Umbul Sigedang Klaten, Dingin Tapi Bikin Ketagihan

Umbul Sigedang Klaten, Dingin Tapi Bikin Ketagihan

Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa tengah dengan letak geografis di sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo. Di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Gunungkidul (Daerah Istimewa Yogyakarta). Di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta) serta Kabupaten Magelang dan di sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Boyolali.

Kabupaten Klaten baru-baru ini sering diperbincangkan dikarenakan ada beberapa umbul yang begitu bersih namun banyak ikan dan juga interior keren didalamnya untuk selfi ria. Salah satu lokasi paling di gandrungi yang saya maksud adalah Umbul Ponggok, dan saya masih ingat saya datang di lokasi tersebut tahun 2014 (fotonya masih jelek) dan masih biasa saja, sedangkan kali ini semakin berubah dan makin bagus. Pastinya semakin banyak juga wisatawannya.

Di wilayah Klaten memang sangat banyak terdapat umbul yang memiliki mata air yang masih alami dan sama sekali belum tercemar oleh paparan polusi limbah rumah tangga. Maka dari itu karena saya sempat bermain di Umbul Ponggok, di hari minggu 1 april 2018 saya dan 2 rekanku mencoba menikmati Umbul Sigedang yang tak jauh dari Umbul Ponggok.

Ternyata oh ternyata, Air mineral Aqua yang merupakan air mineral yang sudah ngehits di Indonesia, sumber mata airnya dari mata air alami sigedang klaten. Saya makin bersemangat dengan ekspektasi airnya pasti jernih banget.

Menurut saya ini adalah lokasi alternatif bagi anda yang melihat umbul ponggok penuh sesak,  mendingan langsung saja menuju Umbul Sigedang Klaten karena hasilnya tak jauh beda tetap menarik semua serba bersih dan alami.

Memang beberapa minggu ini saya lagi ingin berenang, seperti sebelumnya saya juga berenang di Hotel Winotosastro Jogja walaupun sebenarnya saya tak bisa berenang, semoga dengan seringnya berenang saya jadi bisa, aamiin.

BACA JUGA :  Camping di Pantai Ngrumput Di Terjang Badai

Nah, kala itu saya menuju Umbul Sigedang sore hari ditempuh dengan waktu kurang lebih 1.30 jam, lihat google maps pasti langsung sampai karena titiknya pas.

Tiket masuk hanya Rp.3000,-/orang parkir standar seperti biasa lah harga jawa tengah hehe,  begitu murah dan pelayanan yang ramah dengan fasilitas kamar mandi, mushola, tempat makan, parkir semua ada. Tidak ada yang namanya sewa-sewa tempat, yang penting sih memberi rezeki untuk para penjual makanan maka anda akan mendapatkan tempat untuk nongkrong.

Dingin Tapi Bikin Ketagihan

Lokasi umbul sigedang yang menarik dan alami, membuat tubuh ini ingin segera masuk di dalam air dan menikmati bersama ikan-ikan yang berenang. Namun dari menariknya semua tersebut yang bikin saya kadang berfikir panjang karena airnya yang begitu dingin, padahal segar banget. Tapi karena rasa penasaran dan ingin mencoba, rasa dingin itu dihilangkan dan aku paksa untuk turun dari tumpukan batu. Ku mulai dari kaki dan menceburkan semuanya.

Sambil belajar berenang sambil menahan dingin

Sambil belajar berenang sambil menahan dingin

Maafkan foto sedikit blur karena saya dilokasi tersebut sudah menunjukkan waktu sekitar pukul 16.30 wib, selain itu sempat mendung yang membuat kamera action cam tak sanggup memberikan kualitas gambar terbaik. Selain itu waktu itu cukup banyak juga pengunjung (tetap bisa berenang dengan bebas), pasir di bawah tersebar dan membuat sedikit keruh, tapi cepat juga jadi jernih lagi.

Tak begitu banyak foto yang saya ambil karena cuaca dan waktu yang tak mendukung terlalu sore. Selain itu saya juga sudah tidak kuat dengan dinginnya air tersebut (saya menggigil berat) dan dipadukan hujan mengguyur lokasi tersebut.

Hujan datang dan sudah mengigil, tak lupa foto bareng biar seru

Hujan datang dan sudah mengigil, tak lupa foto bareng biar seru

Aku sih memberikan rekomendasi umbul sigedang bagi anda yang suka berenang. Foto di dalam air berenang bersama ikan yang cukup besar. Merekomendasikan apabila di umbul ponggok sudah penuh. Tapi jangan harap umbul sigedang sama seperti di umbul ponggok, karena disini fasilitas untuk bermain di dalam air masih minim. kalau mau kamera underwater sepertinya wajib bawa alat sendiri karena disini belum ada.

BACA JUGA :  Lawang Sewu, Sang Icon Semarang Dengan Legenda Cerita Mistisnya

Semoga informasi ini bermanfaat dan liburanmu menyenangkan. Kapan-kapan akan mencoba disini kembali dengan cuaca yang lebih baik agar dapat foto underwater yang di harapkan.

Previous Video Drone Rekam Keindahan Yogyakarta Dari Langit
Next Warung Kopi Merapi, Sederhana Tapi Punya Plusnya

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 244 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Yogyakarta 4 Comments

Beginilah Asiknya Desa Selopamioro Musim Kemarau

ari minggu, 17 September 2017 menjadi hari untuk belajar bareng dengan tim produksi foto dan Videografi sekaligus merayakan 1 tahun bermain dan berkarya bersama. Walaupun 1 tahun baru bertemu kita

Traveling Indonesia 0 Comments

Nekat Traveler, Pantai Nampu Istimewa

Pantai Nampu, Wonogiri Jawa Tengah Woyy,.. udah tidak terasa tahun 2015, sebelumnya saya Nasrul mau mengucapkan Selamat Tahun Baru 2015, yang semoga lebih wah (wahnya banyak banget jadi tidak udah

Traveling Indonesia 2 Comments

Cerita di Balik Keindahan Gunung Prau, Pendakian Perdana

Minggu ini (24/12/2017) aku lumayan sibuk sejak pagi hari. Ada project belajar yang harus diselesaikan yaitu memasang penguat sinyal internet. Sejak pagi otak-atik harus kelar dikarenakan di waktu berikutnya akan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply