Keindahan Kali Talang Wisata Geopark Lereng Merapi

Keindahan Kali Talang Wisata Geopark Lereng Merapi

Berada tak jauh dari Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Klaten, terdapat lokasi asik, sejuk dan bisa dibilang masih baru karena masih jarang yang mengunjungi tempat wisata Geopark ini. Lokasi yang saya maksud adalah Wisata Geopark Kali Talang yang, berlokasi di Balerante, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kali Talang menjadi salah satu spot yang dapat melihat Gunung Merapi yang indah yang jaraknya cukup dekat.

Kenapa saya bilang baru? sebenarnya tempat wisata ini tidak begitu baru, hanya saja karena masih sepi saya bisa merasakan nikmatnya melihat aktivitas para pencari rumput untuk makan hewan atau menikmati indahnya pesona yang diberikan Kali Talang. Padahal saya datang disini pada hari minggu, 8 Oktober 2017 ternyata ya sepi gitu.

Asal mula saya bisa kesini karena ada sebuah pekerjaan membuat video teaser event sepeda Enduro dan Downhill yang merupakan event perdana di Kali Talang (Kali Talang Bike Park). Track yang masih baru bagi kalian penikmat sepeda ndronjong (turunan dalam bahasa jawa) wajib mencoba tempat ini karena saat melihat tracknya cukup menarik.

Kalitalang Bikepark

Persiapan sebelum melakukan pembuatan video

Kalitalang bikepark
Kalitalang bikepark 

Untuk menuju ke Kali Talang jalurnya sama seperti menuju gardu padang Klangon hanya saja untuk Kali Talang ini berada di sebalah kanan dari Gardu Pandang Klangon, terdapat petunjuk menuju Kali Talang, lebih jelasnya bisa melihat peta yang saya share di bawah ini. Apabila sudah sulit menggunakan GPS di kawasan lereng Merapi paling nyaman langsung tanyalah ke penduduk sekitar untuk rute ke Kali Talang.

Wisata di Tali Talang termasuk masih sederhana namun yang bikin tidak sederhana adalah pemandangan/panorama yang diberikan. Ucapan syukuran harus diucapkan karena bisa melihat indahnya hasil dari Sang Pencipta. Karena Kali Talang masih baru, fasilitas yang diberikan masih belum banyak seperti warung dan tempat parkir sudah ada, hanya saja saat saya berada di sana masih belum ada tempat untuk menunaikan ibadah sholat, disinilah saya merasa kebingungan karena jarak dari pekampungan lumayan cukup jauh.

Serasa sejuk bermain di Kali Talang dan begitu indah

Gardu pandang untuk melihat eloknya Gunung Merapi

Gardu pandang untuk melihat eloknya Gunung Merapi

Untuk Harga Tiket Masuk masih terbilang murah hanya saja saya tidak mengamati dikarenakan disini saya membuat sebuah video jadi saya diberikan leluasa dan tidak membayar tiket.

Daya tarik terhebat dari Kali Talang adalah panorama gunung merapi dipadukan oleh jalur sungai yang besar atau jalur lahar dingin yang begitu besar dan sangat curam. Sedangkan di Kali Talang terdapat gardu pandang yang siap memanjakan mata anda dan memanjakan lensa kamera yang siap membidik keindahan ini.

Andai saja tidak mendung pasti foto ini terlihat sangat istimewa sekali

Video diatas adalah teaser event fun enduro dan downhill yang telah kami buat (Lensakubus Production). Sebagai referensi kalau ingin mengetahui indahnya Kali Talang, hanya sangat disayangkan saat pembuatan video tersebut di lereng Merapi sedang tertutup kabut, jadi Gunung merapi tidak terlihat. Jadi kalau ingin ke Kali Talang datanglah disaat musim yang cerah agar bisa memandang Gunung Merapi dan eloknya panorama sekitar Kali Talang.

BACA JUGA :  Candi Plaosan Lor Tercapai Menggunakan Sepeda
Previous Sulit Instal, Beginilah Instal Bima Tri di Windows
Next Wajib Baca, Cara Registrasi Kartu Prabayar SIM Perdana Lama Atau Baru

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 211 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Traveling 2 Comments

Jalur Pedestrian Bikin Betah Di Malioboro

iapa yang tidak kenal dengan kawasan Malioboro, lokasi yang pasti di kunjungi oleh berbagai wisatawan lokal dan manca. Malioboro nama yang biasanya disamakan dengan nama rokok Malboro. Belum lama ini

Traveling 2 Comments

Keseruan Melihat Kejuaraan Pacuan Kuda di Lapangan Pacuan Sultan Agung Yogayakarta

ejak pagi yang gelap sampai mulai terang secara pelan-pelan, Yogyakarta di guyur hujan yang sedang namun rata. Awan yang gelap menyelimuti kota yogyakarta membuat aku tak bisa jalan-jalan menikmati hari

Traveling 16 Comments

Penuh Kenangan dan Pengalaman, The Best Traveling Moment 2016

idak disangka-sangka tahun 2016 begitu cepat berlalu. cerita di tahun 2016 begitu menarik bagiku dan mendapatkan pengalaman baru yang sungguh luar biasa. Peristiwa yang menjadi kenangan seumur hidup dan kelak

2 Comments

  1. Soni
    November 26, 11:27 Reply

    Mas Nasrul, Fotonya pakai Kamera apa ini?

Leave a Reply