Liburan Pantai Sarangan Bareng Risma Al-Amin 2018 (part 1)

Liburan Pantai Sarangan Bareng Risma Al-Amin 2018 (part 1)

Pantai selatan yogyakarta bagian timur atau bisa disebut dengan pantainya Gunungkidul menjadi destinasi tiap tahun untuk teman-teman Risma Masjid Al-Amin dalam membuat agenda pinkik tahunan setelah lebaran. Mayoritas anggota Risma adalah penikmat pantai, maka dari itu Pantai menjadi destinasi favorit mereka.

Tercatat dalam blog ini, ada 4 pantai yang sudah di explore dengan teman-teman risma, yaitu Pantai Ngandong, Pantai Ngrumput, Pantai Watu Kodok, Pantai drini dan kali ini destinasi yang dituju adalah di Pantai Sarangan (satu komplek dengan pantai krakal). Dalam blog ini tercatat hanya penjelasan sebelumnya yang telhat tertulis sedangkan kalau di hitung sudah cukup banyak bermain dengan mereka.

Pemilihan Hari minggu, 24 Juni 2018 sebagai hari liburan barengnya karena agar bisa membagi waktu agar bisa silaturahmi terlebih dahulu dengan keluarga masing-masing dan di hari itulah waktu yang tepat sebelum hari senin sudah ada yang mulai berangkat kerja.

Pantai Sarangan Menjadi Lokasi Yang Terpilih.

Pantai Sarangan adalah salah satu pantai di kawasan Gunungkidul yang memiliki pasir putih dan datarannya terdapat karang, selain itu pantai ini tidak jauh dari beberapa pantai dan di himpit oleh beberapa tebing. Untuk menuju Pantai Sarangan tidak begitu sulit karena rutenya sama seperti ke Pantai Krakal. Pantai sarangan sendiri berada di sebelah barat dari pantai Krakal.

Di sebelah barat dari pantai sarangan terdapat icon pantai krakal yang belum lama ini didirikan sekitar tahun 2016. Icon baru yang lebih menyerupai kerangka ikan tersebut, terbuat dari cor semen yang di cat dengan warna kuning. Bangunan unik icon baru pantai Krakal tersebut, menjadi tujuan lain wisata di pantai Krakal.

Pantai Sarangan terpilih menjadi lokasi untuk liburan bareng karena yang pertama hampir semua anggota belum pernah mencoba pantai tersebut dan yang kedua karena transportasi yang kami gunakan bisa masuk sampai di lokasi pantai tersebut.

BACA JUGA :  Ada Kebun Teh di Desa Nglinggo Kulon Progo

Seperti biasanya dengan harga tiket masuk Rp.10.000 anda sudah bisa menikmati beberapa wisata yang begitu bagus-bagus di Gunung kidul, kalau di artikel saya yang sudah tercatat, anda sudah bisa masuk di pantai Seruni, Pantai Baron, Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watulawang, Pantai Watukodok dan masih banyak lagi dengan membayar tiket yang tertera sebelumnya.

Di pantai sarangan ini saya sampai lupa untuk mengabadikan lokasinya dengan teknik keindahan. Makanya hasil foto disini bisa dibilang tidak begitu bagus karena foto yang saya ambil untuk mendokumentasi teman-teman saja. Pantai Sarangan sebagai pantai yang tidak begitu besar saya rasa untuk fasilitas sudah cukup memadai, mungkin karena berada di sebalah dari pantai krakal yang sudah begitu lebih terkenal jadi Pantai Sarangan kena imbasnya dalam segi ekonomi.

Seperti pantai Krakal, Pantai Sarangan tidak begitu dirokemdasikan bagi anda yang suka berenang karena disini karang yang berada di pantai cukup mengganggu. Jadi itulah alasannya kami bermain disini tidak begitu lama dan dilanjutkan ke Pantai Baron. Untuk pantai Baron akan dilanjutkan di artikel selanjutnya.

Kondisi di Pantai Sarangan saat air surut

Kondisi di Pantai Sarangan saat air surut

Bermain pasir putih dari pantai Sarangan gunungkidul

Bermain pasir putih dari pantai Sarangan gunungkidul

Kalau sekedar buat bersantai, Pantai disini boleh juga karena dilokasi ini terdapat beberapa gazebo dan tikar yang bisa disewa. Tinggal pilih aja sesuka anda yang penting bagaimana agar liburan terasa menyenangkan.

Menikmati Pantai dengan membawa tikar sendiri

Menikmati Pantai dengan membawa tikar sendiri

Tikar sewa yang bisa digunakan cukup lama

Tikar sewa yang bisa digunakan cukup lama

Jangan tanya saya dimana, sudah kelihatan kalau saya berada di belakang layar hehe.. Nah karena saya ini orang yang tidak bisa diam disaat berada di tempat yang belum pernah saya kunjungi. Langsung saja sendirian jalan-jalan menikmati lokasi pantai Sarangan dengan menenteng sebuah kamera yang selalu menemani saya, saat melakukan liburan ataupun perjalanan.

BACA JUGA :  Berwisata di Pantai Goa Cemara dan Ibu Arisan

Dimulai dari sisi timur dari Pantai Sarangan, ada sebuah karang yang besar dan bisa dilalui dengan berjalan kaki. Ada beberapa tempat yang menarik dan salah satunya ada sebuah tempat peristirahatan dan bisa memandang area luas dari laut yang di pandang. Sedikit merinding waktu itu sendirian dan hanya terdengar suara ombak dan angin yang cukup kencang.

Pantai Saranngan Gunungkidul

Pantai Sarangan Gunungkidul

Pantai Sarangan Gunungkidul

Dari karang besar yang berada di sebalah timur pantai sarangan, saya bisa melihat keindahan alam seperti dalam foto 3 diatas ini. Saya ambil dari tempat peristirahatan dan saya fokus ke bagian sisi barat. Sedangkan jika melihat disisi timur maka yang akan dilihat ialah Pantai Krakal.

Okelah cukup puas bisa melihat keindahan dan suara deburan ombak dari sisi karang wilayah timur. Karena saya begitu penasaran dengan Icon kerangka ikan yang berwarna kuning cukup besar itu, akhirnya saya turun dan menuju Bukit yang berada di sebelah barat dari Pantai Sarangan.

Untuk menuju Icon kerangka ikan itu tinggal mengikuti jalan cor blok yang cukup menguras tenaga namun sebelum saya menuju lokasi tersebut saya mencoba melihat keindahan alam dari Pantai Sarangan dari sisi tebing sebelum icon kerangka ikan itu. Sedikit blusukkan sih, tapi saya nikmati jadi tidak begitu capek walaupun hanya sendirian.

Melihat Pantai Sarangan Gunungkidul dari tebing sisi barat

Melihat Pantai Sarangan Gunungkidul dari tebing sisi barat

Dengan menaiki tebing sisi barat ini, saya bisa mengabadikan Pantai Sarangan dengan utuh, pantai yang tidak begitu besar banyak karang tapi tetap nikmat untuk bersantai.

Ku kembali melanjutkan perjalanan menuju Icon Pantai Krakal yaitu kerangka ikan. Bagi anda yang tidak mau capek-capek untuk menuju icon tersebut anda bisa menggunakan sepeda motor sewa di tempat yang telah tersedia, untuk harga sewanya mohon maaf saya tidak sempat bertanya karena saya hanya berjalan kaki untuk menuju lokasi tersebut.

Icon Pantai Krakal Gunungkidul

Icon Pantai Krakal Gunungkidul

Setelah berjuang sambil menikmati perjalanan menuju Icon pantai krakal ini akhirnya saya sampai berada di posisi dalam foto. Nampak disini anginnya begitu luar biasa. Topi yang saya pakai selalu saya pegang dan saya tekan takut kalau terbang. Walaupun icon ini berada di Pantai Sarangan namun icon  ini tetap menjadi icon utama untuk Pantai Krakal karena pantai krakal sudah dikenal lebih dahulu dari pada Pantai Saranagan.

BACA JUGA :  Pantai Ngobaran dan Ngrenehan Awal Perjalananku

Begitu banyak yang foto di lokasi ini ada yang sendirian, bersama teman-taman ataupun keluarga. Namun karena terlalu banyak pengunjung saya tidak begitu minat foto di lokasi ini saya malah mencoba untuk mengabadikan diri sendiri dari sisi barat Icon kerangka ikan.

Melihat indahanya Pantai Selatan Gunungkidul

Melihat indahanya Pantai Selatan Gunungkidul

Pesona keindahan alam inilah yang membuat saya terpana dan ingin mengabadikan diri sendiri. Untung saja saya sudah mempersiapkan diri dengan membawa tripod karena dengan tripod inilah saya bisa mengexpresikan diri apa yang ingin saya dapatkan. Kadang meminta bantuan tidak mendapatkan hasil yang di harapkan hehe..

Setelah selesai mengexplore tempat-tempat yang begitu menarik bagiku saya mulai kembali turun untuk bertemu dengan teman-teman duduk bareng di tikar sambil menikmati pantai dengan matahari yang cukup menyengat namun tetap tertolong dengan pepohonan disekitar.

Ada perundingan dari teman-teman tentang tempat yang tidak begitu nyaman untuk berenang karena banyak karang dan dengan keputusan bersama-sama akhirnya kami meninggalkan pantai ini begitu cepat dilanjutkan menuju destinasi ke-2 yaitu Pantai Baron sebagai pengganti pantai Sarangan.

Previous Terpopuler, Inilah Software Untuk Mengakses Internet Saat ini

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 236 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Traveling 2 Comments

Keseruan Melihat Kejuaraan Pacuan Kuda di Lapangan Pacuan Sultan Agung Yogayakarta

ejak pagi yang gelap sampai mulai terang secara pelan-pelan, Yogyakarta di guyur hujan yang sedang namun rata. Awan yang gelap menyelimuti kota yogyakarta membuat aku tak bisa jalan-jalan menikmati hari

Yogyakarta 0 Comments

Pantai Ngobaran dan Ngrenehan Awal Perjalananku

Ombak yang perlahan dan tenang itulah pantai Ngrenehan Awal februari 2014 di mana saya mulai suka dengan acara jalan-jalan dan menikmati pemandangan, memang ini blog belum saya buat maka dari

Jawa Tengah 0 Comments

Candi Barong, Pesona Candi dan Pemandangannya

Lensanasrul.com – Kesibukan yang aku lalui beberapa hari ini membuat artikel ini baru saya tulis untuk memberikan informasi bagi teman-teman yang suka jalan-jalan atau bersepeda. Bersepeda ke Candi Barong dari

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply