Google Maps Offline Untuk Navigasi Saat Traveling

Google Maps Offline Untuk Navigasi Saat Traveling

S

eiring dengan perkembangan teknologi, sekarang melakukan traveling lebih dimudahkan dan semua serba simple. Berbagai aplikasi yang tersedia seperti membeli tiket kereta api, pesan hotel dan peta navigasi semua sudah ada dengan segenggam tangan. Saya mau menceritakan pengalaman menggunakan salah satu aplikasi milik google yang sangat membantu untuk liburan disaat kebingungan dengan lokasi yang dipilih. Saya menggunakan Google maps offline untuk navigasi arah dan sangat membanti disaat lokasi tidak memiliki sinyal yang bagus.

Ini adalah cara untuk menjaga-jaga di saat tempat yang akan dikunjungi koneksi internet tidak begitu bagus, kalau bagus mendingan pakai Google Maps Online karena fitur lebih lengkap.

Penerapan Google Maps Offline Saat Traveling

Apabila Anda bepergian ke tempat yang Internetnya lambat, tarif data selulernya mahal, atau tidak ada koneksi Internet, Anda dapat menyimpan area dari Google Maps ke ponsel atau tablet dan menggunakannya saat offline, persiapan mengunduh peta offline disaat anda berada di lokasi terbaik sinyal internet. Dengan catatan “Pengunduhan area offline tidak tersedia di beberapa wilayah karena pembatasan kontrak, dukungan bahasa, format alamat, atau alasan lainnya“.

Persiapkan peta perjalananmu sebelum berangkat dilokasi yang anda tuju, unduh petanya dan gunakan tanpa sinyal internet/matikan sinyal internet dan hanya hidupkan GPS maka peta offline akan berjalan.

Anda bisa mendapatkan petunjuk arah mengemudi saat offline, namun tidak halnya dengan petunjuk arah angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Dalam petunjuk arah mengemudi, Anda tidak mendapatkan informasi lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur. Anda juga tidak dapat mengubah rute seperti menghindari tol atau kapal feri.

Bagaimana Cara Download & Penggunaan?

Tidak begitu sulit untuk unduh peta offline dan penggunaan. Untuk penggunaan yang penting data internet mati dan berada di lokasi peta yang di unduh sebelumnya. Sedangkan untuk cara mendownload peta bisa di baca di sini : Mengunduh Area Offline di Google Maps.

  1. Pastikan kamu sudah punya aplikasi Google Maps, kalau belum sihkan cari di Playstore dan jangan lupa selalu di update.
  2. Pastikan terhubung internet, untuk unduh peta offline
  3. Buka aplikasi google maps
  4. Buka menu di google maps dan pilih Area offline
  5. Pilih area khusus
  6. Atur peta yang akan di download, di bawah kota akan tercatat berapa memori file yang akan didownload karena cara mempengaruhi memori file
  7. Jika sudah merasa cocok lokasi, tinggal klik Unduh.
  8. Proses selesai dn siap digunakan.
BACA JUGA :  Sulit Instal, Beginilah Instal Bima Tri di Windows

Peta offline ada masa kadaluarsa, gunakan wifi (rekomendasi) atau data internet untuk selalu mengupdate peta offline yang dipakai. Terima kasih sudah membaca artikel Pemanfaatan Google Maps Offline untuk Traveling, jangan lupa berikan pendapat terbaik atau komentar yang menarik.

Previous Jalur Pedestrian Bikin Betah Di Malioboro
Next Keliling Kota Solo Bareng Dua Hijaber

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 244 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

5 Cara Menikmati Perjalanan Dengan Kereta Api

Untuk saat ini Kereta Api menjadi salah satu alat transportasi favorit para pelancong yang akan bepergian jauh dengan dana yang cukup murah. Saya sendiri juga suka dengan kereta api apabila

7 Tips Membeli Tiket Kereta Api Saat Mudik Lebaran

Tidak terasa sudah hampir lebaran. Lebaran menjadi rutinitas penduduk indonesia untuk pulang kampung ataukah liburan. Akan tetapi, disaat musim lebaran kalian pasti dipusingkan dengan bejubelnya para pengguna alat transportasi kereta

Tips Tempat Media Penyimpanan Foto Hasil Motret Sendiri Terbaik

Sebagai penikmat fotografi dan liburan, kumpulan foto yang sudah diabadikan pastinya bakal memenuhi hardisk internal komputer. Ini menjadi masalah serius karena apabila foto tersebut di buang, maka akan kenangan dan

1 Comment

Leave a Reply