Memanjakan Mata, Melihat Sunset di Embung Nglanggeran

Memanjakan Mata, Melihat Sunset di Embung Nglanggeran

Sudah 4 tahun ini saya belum berkunjung ke Embung Nglanggeran Gunungkidul, awal saya menikmati ngalnggeran tertulis artikel ini Eksotisnya Embung Nglanggeran.  Saya mengunjungi embung nglanggeran waktu itu bersamaan dengan bulan suci ramadhan.

Nah kali ini saya kembali mengunjungi embung nglanggeran tapi beda waktu, untuk kali ini sebelum bulan ramadhan tempatnya kemarin hari minggu, 13 Mei 2018. Tujuannya adalah mencari foto matahari terbenam/sunset dari embung Nglanggeran Gunungkidul yogyakarta.

Seperti biasa untuk motret pemandangan saya ditemani dengan teman seperjuangan mencari matahari terbenam yaitu Adi, teman sekampung dengan hobi yang hampir-hampir mirip.

Melihat kondisi yang cukup baik, matahari nampak gagah memancarkan cahayanya, akhirnya dengan ajakan spotan, embung nglanggeran yang sudah tidak dikunjungi selama 4 tahun akhirnya bisa dikunjungi kembali.

Perjalanan yang membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit dari pusat kota yogyakarta terlampui dengan perjalanan yang aman dan sesuai taget, sampai lokasi pukul 16.50 WIB.

Harga Tiket Masuk Embung Nglanggeran

Sesuai tanggal yang saya kunjungi untuk masuk di Embung Nglanggeran pengunjung harus membayar beberapa list yaitu Jasa pelayanan wisnus Rp.8.000,- untuk siang hari karena malam hari harga beda, Retribusi Pemkab Rp.2.000,- dan pakir Rp.2.000 untuk sepeda motor.

Mata Dimanjakan Oleh Keindahan Sunset di Embung Nglanggeran

Suasana embung nglanggeran matahari akan tenggelam

Suasana embung nglanggeran matahari akan tenggelam

Embung Nglanggeran letaknya berada di tenggara Gunung Api Purba Nglanggeran kira-kira berjarak 2 km. Alamatnya berada di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Dengan letak embung berada di puncak membuat lokasi Embung nglanggeran cocok untuk melihat matahari terbit dan terbenam.

Dari tempat parkir saya harus melewati anak tangga yang cukup bikin lelah, namun dengan kelelahan yang di dapatkan dari anak tangga tersebut, pencapaian tak sia-sia saya dapatkan. Mendapatkan matahari terbenam yang sangat indah.

Hasil sunset di embung nglanggeran gunungkidul waktu 17.41 WIB

Hasil sunset di embung nglanggeran gunungkidul waktu 17.41 WIB

Mata dimanjakan dengan indahnya sunset yang diberikan dari spot embung nglanggeran. Dengan susunan framing matahari terbit dan embung membuat bayangan matahari terlihat di air embung tersebut.

Dan tak terasa matahari terbenam begitu cepat memang tidak begitu puas karena baru mendapatkan beberapa bidikan. Selain itu hawa dingin dan kegelapan sudah menghampiri di embung nglanggeran dan pengunjung mulai pada pulang. Sesegera mungkin semua alat di masukkan tas langsung pulang mencari masjid atau mushola terdekat.

 

BACA JUGA :  Embung Batara Sriten, Embung Tertinggi di Yogyakarta
Previous Menikmati Senja Di Embung Tambakboyo
Next Gunung Merapi Tampak Mengagumkan Dari Bunker Kaliadem

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 243 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Traveling Indonesia 2 Comments

Menikmati Wisata Waduk Sermo Dengan Perahu

Waduk Sermo adalah sebuah waduk yang berada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Waduk ini dibangun mulai tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996. Tujuan pembangunan

Traveling Indonesia 0 Comments

Liburan Pantai Sarangan Bareng Risma Al-Amin 2018 (part 1)

Pantai selatan yogyakarta bagian timur atau bisa disebut dengan pantainya Gunungkidul menjadi destinasi tiap tahun untuk teman-teman Risma Masjid Al-Amin dalam membuat agenda pinkik tahunan setelah lebaran. Mayoritas anggota Risma

Traveling Indonesia 0 Comments

Gagal Mendapatkan Sunrise, Gunung Ireng Tetap Menawan

Ketika akhir pekan tiba dan bulan ini masih memasuki bulan ramadhan. Mencari sunrise setelah sholat subuh selalu menjadi agenda rutin untuk mencari kegiatan selama liburan akhir pekan selama bulan ramadhan.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply