Traveling Ke Bandung Murah Gaya Lensa Nasrul, 350 Ribuan

Traveling Ke Bandung Murah Gaya Lensa Nasrul, 350 Ribuan

B

andung adalah kota primadona bagi para pecinta wisata. Begitu banyak pilihan tempat wisata yang membuat kita kurang untuk menikmatinya walaupun selama seminggu berada di Bandung. Lensa Nasrul berkesempatan untuk backapker ke Bandung. Saya di temani oleh sahabatku yang emang sama sama ngebet ingin ke Bandung. Saya belum pernah ke Bandung sedangkan sahabatku pernah menetap kurang lebih 3 bulan untuk belajar kerja lapangan.

Tidak begitu lama waktuku untuk mengexplore dan melihat indahnya Bandung. Selama 2 Hari 1 Malam saya manfaatkan untuk menjelejah Bandung raya dan Bandung Barat. Persiapan kali ini bisa dikatakan lebih matang dari pada saat Backpacker ke Malang. Disini saya sudah mempersipkan membeli tiket berangkat dan pulang kereta api dan mencari penginapan sebelum dilokasi.

Perjalanan ke Bandung perdana saya lakukan pada tanggal 25 April 2017 dan kembali pada tanggal 28 April 2017, beginilah Gaya traveling aku ke Bandung harga murah meriah.

PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT KE BANDUNG

Sebelum melakukan perjalanan yang aku lakukan adalah membuat rute perjalanan. Rute perjalanan ini menjadi acuan saya selama di Bandung agar tidak menghabur-hamburkan waktu. Disini saya mengexplore ke Bandung Barat, rute terjauh terlebih dahulu yang aku singgahi dan dilanjutkan secara perlahan mendekat ke Kota. Selain itu karena saya menggunakan trasportasi kereta api, belilah tiket kereta api berangkat dan pulang. Di Bandung itu sering banget rame kereta apinya, jadi harap membeli tiket kereta sejauh mungkin waktunya. Coba baca artikel Tips membeli tiket kereta api.

Mau beli tiket kereta api disini saja, rekomendasi dari saya, klik sini.

Selain dua persiapan yang saya bahas, carilah tempat penginapan sebelum di lokasi. Sekarang makin canggih dalam memboking tempat penginapan. Banyak aplikasi untuk memboking penginapan namun yang saya gunakan kemarin ialah aplikasi agen Traveloka atau cari disini untuk kawasan Bandung kali saja dapat promo.

Tiket kereta ke Bandung dari yogyakarta seharga Rp.84.000 dari Stasiun lempuyangan dengan kereta api ekonomi Kahuripan. Total pengeluaran berangkat dan pulang Rp.168.000,- Sebenarnya saya mendapatkan diskon tapi disini saya publis untuk harga setandar, mau cari diskon cari saja di agen agen aplikasi booking tiket. Sedangkan untuk Penginapan saya mendapatkan harga termurah di bandung di Guest House yang saya rasa sangat cukup untuk tidur semalam dengan harga Rp. 60.000 di Manzila Guest House 1 kamar untuk 2 orang. Harga segitu tinggal sharing cost dengan teman traveling jadi per orang mengeluarkan dana Rp.30.000,-.

WAKTUNYA EXPLORE BANDUNG

Bandung sudah menanti, tanggal 25 april 2017, saya berangkat dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta menuju stasiun Kiaracondong Bandung dari pukul 18.15 Wib – 02.42 Wib. Selama perjalanan ini masih tidak ada kendala dan aman, sampailah di Stasiun Kiaracondong Bandung. Sempatkan untuk berhenti di Masjid untuk beribadah sholat subuh, menunggu sang matahari nampak dan dilanjutkan mencari Retal sepeda motor yang sebenarnya udah mendapatkan channel tapi tidak sesuai harapan. Akhirnya sempat terklantung-klantung di jalan dan alhamdulillah mendapatkan rental sepeda motor walaupun cukup jauh dari stasiun kiaracondong.

Rental sepeda motor waktu itu sempat boros, waktu 1 hari lebih 1/2 hari dapat harga Rp.150.000 untuk sepeda motor matic, tapi karena sudah mendesak waktu dan mempet sepeda motor itu tetap harus di ambil. Explore di hari pertama 26 april 2017 di mulai .

1. Menikmati Pemandangan Spot Foto Menarik Curug Cimahi

Curug CImahi Bandung

Keindahan Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi

Lokasi perdana yang di pilih adalah Curug Cimahi yang berada di Kertawangi, Cisarua, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tiket masuk Rp. 15.000/orang spot yang diberikan adalah pemandangan melihat Curug yang begitu tinggi yang sangat disayangkan, waktu itu saya tidak bisa sampai turun kesungainya dikarenakan sedang ada perbaikan jalan untuk menuju sungai tersebut.

Walapun begitu, saya cukup puas mendapatkan hasil di Curug CImahi dan saya mendapatkan beberapa foto yang menarik untuk sebauh kenang-kenangan karena sudah datang ke lokasi ini. Di Curug Cimahi terdapat beberapa ekor monyet yang siap menemani dikala menikmati suasana Curug Cimahi.

2. Wisata Ala Pedesaan Atau Rumah Hobbit Grafika Cikole

Garfika Cikole Lembang Bandung

Galau karena capek bersandar di rumah kecil khas Grafika Cikole

Di lembang memang surganya untuk penikmat wisata keluarga. Ada tempat yang menarik wisata alam yaitu Wisata Alam Grafika Cikole yang berlokasi di Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk masuk ke lokasi ini hanya Rp.30.000/orang mendapatkan kebebasan untuk berfoto di kawasan Grafika Cikole. Yang disajikan tempat wisata ini adalah tempat outbound, penginapan dan restoran yang menyajikan masakan sunda, chinese food dan seafood.

Harga tiket tersebut bisa ditukar dengan makanan gratis yang udah disiapkan dan tertera informasinya atau bermain Flying Fox. Nah disini kesalahan saya tidak sempat bermain Flying Fox dikarenakan udah melebihi waktu yang ditentukan, operasi Flying Fox kalau tidak salah sampai pukul 16.00 wib.

Karena sudah mulai larut malam, saya menuju tempat penginapan yang sudah saya pesan dilanjutkan wisata malam dikota-kota. Karena tidak membawa alat untuk mengabadikan akhirnya hanya keliling kota bandung sambil cari makan. Tanggal 26 april 2017 ditutup sampai pukul 12 malam cuma putar putar kota.

3. Melihat Kemegahan Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Temanku ini Gani suka banget dengan sepak bola di hari berikutnya 27 April 2017 kita mencoba explore stadion kebanggaan Bandung, Stadion yang dimaksud ialah Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Walaupun hanya melihat dari luar karena emang ketat pengawasannya, saya sudah merasa puas dan bangga akan kemegahan stadion tersebut.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api adalah sebuah stadion olahraga yang berada di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Stadion berada di antara ruas Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi KM 149 dan Jalan Bypass Soekarno-Hatta Bandung. Ini adalah Stadion kebanggan warga Bandung yaitu Tim biru Persib Bandung.

4. Wisata Hits Keluarga Framhouse Lembang

Rumah khas Eropa di Framhouse Lembang

Rumah khas Eropa di Framhouse Lembang

Disinilah spot terakhir perjalananku ke Bandung. Di sini saya yang paling lama disinggahi karena emang cukup nikmat dan waktu itu, walaupun bukan hari libur lokasi ini penuh dengan para wisatawan yang secara bergerombol ataupun hanya sekeluarga. Wisata hits keluarga yaitu Framhouse menjadi salah satu primadona Lembang. Belokasi di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, wisata Framhouse ini emang Instagramable karena arsitektur ala eropa dan ada rumah hobbit yang tak kalah ngehits dari wisata alam Grafika Cikole.

Harga tiket masuk Rp.20.000/orang mendapatkan gratis Susu yang enak dengan rasa berbeda-beda. Spot yang diberikan di Framhouse Lembang ilah Rumah Hobbit, bangunan bergaya Eropa, air terjun mini buatan dengan udara segar dan cafe gaya clasik serta spot animal. Aku disini mendapatkan beberapa spot menarik bisa bermain dengan domba dan selfi bareng hehe. Selalu aku nikmati proses perjalan dan kenikmatan ini.

5. Menginjakkan Kaki Di Alun-Alun Bandung

Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung

Sebelumnya sempat frustasi bakalan gagal untuk menginjakkan kaki di Alun-Alun Bandung dan melihat Indahnya Masjid Raya Bandung sebab kehujanan dipertengahan perjalanan kota yang begitu macet jam pulang kerja. Alhamdulillah ternyata masih diberikan sedikit waktu dan akhirnya bisa sholat ashar di Masjid Raya Bandung. Menginjakkan kaki di rumput sintetisnya Alun-Alun Bandung dan berfoto di depan Gedung Sate.

Selanjutnya tergesa-gesa untuk kembali ke Stasiun Kiaracondong waktunya kembalo ke kota asal Yogyakarta, dengan jadwal pulang yang sama pukul 18.15 wib. Sempat kebingungan akan kemacetan kota Bandung yang cukup parah disaat jam pulang kerja. Ini menjadi pembelajaran saya jika kapan-kapan datang lagi di Bandung, walaupun jalan di Bandung banyak yang satu arah dan lebar-lebar, masih saja disaat musim liburan dan jam pulang kerja macetnya tak tanggung-tanggung.

Dari semua perjalanan saya di Bandung selama 2 hari 1 malam estimasti yang saya keluarkan sebagai berikut :
Trasportasi berangkat Pulang : 84.ooo x 2 = 168.000
Sewa Sepeda Motor : 150.000 : 2 = 75.000
Sewa Penginapan : 60.000 : 2 = 30.000
Curug Cimahi : 15.000
Grafika Cikole : 30.000
Framhouse Lembang : 20.000
Total Pengeluaran : Rp. 338.000

Dari semua itu belum termasuk, makan, parkir dan dana dadakan. Tips cari dana irit ialah carilah waktu liburanmu bukan disaat musim libur atau tanggal merah karena biasanya harga hari biasa dan tanggal merah/musim libur bakalan berbeda di tempat wisata. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan, kalau ada salah kata bisalah di komen bawah biar saya edit.

Previous Menikmati Suara Ombak Di Pantai Pringjono
Next Kenikmatan Berbuka Puasa Di Masjid

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 178 posts

Blogger ingusan yang butuh ilmu dari kalian yang lebih berwawasan tinggi. Minat seputar Foto & Videography mohon bimbingannya

View all posts by this author →

You might also like

Yogyakarta 2 Comments

Pantai Sanglen & Watu Kodok, Jarak Dekat Beda Rasa

iburan itu tidak harus jauh, inti dari liburan adalah bagaimana kita merasa senang dan mendapatkan suasana baru dari kegiatan sehari-hari yang bikin pikiran terasa berat dan setelah liburan pikiran fresh

Jawa Tengah 0 Comments

Sehari Melangkah 3 Lokasi Wisata Di Semarang Terlampui

Lensanasrul.com -Halo gaes ngeblog lagi nulis lagi pengalaman saya jalan-jalan, Setelah kemarin berada di kota sendiri, gowes ke Goa Slarong, lanjut hari minggu 10/1/2016 mencoba menjelajah semarang dengan sepeda motor

Jawa Timur 0 Comments

Pantai Kedung Tumpang, Kolam Renang Alami dan Pesona Karangnya

Lensanasrul.com – Ini merupakan perjalanan yang saya tempuh menuju Tulungagung untuk mendapatkan pantai yang sedang hits di media sosial. Sebelumnya saya menulis artikel seputar pacitan, tentang Pantai Soge. Di hari

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply