi Prambanan dan Malioboro, akan tetapi masih banyak lokasi-lokasi yang bisa dibilang bukan tempat wisata tapi bisa bikin nyaman dan menyegarkan suasana hati.

Video yang berdurasi 3.10 menit tersebut memperlihatkan berbagai tempat wisata dan alam yang ada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan berikut penjelasan lokasi mana saja yang ada dalam video tersebut.

Jembatan Mbeling Kulon Progo

Kereta Api melewati jembatan mbeling

Kereta Api melewati jembatan mbeling

Jembatan rel kereta api yang melintasi kali Progo di perbatasan kecamatan Moyudan Sleman dengan kecamatan Sentolo Kulon Progo, warga sekittar mengenalnya dengan sebutan jembatan Mbeling. Ini bukanlah tempat wisata namun lokasi ini begitu menarik untuk di dapatkan karena ada nuansa pedesaan yang menarik di lalui Kereta api dan berdekatan dengan sawah yang cukup lebar

BACA JUGA :  Candi Sambisari, Candi Bawah Tanah Dengan Ruput Hijaunya

Plengkung Nirbaya Gading

Plengkung Nirbaya Gading berlokasi di sebalah selatan alun alun selatan

Plengkung Nirbaya Gading berlokasi di sebalah selatan alun alun selatan

Bangunan Plengkung Gading menjadi sakral karena merupakan peninggalan budaya di kota Yogyakarta milik keraton Ngayogyokarto Hadiningrat. Terdapat menara sirine yang hanya dibunyikan pada dua momen khusus saja.

Bangunan ini memiliki lima gerbang utama, yakni : Plengkung Taruno siro di sisi utara, plengkung Madyasuro di sisi timur, plengkung Jagabaya di sisi barat daya, plengkung Jaga suro di sisi barat kesultanan kraton Yogya, dan plengkung Nirbaya/ Gading terletak di sisi selatan.

Kalau mau cara matahari terbenam disini bagus banget loh,..

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta

Semua para wisatwan kalau datang ke Yogyakarta belum foto disini begitu rugi karena inilah icon kota Yogyakarta. Tugu Yogyakarta adalah sebuah tugu atau monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Yogyakarta.

Tugu yang terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo ini, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Pada saat melakukan meditasi, konon Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak gunung Merapi.

Jalan Malioboro

Lokasi khas untuk berfoto di Jalan Malioboro Yogyakarta

Lokasi khas untuk berfoto di Jalan Malioboro Yogyakarta

Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim, dan lain-lain di sepanjang jalan ini.

Kini Jalan Malioboro semakinb berubah dan bersahabat bagi pejalan kaki karena sekarang jalan Malioboro terdapat jalur pendestrian.

BACA JUGA :  Liburan Pantai Sarangan Bareng Risma Al-Amin 2018 (part 1)

Komplek Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Taman sari menjadi salah satu icon yang wajib dihadirkan karena Taman sari sebagai bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Nampak dalam video yang terlihat adalah Bagian pertama terdapat pulau cemethi dan sumur gemuling, dan ada lagi umbul pasiraman.

Gunung Merapi

Panorama Gunung Merapi

Panorama Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung yang masih aktif sampai saat ini, begitu banyak korban yang merenggut dari letusan dan erupsi dari Gung Merapi. Selain itu Gunung Merapi adalah icon Yogyakarta sisi utara yang selalu memperlihatkan kemegahannya.

Begitu banyak spot-spot lokasi yang diberikan dan selalu membikin tenang suasana. Sedangkan video ini diambil sebelah timur kawasan Yogyakarta, bisa dibilang perbatasannya, berada di Kali Talang Klaten Jateng. Walaupun sebenarnya dekatnya ada Klangon yang juga memiliki panorama yang luar biasa.

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo / Barchan berlokasi di sebelah selatan kota Yogyakarta, berdekatan atau di himpit oleh pantai Parangtritis dan pantai Depok. Ini sebuah fenomena alam yang sangat menarik untuk disambangi.

Tempat ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo namun ada yang ngomong ini adalah Gumuk Pasir Barchan, kenapa begitu? ternyata begini, ini memang Gumuk Pasir Parangkusumo. Tapi secara sains, jenis gumuk pasirnya adalah Barchan. Gumuk pasir diklasifikasikan dalam beragam jenis.

Disini merupakan salah satu wisata yang ramai dikunjungi karena lokasinya sangat instagrammable, bisa bermain papan seluncur di pasir tersebut.

Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Titik nol km yogyakarta

Titik nol km yogyakarta

Titik nol tersebut terdapat di persimpangan Kantor Pos Besar. Lokasi ini sangat strategis karena berada pada pusat pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada sisi barat daya perempatan terdapat Bank BNI 46, Kantor Pos Besar dan Bank Indonesia pada sisi tenggara, monumen serangan umum 1 maret pada sisi timur laut, serta Gedung Agung pada sisi barat laut. Gedung Agung ini pernah dijadikan sebagai kantor kepresidenan ketika Yogyakarta menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Kemegahan The Lost World Castle Bersama Gunung Merapi

Panorama Sawah Nanggulan Kulonprogo

Panorama Sawah Nanggulan Kulonprogo

Panorama Sawah Nanggulan Kulonprogo

Melihat panorama sawah yang berwarna hijau lebat itu begitu menyenangkan, berada di sebelah barat dari Godean akan menemukan sebuah desa yang memiliki hamaparan sawah yang begitu besar. Bagi yang memiliki hobi fotografer pastinya lokasi disini sangat dinikmati dan digemari. Begitu banyak spot-spot tersembunyi yang menggoda anda untuk mengabadikan. Selain fotografer, penikmat sepeda juga sangat suka dengan spot-spot sawah seperti ini.

Alun-Alun Utara

Alun alun utara yogyakasta beserta kraton jogja

Alun alun utara yogyakasta beserta kraton jogja

Alun-alun utara atau dalam Bahasa Jawa disebut Alun-alun Lor merupakan salah satu land mark Kota Yogyakarta yang berupa sebuah tanah lapang yang berada di depan Keraton Yogyakarta. Disebut Alun-alun Lor karena di Kota Yogyakarta terdapat dua alun-alun yang letaknya di sebelah selatan dan utara dari Keraton Yogyakarta.

Alun-alun Lor berbentuk persegi dengan luas 150 x 150 meter dengan dua pohon beringin besar berpagar yang berada di tengah alun-alun. Dua Pohon Beringin Besar itu masing-masing diberi nama Kyai Dewandaru dan Kyai Wijayandaru. Pada masa lalu di sekeliling Alun-alun Lor ditanam 63 Pohon Beringin yang melambangkan umur Nabi Muhammad SAW.

Pesonona Gunung Api Purba Nglanggeran

Panorama Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Panorama Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Gunung api purba Nglanggeran merupakan gunung api yang aktif puluhan juta tahun lalu, namun saat ini sudah tidak aktif lagi. Gunung yang berbentuk bongkahan batu andesit raksasa ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk saat ini nglanggeran sudah menjadi objek wisata alam yang mulai populer.

Anda bisa mendaki ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Tapi jangan sampai terlewatkan di sekitar destinasi tersebut juga memiliki panorama yang tak kalah dan harus diabadikan untuk kenang-kenangan seperti dalam video sebuah sawah yang begitu besar dan penduduk yang ramah-ramah.

Previous Soto Mbak Jam, Soto Rasa Pas di Nglanggeran Gunungkidul
Next Umbul Sigedang Klaten, Dingin Tapi Bikin Ketagihan

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 236 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Traveling 2 Comments

Gembiraloka Zoo Bukan Seperti Dulu Lagi

Lensanasrul.com – Gembiraloka Zoo adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Berlokasi di Rejowinangun,

Traveling 0 Comments

Nekat, Mengejar Sunrise di Teluk Segoro Anakan Pacitan

Lensanasrul.com – Maaf sobat artikel baru saya tulis, sebenarnya ini traveling nekad terjadi pada 16 Mei 2015, bertepatan hari Isra’ Mi’raj. Traveling nekad/dadakan yang menuju timur kota pacitan untuk mendapatkan

Yogyakarta 0 Comments

Indahnya Yogyakarta dari Tempat Wisata Candi Ijo

Oke ternyata tidak terasa tahun 2014 akan selesai tinggal beberapa hari, Banyak kenangan yang tidak bisa saya ungkapkan di sini, namun saya merasa bahagia dan di resolusi 2015 aku ingin

4 Comments

  1. Dirman
    April 07, 12:28 Reply

    pesona sawah nanggulan termasuk salah satu tempat favorit saya sama isteri mas, biasanya banyak burung apa itu namanya, yang putih-putih.. apalagi sambil naik motor sampai goa kis kendo, waaaaaaah surgaaaaaa pokoknya 🙂

    • Bang Nasrul
      April 08, 22:46 Reply

      Jalur buat sepeda sangat sangat menarik, iya banyak burung “kuntul” gk tau bhs indonya pak hehe…

Leave a Reply