Embung Kledung Pesona Himpitan 2 Gunung Istimewa

Embung Kledung Pesona Himpitan 2 Gunung Istimewa

P

ernahkan kalian mendengarkan lagu yang liriknya seperti ini “Rebahkanlah tubuh, Di tempat tinggi tak berpenghuni, Lupakan sejenak masalah duniamu, Lembut sang awan ‘kan menyambutmu, Bermimpi ku berada, Hanya ada aku dan teman-temanku, Di tempat indah yang tak terjamah, Bahagia, bahagiaku cukup sederhana, Mimpi-mimpi tak seperti mimpi, Tak sanggup membayarnya, Tak terhingga, sekalipun harta dan tahta“, yap itu adalah penggalan dari lirik lagu yang berjudul Puisi Alam dari band bergenre folk Fourtwnty.

Salah satu band favorit di saat menjamah didaerah yang sejuk nan sepi sembari menikmati dan juga mencari sebuah gambar untuk kenangan dan pengalaman baru. Lagu ini dan beberapa lagu lainnya aku dengarkan di saat menikmati pesona yang indah saat berada di Embung Kledung, Temanggung, Jawa Tengah.

"DIRGAHAYU INDONESIA 72th, MERDEKA…!!! JAYALAH INDONESIA"

Saya mau menceritakan sedikit kenapa saya bisa ke Embung Kledung. Di hari Kamis, 17 Agustus 2017 saya memiliki niat untuk menuju wisata alam posong, dan ke 2 kalinya termasuk dalam cerita ini gagal karena pertama sudah mendung plus sore dan untuk kali ini ada renovasi jalan akan selesai pengerjaan sampai dengan 10 oktober 2017.

Padahal udah berfikir bakalan membuat foto yang keren bawa bendera merah putih (tidak ketemu penjual bendera, zonk) dipadukan pemandangan gunung yang sangat indah. Walaupun gagal tidak seperti yang dibayangkan, proses perjalanan ini tak sia-sia. Tanpa disengaja saya bisa menikmati Embung Kledung yang mempesona terhimpit oleh 2 Gununung Istimewa yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Embung Kledung adalah salah satu wisata di temanggung yang masih polos karena masih baru, wisata waduk mini atau waduk buatan yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan. Seperti embung-embung lainnya, kegunaan embung adalah mengatasi kesulitan air pada musim kemarau. Namun kalau hanya di buat sebagai penampung air pada musim kemarau kurang greget, pihak masyarakat dan terkait membuat tempat ini semakin menarik untuk wisatawan karena tempat ini emang cocok sekali untuk melihat pemandangan yang indah karena bisa melihat 2 gunung yaitu Sindoro dan Sumbing.

Pemandangan gunung Sumbing

Pemandangan gunung Sumbing

Berlokasi di jl. Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Kledung merupakan desa yang sangat indah bisa di bilang duplikatnya Lembang Bandung karena sawah yang menarik di tambah pesona gunungnya, selain itu hawa yang dingin menjadikan serasa suasana lembang ada di desa Kledung, Temanggung.

Tak sulit untuk menuju Embung Kledung, hanya saja persiapan matang untuk kendaraan juga perlu di perhitungkan karena jalan untuk ke Embung Kledung menanjak dan mulai masuk di jalan perkampungan jalannya tidak beraturan karena hanya bebatuan yang sudah tertata rapi.

Jangan sampai terlewatkan suasana desa Kledung yang indah, beberapa kali saya nikmati dan selalu berhenti untuk mencari foto sebagai referensi bagi anda yang ingin datang kesini. Begitu indah dan selalu mengucap syukur akan karunia Allah yang diberikan dan indahnya Indonesia menjadikan saya bangga terhadap diri sendiri bahwa saya ini orang Indonesia.

Mayoritas petani di Kledung adalah petani tembakau, jadi saat melewati jalur yang akan menuju Embung Kledung anda bakalan di suguhi berderet tanaman tembakau ataupun tembakau yang sedang di keringkan.

Embung Kledung Temanggung

Jangan lupa foto disini bareng teman

"Harga Tiket Masuk Embung Kledung Rp.6.000,-"

Saat artikel di tulis

Dengan harga tiket segitu saya sudah membayar parkir, dapat stiker dan saya mendapatkan pemandangan yang indah seperti foto yang ada di artikel ini.

Untuk pesona yang didapatkan adalah Embung yang begitu bersih dan terdapat ikan yang cukup besar, mungkin kalau ada pemancing sudah habis itu ikan. Selain itu seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa pemandangan yang di hadirkan disini sangatlah indah dari para petani yang sedang bekerja dan juga pemandangan 2 Gunung yaitu Sindoro dan Sumbing.

Ada sebuah gardu pandang yang sebenarnya wajib dicoba, lumayan bisa buat ngisi feed instagram biar lebih hits dan sekalian mempromosikan wisata Embung Kledung. Namun yang sangat disayangkan adalah banyak sekali coret-coretan yang sebenarnya tak harus dilakukan, karena mayoritas yang datang di lokasi ini adalah anak muda yang masih duduk di bangku sekolah.

Untuk fasilitas yang saya temui hanyalah tempat parkir, sedangkan untuk kamar mandi saya belum melihat. Untuk penjual makanan ada beberapa penjual kecilan untuk mengisi perut saat cuaca dingin sejuk.

Embung Kledung

Memandang Embung dan Gunung Sumbing

Embung Kledung Temanggung

Begitu indah untuk di lupakan

Gardu pandang embung kledung

Loh mau aku foto biar cantik kog malah turun

Rasanya ingin disini duduk santai terus sambil menikmati pemandangan tanpa beban, tapi ini bukan rumah saya, rumah saya di yogyakarta dan saya harus pulang karena hari besok kembali kerutinitas rutin yaitu kerja. Hanya penikmat liburan di tanggal merah ya… di maksimalkan sebisa mungkin untuk mendapatkan pengalaman baru yang tak terhingga.

Karena Wisata alam posong gagal akhirnya aku beranjak pulang dengan santai sambil menikmati proses perjalanan pulang dengan sepeda motor bututku. Saya tidak menampakkan foto Gunung Sindoro karena waktu itu awan menutupi gunung tersebut, jadi kalau saya publikasi kurang menarik juga, jadi ini foto beberapa yang untuk referensi kalian jika ingin datang ke sini.

Hampir lupa cerita tripod yang hilang di artikel Gowes Merdeka 2017 akhirnya mencoba mencari alhamdulillah di simpan sama bapak yang baik dan tripod saya kembali.

Baca juga artikel pengalamanku lainnya kali aja bermanfaat, jangan lupa kasih komentar di artikel yang sudah di baca, terima kasih.

Previous GOWES MERDEKA 2017, Semangat Bersepeda Dalam Kemerdekaan Indonesia
Next Pesan Tiket Kereta Api dengan Online Lebih Untung

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 194 posts

Blogger ingusan yang butuh ilmu dari kalian yang lebih berwawasan tinggi. Minat seputar Foto & Videography mohon bimbingannya

View all posts by this author →

You might also like

Yogyakarta 0 Comments

Mengejar Terbitnya Matahari di Kebun Buah Mangunan

Malam minggu hujan yang cukup deras membuat para remaja dewasa tidak bisa untuk pergi jalan-jalan di pinggir kota. Dari sinilah keniatan saya yang belum tercapai-capai yaitu melihat matahari terbit dari

Yogyakarta 0 Comments

Menjelajah Bukit Menoreh Puncak Suroloyo

Indahnya Puncak Suroloyo Jika Tidak Mendung Hoy..!!! udah lama tidak menulis artikel destinasi baru, akhirnya di sela waktu aku bisa meluangkan waktu untuk jalan-jalan kemnali mencari destinasi baru yang mungkin

Yogyakarta 0 Comments

Air Terjun Watu Jonggol Di Antara Bukit Tinggi

Hay kembali lagi menulis artikel kembali setelah beberapa lama tidak update, Sebelumnya saya sudah mengupdate jalan-jalanku  ke Puncak Suroloyo dan Kebun Teh Nglinggo ini merupakan perjalanan berurutan karena lokasi yang

4 Comments

    • Bang Nasrul
      August 28, 08:36 Reply

      iya mas, cocok buat yang lagi bosen dengan aktivitas rutin yaitu bekerja 🙂

  1. Irham
    August 30, 22:37 Reply

    Kemarin baru aja lewat kedua gunung tsb, sempet mau mampir juga namnya lupa, tapi mirip embung kledung ini namanya. Keren mas blognya 😀 salam kenal yaaaa

    • Bang Nasrul
      August 31, 08:37 Reply

      wah kenapa gak mencoba berhenti mas, pemendangannya luarbias.
      Oke mas salam kenal juga

Leave a Reply