Candi Sambisari, Candi Bawah Tanah Dengan Ruput Hijaunya

Candi Sambisari, Candi Bawah Tanah Dengan Ruput Hijaunya

U

dah tau belum? di yogyakarta Candi yang paling banyak di datangi oleh wisatawan adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Padahal, candi Borobudur itu berada di provinsi jawa tengah namun tetap yang di kenal candi yang berada di kotaYogyakarta. Dari dua candi tersebut lokasi yang pernah aku kunjungi ialah Candi Prambanan namun, waktu itu aku masih dudu di sekolah dasar. Kalian wajib datang di 2 Candi tersebut, tapi saya punya rekomendasi tempat wisata yang menarik buat Foto dan mengenal sejarah baru. Lokasi tempat wisatanya ialah Candi Sambisari.

Mungkin tidak begitu banyak yang tahu tentang candi Sambisari. Salah satu Candi dari sekian banyak dikawasan Kalasan. Berlokasi dekat dengan Candi Prambanan dan Bandara Adisucipto di Jalan Candi Sambisari Kadirojo, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk tiket masuk di kawasan Candi Sambisari bagi wisata lokal tiket masuk di haragai Rp.5.000,- sedangkan untuk mancanegara di hargai Rp.10.000,- menurut perdana nomor 3 tahun 2016.

Candi Sambisari merupakan candi hindu yang dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno (wikipedia). Candi yang berada di bawah permukaan tanah terdapat pagar yang mengelilingi candi utama selain itu terdapat 3 candi pendamping.

Candi Sambisari

Candi sambisari terlihat menawan saat Gunung Merapi nampak gagah

Pada bagian luar dinding bangunan utama terdapat relung yang berisi patung Durga Mahisasuramardini (di sebelah utara), patung Ganesha (sebelah timur), patung Agastya (sebelah selatan), dan di sebelah barat terdapat dua patung dewa penjaga pintu: Mahakala dan Nandiswara. Di dalam candi utama terdapat lingga dan yoni dengan ukuran cukup besar. Pada saat penggalian ditemukan berbagai benda lainnya di antaranya adalah beberapa tembikar, perhiasan, cermin logam, serta prasasti (wikipedia).

Candi Sambisari

Candi Sambisari Yogyakarta

Setelah saya cek memori kamera saya, ternyata kebanyakan saya mencari footage video sampai lupa tidak ada foto yang berdekatan dengan candi utama. Sepertinya juga foto yang saya upload sudah bisa menjelaskan bagaimana suasana Candi Sambisari ini.

Gazebo

Fasilitas Gazebo untuk berteduh

Di tempat wisata ini, fasilitas sudah cukup memadai seperti toilet, tempat berteduh seperti gazebo tersedia. Pokoknya sangat cocok untuk wisata keluarga. Tidak begitu lama saya di lokasi Candi sambisari dikarenakan saya menuju lokasi ini menggunakan sepeda dari kota Yogyakarta.

Candi Sambisari

Mencoba berfoto di berbagai tempat

Terik matahari sudah mulai semakin panas, saya bergegas untuk pulang dari pada kepanasan dan kadang tiba-tiba cuaca tak bersahabat keseringan mendung dengan tiba-tiba. Selain Candi Sambisari di kawasan kalasan juga terdapat Candai Kalasan, Candi Sojiwan, Candi Barong, Candi Plaosan, dan masih banyak lagi pokoknya jangan lupa di explore dan di ulas biar kita memperkenalkan tempat wisata ajib di Yogyakarta.

BACA JUGA :  Lawang Sewu, Sang Icon Semarang Dengan Legenda Cerita Mistisnya
Previous Camping di Pantai Ngrumput Di Terjang Badai
Next Berkunjung di Karangwaru Riverside, Ruang Publik Ramah Lingkungan

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 221 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Yogyakarta 5 Comments

Pantai Glagah Kulonprogo, Destinasi Keluarga dan Panorama Sunset

Pantai menjadi destinasi favorit saya disaat ingin mencari sebuah foto pemandangan ataupun untuk menghilangkan rasa jenuh sambil liburan. Walaupun pantai menjadi favoritku untuk liburan, ada sebuah pantai yang sebenarnya sudah

Traveling 0 Comments

Wisata Murah Meriah Hutan Pinus Imogiri

ulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu saya tunggu-tunggu. Bulan yang bikin damai karena suasana menjadi berbeda tidak seperti biasanya. Terasa “adem” (dingin di hati) dan agenda di masjid semakin banyak

Traveling 0 Comments

Camping di Pantai Ngrumput Di Terjang Badai

Mumpung hari libur Imlek pada hari sabtu 28 januari 2017, saya dan teman kampung mengadakan Camping di pantai Ngrumput Gunungkidul Yogyakarta. Kenapa memilih lokasi itu? Karena pantai ini bersih, bisa dikatakan

2 Comments

  1. endrita
    February 21, 14:07 Reply

    Wah, baru tau sekarang kalo ada candi ini.
    emang kenalnya cuman borobudur dan Prambanan.
    😀

    • Bang Nasrul
      February 23, 09:53 Reply

      pokoknya perlu di coba mas, deket prambanan itu banyak sekali candi kecil kecil yang menarik

Leave a Reply