Candi Barong, Pesona Candi dan Pemandangannya

Candi Barong, Pesona Candi dan Pemandangannya

Candi barong yogyakarta

Lensanasrul.com – Kesibukan yang aku lalui beberapa hari ini membuat artikel ini baru saya tulis untuk memberikan informasi bagi teman-teman yang suka jalan-jalan atau bersepeda. Bersepeda ke Candi Barong dari kota yogyakarta cukup jauh dan melelahkan bagi saya sebagai pemula. Bersepeda ke candi Barong ini tercatat pada hari Minggu, 14 Feb 2016.

Sebelum sampai lokasi Candi Barong, saya sempatkan mengunjungi Candi Kalasan yang tidak jauh dari Candi Prambanan, yang merupakan Candi yang berada di antara kerumunan rumah penduduk. Setelah beberapa menit berada di Candi Kalasan saya lanjutkan perjalanan menuju Candi Barong.

Tentang Candi Barong

Berada di puncak, Di Dusun Candisari, Sambirejo, Prambanan, tak jauh dari kompleks Candi Ratu Boko. Nampak dua buah candi “kembar” nan gagah berdiri di atas pelataran tiga tingkat yang luas. Candi Barong yang merupakan tempat memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang tak lain adalah dewi kesuburan oleh masyarakat Hindu yang kala itu bertani.

Menerut sejarah candi yang diperkirakan dibangun antara abad ke-9 dan 10 ini sebenarnya bernama Candi Suragedug. Namun, hiasan kala (sosok raksasa menyeramkan yang biasanya menghias gerbang atau pintu masuk candi) berbentuk Barong di tiap sisi bangunan candi yang begitu khas membuat masyarakat sekitar lebih senang menjulukinya Candi Barong. Kala-kala barong di candi ini dalam mitologi Hindu dipercaya sebagai makhluk penjaga kesucian bangunan. Alih-alih menyeramkan seperti kala pada bangunan lainnya, barong-barong ini malah terkesan memberikan senyumannya. Selain barong, ornamen unik lain yang menghias candi ini adalah Ghana, si raksasa kerdil yang menopang relung candi.

Kompleks candi ini memiliki pintu masuk di sebelah barat, lalu mengantar pada lahan berundak tiga. Teras pertama dan kedua sudah tidak ditemukan bangunan candi, meskipun terdapat sisa-sisa lantai atau umpak. Teras kedua merupakan area bukaan yang cukup luas. Sebelum memasuki teras tertinggi terdapat gerbang paduraksa kecil yang mengapit tangga naik.

BACA JUGA :  Candi Plaosan Lor Tercapai Menggunakan Sepeda

Lokasi / Peta


Untuk bersepeda, ini bukan perjalanan yang mudah. Karena lokasinya naik terus membuat kaki ini terasa berat untuk mengayuh sepeda yang ku tumpangi. Dengan perjalanan sekitar 2jam perjalanan proses kadang istirahat dan kadang menginjak mencoba lokasi lainnya seperti Candi Kalasan, dan total kisaran perjalanan sampai lokasi Candi Barong sekitar kurang lebih 23KM.

Candi Barong lokasi wisata yang jarang di datangi para wisatawan, namun lebih banyak yang datang manca negara. Dan masih tanpa tiket masuk hanya kita melakukan wajib lapor kunjungan ke pihak petugas keamanan.

Previous Candi Kalasan di Antara Rumah Penduduk
Next Hijup Akan Menampilkan Dress Hijab Fashion Terbaik Di Indonesian Fashion Week

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 236 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Yogyakarta 4 Comments

Menuju Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

aktu itu siang hari hujan membasahi Yogyakarta, dan di hari itu juga (2 Oktober 2016) waktunya untuk kumpul bersama, dengan teman teman kumpulan di masjid untuk menuju Gunung Api Purba

Traveling 0 Comments

2 Air Terjun Segar Di Desa Seloprojo “Air terjun Sumuran & Ngesong”

agelang dikenal sebagai kota sejuta bunga yang ternyata memiliki destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi, untuk menghilangkan stres dari pekerjaan yang menganggumu di setiap hari hari kerja. Untuk di kota

Yogyakarta 0 Comments

Indahnya Yogyakarta dari Tempat Wisata Candi Ijo

Oke ternyata tidak terasa tahun 2014 akan selesai tinggal beberapa hari, Banyak kenangan yang tidak bisa saya ungkapkan di sini, namun saya merasa bahagia dan di resolusi 2015 aku ingin

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply