Daftar Peralatan dan Perlengkapan Camping, Pemula Wajib Baca

Daftar Peralatan dan Perlengkapan Camping, Pemula Wajib Baca

I

ngin merasakan kesunyian dan lari dari keramian ibukota ya salah satunya dengan cara camping bersama teman-teman. Definisi camping adalah cara yang baik untuk menghabiskan liburan jauh dari rumah karena murah dan memberikan banyak menyenangkan, selain itu merasakan alam bebas dan jauh dari hingar-bingar keramian ibukota.

Namun, kadang beberapa orang yang masih baru dalam dunia alam bebas begini tidak tahu apa saja alat yang wajib dan opsional yang perlu dibawa. Artikel ini menjadi bahan data menyimpan Lensa Nasrul dan juga sebagai informasi kalian jika ingin mengetahui secara detail apa saja Perlalatan dan Perlengkapan Camping yang harus ada.

Beberapa referensi saya dapatkan dan saya kumpulkan di artikel ini, saya buat perkategoti.

Operasional

Carrier – Cover Bag – Trash Bag – Ponco – Raincot – Gaitter – Topi Lapangan – Sarung Tangan Kulit – Golok Teas – Pisau Pinggang – Sepatu – Jas Hujan – Kaos Kaki – Daypack – Senter – Batere.

Alat Navigasi

Kompas Bidik – Kompas Orienteering – Altimeter – Penggaris 30cm – Buku Catatan – Pensil – Rautan – Penghapus Pensil – Bolpoint 4 Warna – Douglas Protector – Box Alat Navigasi.

Alat Khusus

Kamera – Handycam – Kernmantel – Ascendeur – Discendeur – Harnest – Weebing – Sling – Chalk Bag – Bubuk Magnesium – Prusik – Helmet – Perahu Karet – Life Jacket – Dayung – Pompa – Handy Talky – Box Alat Khusus.

Survival Kit

P3k – Lilin – Tembakau – Lem Baker – Jarum Jahit Pakaian – Jarum Jahit Sol – Benang Jahit Pakaian – Benang Jahit Sol – Pluit – Pisau Lipat – Kantung Air – Lensa – Korek Api – Semir Sepatu – Signal Smoke – Bok Survival Kit.

Alat Makan, Masak, Minum

Trangia/ Nesting – Kompor Paraffin – Piring (Plastic) – Gelas (Plastic) – Vedples – Sendok – Garpu – Bahan Baker – Korek Api – Tissue – Alat Makan Minum – Box Alat Masak.

Alat Tidur, Camp

Tenda – Flysheet – Matras – Tali Rapia – Balaklava – Sleeping Bag – Jacket/Sweater – Sarung Tangan Wol – Kaos Kaki – Kaos Lengan Panjang – Celana Panjang – Lilin – Box Alat Tidur – Box Alat Camp.

Alat Kebersihan, Obat, Alat Kesehatan

Gunting Kuku – Catoonbath – Pinset – Tusuk Gigi – Gunting – Silet – Cukur Jenggot – Sarung Tangan Steril – Thermometer – Perban – Mitella – Betadhine – Anti Flu – Anti Maag – Anti Nyamuk – Anti Luka Baker – Alcohol – Kapas – Handuk – Sikat Gigi – Pasta Gigi – Sabun Mandi/Wajah – Shampoo – Kantong Sampah – Box Alat Kesehatan – Box Obat – Box Alat Kebersihan.

Alat Pribadi, Perlengkapan Cadangan

Kartu Identitas – Handphone (Plus Charge Travel) – Ikat Pinggang – Pakaian Cadangan – Power Bank – Celana Cadangan – Kaos Kaki Cadangan – Pakian Dalam Cadangan – Box Alat Pribadi – Box Perlengkapan Cadangan.

Logistik

Makanan berenergi – Makanan Mengandung Protein – Mudah disajikan – Ringan – Tidak mudah basi – Air mineral secukupnya

 

"Abadikanlah Setiap Perjalanan Anda, Catat Hal-Hal Yang Menarik Selama Perjalanan, Jangan Lupa Memberikan Laporan Jalur Penjelajahan. Catat Nomor Penting Yang Bisa Di Hubungi Dan Tinggalkan Nomor Yang Bisa Dihubungi. Catat Semua Peralatan Yang Di Bawa Selama Penjelajahan. Jangan lupa selalu berdoa, dan melaksanakan sholat bagi orang muslim, Selamat Berpetualang"

Semoga informasi ini sangat bermaanfaat, dan bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam Camping sempatkan untuk membaca, mungkin ada yang kurang bisa tulis komentar di bawah dan nanti akan saya update artikel ini. Terima kasih.

Previous Keliling Kota Solo Bareng Dua Hijaber
Next Camping di Pantai Ngrumput Di Terjang Badai

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 201 posts

<p>Blogger ingusan yang butuh ilmu dari kalian yang lebih berwawasan tinggi. Minat seputar Foto & Videography mohon bimbingannya</p>

View all posts by this author →

You might also like

Caraku Enak & Sehat Minum Jus Wortel

eberapa minggu ini, saya mulai galau dengan mata saya. Rasanya semakin membayang untuk melihat suatu benda yang berada sedikit jauh. Sepertinya mata sudah mulai lelah dengan pekerjaan yang selalu tampil

Wajib Baca, Cara Registrasi Kartu Prabayar SIM Perdana Lama Atau Baru

emerintah membuat kebijakan baru untuk menangkal hal-hal yang tak diinginkan dalam penggunakan SIM prabayar. Dimulai hari kemarin 31 Oktober 2017, penggunakan SIM prabayar lama atau baru wajib untuk registrasi ulang

Sulit Instal, Beginilah Instal Bima Tri di Windows

ebutuhan untuk berselancar di dunia maya untuk saya sendiri sangatlah dibutuhkan. Bisa dibilang ini juga kebutuhan yang wajib bagi saya karena jika tanpa internet saya tak bisa menghidupi blog Lensanasrul

1 Comment

Leave a Reply