Sebelum Ke Pantai Baron Baca Ini, Piknik Bareng Risma Al-Amin (part 2)

Sebelum Ke Pantai Baron Baca Ini, Piknik Bareng Risma Al-Amin (part 2)

Dari sekian pantai yang ada di Gunungkidul Yogyakarta, Pantai Baron adalah pantai yang paling populer. Kalau yang sudah tua-tua seperti se-umuran ayah kita mayoritas mereka tahunya hanyalah Pantai Baron di Gunungkidul kalau tidak yang Pantai Indriyanati padahal masih banyak Pantai yang wajib dicoba dengan pemandangan yang lebih istimewa menurutku.

Tentang Pantai Baron, tempat wisata ini menjadi pengalaman saya perdana. Karena setiap saya mengunjungi pantai di Gunungkidul, pasti yang akan saya datangi adalah pantai-pantai tersembunyi yang nyaman namun belum terlihat ramai beda kalau Pantai Baron, pantai ini sudah dikenal sebelumnya dan sudah begitu ramai.

Selain sebagai destinasi wisata, Pantai Baron merupakan Pusat Pelelangan Ikan (TPI) di Gunung Kidul, jadi jangan heran ketika kamu memasuki kawasan pantai akan terdapat banyak sekali perahu nelayan yang terparkir.

Ini merupakan liburan pertama di Pantai Baron dan ditemani oleh teman-teman Risma Al-amin, Liburan lanjutan setelah menikmati Pantai Sarangan Gunungkidul (24/6/2018).

Bagi yang belum tahu Pantai Baron pantai ini terlatak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Agar lebih intim yo kita explore Pantai Baron, jadi bagi kamu yang belum pernah ke Pantai Baron anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Beberapa poin yang Wajib anda ketahui dimulai dari artikel bawah ini.

Pantai Baron Pasir Berwarna Coklat kehitaman

Warna pasir di Pantai Baron berwarna Coklat

Warna pasir di Pantai Baron berwarna Coklat

Dari sekian pantai di Gunungkidul, pantai inilah yang memiliki pasir berwarna coklat kehitaman. Padahal mayoritas pantai di Gunungkidul lebih mencolok ke Pasir Putihnya serasa di Bali. Inilah bedanya Pantai Baron

Selain itu harap berhati-hati, walaupun Pantai Baron ini terhimpit oleh tebing yang tingg. Tetap berhati-hati karena ombak disini cukup besar.

BACA JUGA :  Liburan Pantai Sarangan Bareng Risma Al-Amin 2018 (part 1)

Ada Sungai Bawah Tanah

Dibelakang adalah jalan Sungai bawah tanah di Pantai Baron

Dibelakang adalah jalan Sungai bawah tanah di Pantai Baron

Inilah uniknya Pantai Baron, dari tebing sebelah barat Pantai baron ada Air sungai bawah tanah yang cukup bersih melewati pantai Baron dan membelah pantai ini yang membuat para pengunjung harus menaiki perahu terlebih dahulu jika ingin menikmati pantai Baron untuk bermain air.

Walaupun berada dekat dengan pantai, air bawah tanah ini tetap memiliki rasa air tawar. Jika tidak ingin bermain ke pantai bisa bermain di air tawar ini tetap seru, tapi hati-hati ada yang dalam.

Jalur Sungai Air Tawar Kadang Berubah-ubah

Sewa Perahu untuk menyebrang sungai tawar yang kadang berubah-ubah

Sewa Perahu untuk menyebrang sungai tawar yang kadang berubah-ubah

Siklus alam memang unik dan tak terduga dan seperti jalur sungai air bawah tanah di pantai Baron. Jalur air kadang berubah-ubah. Bisa saja dari lorong langsung keluar menuju laut. Atau seperti saat saya kunjungi jalur air sungai memotong pantai Baron yang hasilnya kalau ingin menikmati Pantai Baron dan bermain air kita harus naik perahu terlebih dahulu agar bisa berada di bibir pantai.

Untuk menggunakan transportasi perahu, anda hanya mengeluarkan Rp.10.000,- saat berangkat sedangkan saat pulang anda bebas menggunakan tidak dipungut biaya. Inilah keunikan dari Pantai Baron yang tak terduga.

Terdapat Mercusuar

Mercusuar di Pantai Baron Gunungkidul

Mercusuar di Pantai Baron Gunungkidul

Pemandangan di Pantai Baron terbilang cukup indah, terutama jika kamu naik di tebing sebelah timur pantai, dari atas tebing tersebut kita bisa melihat seluruh kawasan Pantai Baron, kerennya lagi diatas tebing ini juga terdapat mercusuar. Sayangnya saya belum sempat menikmati Mercusuar tersebut dikarenakan keterbatasan waktu dan sudah begitu sore.

Selanjutnya jika saya menuju Pantai Baron harus mencoba naik di mercusuar ini biar merasakan indahnya Pantai Baron. Kabarnya untuk naik di Mercusuar ada retribusinya kurang sekitar Rp.5.000,-

Foto bareng sebelum pulang, yang naik sepeda motor tidak keikut foto

Foto bareng sebelum pulang, yang naik sepeda motor tidak keikut foto

Nah itulah beberapa informasi tentang Pantai Baron yang wajib anda ketahui sebelum menuju Pantai Baron agar lebih paham saja medannya. Selain itu tidak kebingungan apa yang akan dinikmati di lokasi tersebut.  Apabila sudah mengunjungi pantai ini jangan lupa untuk membeli souvenir ataupun kenang-kenangan dari Pantai Baron karena di pantai ini sangat lengkap fasilitasnya dari fasilitas tempat ibadah, rumah makan, toilet, penjual souvenir, gardu pandang dan banyak lagi.

BACA JUGA :  Pesona Mengagumkan Gunung Purba Nglanggeran

Retribusi ke pantai Baron Rp.10,000,- saat artikel ini di publikasi.

Previous Dari Jakarta ke Bali Lewat Jalur Darat, Wajib Coba Petualangan Berbeda Ini
Next Legal, Begini Cara Daftar Shutterstock Tanpa Paspor

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 240 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Traveling Indonesia 0 Comments

Liburan Ke Pantai Drini & Puncak Kosakora Bersama Risma AL-Amin

Ramadhan sudah terlewati dan kini sudah memasuki bulan syawal dan blog Lensa Nasrul bisa ngisi artikel lagi. Seperti biasa penutupan agenda teman-teman Risma Al-Amin setelah berkarya selama bulan ramadhan dengan

Traveling Indonesia 0 Comments

Sehari Melangkah 3 Lokasi Wisata Di Semarang Terlampui

Lensanasrul.com -Halo gaes ngeblog lagi nulis lagi pengalaman saya jalan-jalan, Setelah kemarin berada di kota sendiri, gowes ke Goa Slarong, lanjut hari minggu 10/1/2016 mencoba menjelajah semarang dengan sepeda motor

Traveling Indonesia 0 Comments

Jamnas Honda Life dan Kei Car #2 – Hari 2

Lensanasrul.com – Masih seputar cerita saya di Malang, di event Jambore Nasional #2 Honda Life dan Kei Car. Ini merupkan hari ke 2 saya di Malang, Baca artikel sebelumnya agar

2 Comments

  1. Dirman
    August 08, 18:55 Reply

    Menyenangkan jika berlibur/wisata dengan teman-teman, rame-rame, bahagia sama-sama 🙂

    • Bang Nasrul
      August 09, 07:00 Reply

      Nah betul pak kadang piknik bareng teman banyak kadang beberapa untuk mencari konten

Leave a Reply