Embung Batara Sriten, Embung Tertinggi di Yogyakarta

Embung Batara Sriten, Embung Tertinggi di Yogyakarta

Embung Batara Sriten, gunungkidul

Lensanasrul.com – Selamat datang bulan november 2015, bulan november datang tidak asik jika tidak melakukan apa apa. 1 November 2015 pas sekali di Hari minggu, off dari pekerjaan dan mengajar lokasi baru untuk mencari pengalaman.

Lokasi yang di tuju yaitu Embung Batara Sriten, yang berlokasi di Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Embung Batara Sriten atau yang lebih di kenal Embung Sriten ini salah satu wisata Gunungkidul yang baru dikembangkan, terletak di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, Koordinat GPS S7°49’56” E110°37’54”.

Di kutip dari blog kedaisusu01 “Embung Sriten diproyeksikan sebagai agrowisata kebun buah diataranya manggis dan kelengkeng di perbukitan Baturagung utara yaitu gunung yang merupakan puncak tertinggi di Gunungkidul atau puncak tugu magir dengan ketinggian sekitar 896 mdpl. Menikmati pesona embung di atas awan dan pemandangan yang luar biasa indah dengan view 360° kawasan persawahan, perkampungan, perbukitan, dan beberapa wilayah di bawahnya seperti Klaten, Rawa Jombor, Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Sleman, Gunungkidul, Yogyakarta dsb. Anda bisa berpindah dari bukit satu ke bukit yang lain dengan berjalan kaki karena beberapa diantaranya berdekatan dan berhubungan”.

Embung yang masih baru ini sebenarnya masih proses, walaupun di lokasi untuk sangat bagus namun untuk perjalanan ke lokasi ini masih sangat-sangat berbahaya, pokoknya siap stamina, sepeda motor harus fit dan siap minuman.
[next]

Rute Dari Jogja ke Embung Batara Sriten
Untuk rute yang saya lewati cukup mudah dan banyak jalan lurusnya, namun karena saya tidak begitu tau nama-nama jalurnya maka saya kasih jalur yang di tulis oleh blog kedaisusu01, dan itu sama dengan jalur yang saya pilih.

Jogja » Jl. Wonosari » Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Pertigaan Sambipitu ke kiri menuju arah Nglipar » Perkebunan Hutan Kayu Putih » Pertigaan sebelum Pasar Nglipar ke kiri » Jalan Nglipar-Ngawen » Kedungpoh » Pertigaan timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo tepatnya Jl. Nglipar-Ngawen Km. 6,5 ke kiri » ikuti jalan aspal dan cor blok sambil lihat penunjuk arah ke Embung Batara Sriten dan Perbukitan Baturagung (Puncak Tertinggi Gunungkidul)

Menurut Google Maps :

BACA JUGA :  Pantai Sanglen & Watu Kodok, Jarak Dekat Beda Rasa

PERHATIAN..!!!
Saya perjelas lagi bahwa untuk menuju lokasi ini, kalian wajib stamina siap, Sepeda motor fit, rekomendasi pakai sepeda motor kopling atau yang bergigi, untuk matic tidak saya rekomendasikan namun jika kalian siap harus berhati-hati.
[next]

Setelah perjalanan yang cukup melelahkan dan penuh rintangan namun di situlah keasikan saya yaitu menuju lokasi dengan cara yang perlu ada pengorbanan namun mendapatkan spot yang yang luarbiasa.

Tiket Masuk : Rp,8,000,-

Berbagai lokasi saya foto untuk memperlihatkan bagaimana bagusnya Embung Batara Sriten, yang mungkin kamu ingin ke lokasi ini, dengan penuh pengorbanan, tapi saya yakin setahun kemudian jalur menuju lokasi ini pasti sudah di perbaiki dan sudah halus, nikmat untuk di perjalanan.

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara SritenEmbung Batara Sriten

Embung Batara Sriten

[next]

Puncak Embung Batara Sriten

Selain embung Bataran Sriten, ini merupakan puncaknya embung, karena di jalur melewati rumah joglo ada tempat bukit di situlah puncak tertinggi, Gunungkidul, 896 mdpl. Lokasinya asik bisa melihat full 360°.

Dokumentasi yang saya dapatkan, sebagai kenang-kenangan di sini, dan sebagai informasimu.

Puncak Embung Batara SritenPuncak Embung Batara Sriten

Puncak Embung Batara SritenPuncak Embung Batara Sriten

Puncak Embung Batara SritenPuncak Embung Batara Sriten

Puncak Embung Batara Sriten

Itulah seberkas ceritaku jala jalan di Embung Bataran Sriten, Gunungkidul Yogyakarta, oh iya, di Gunungkidul embung ada 2, dan satunya ada di Embung Nglanggeran yang berdekatan dengan Gunung Purba.

Previous Tau Tidak? Ternyata Ini Manfaat "Traveling" Bagi Kesehatan
Next Ide Traveling Di Musim Hujan, Gak Bakal Bikin Bosen

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 221 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Traveling 0 Comments

Candi Kalasan di Antara Rumah Penduduk

Lensanasrul.com – Explore dan Gowes itulah beberapa minggu ini yang saya lakukan. Mecari udara segar di padukan dengan menikmati indahnya kota yogyakarta beraneka ragam seni dan budaya. Minggu, 14 Feb

Jawa Tengah 4 Comments

Embung Kledung Pesona Himpitan 2 Gunung Istimewa

ernahkan kalian mendengarkan lagu yang liriknya seperti ini “Rebahkanlah tubuh, Di tempat tinggi tak berpenghuni, Lupakan sejenak masalah duniamu, Lembut sang awan ‘kan menyambutmu, Bermimpi ku berada, Hanya ada aku

Traveling 0 Comments

Desa Wisata KaliBiru Hijaunya Kulon Progo

Halo sahabat pecinta traveling. Selamat datang di blog pribadiku dan ini merupakan artikel perdana di dalam blog saya, yang semoga akan terus saya update seputar cerita terbaruku yang mungkin bermanfaat

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply