Mengintip Bus Werkudara, Bus Wisata Keren Kota Solo

Mengintip Bus Werkudara, Bus Wisata Keren Kota Solo

A

rtikel ini sebenarnya sangat telat yang seharusnya artikel ditulis bebarengan dengan artikel keliling kota solo bareng dua hijaber. Namun apa daya kalau lagi males untuk menulis dan tidak punya ide ujung-ujungnya ditinggal dan kelupaan. Karena hari ini baru ada waktu luang, jadi saya mau menceritakan cerita singkat seputar Bus Werkudara yang itu Bus wisata berkeliling kota Solo.

Bus Werkudara adalah salah satu transportasi dan daya tarik untuk berwisata di kota Solo, bus bertingkat untuk mengelilingi kota Solo. Bus yang memiliki tampilan yang sangat menarik dan terlihat gahar adanya tokoh wayang werkudara seperti nama bus tingkat tersebut.

Kala itu saat perdana jalan-jalan di kota solo saya berusaha untuk bisa menikmati Bus Werkudara tersebut dan ternyata agar bisa ikut tour dengan Bus Werkudara kita harus reservasi terlebih dahulu, saya sempat kebingungan tapi setelah berunding dan reservasi saya akhirnya mendapatkan jadwal jam sore.

Cara Reservasi/Pemesanan

Untuk menikmati Bus Wisata Werkudara, saya tidak asal langsung datang di garasi yaitu Kantor Dishub Solo (Jl Menteri Supeno 7, Manahan, Solo, Jawa Tengah, pukul 09.00 WIB-15.00 WIB). Prosedurnya, saya harus memesan terlebih dahulu untuk informasi kuota dari Bus wisata tersebut. Untuk pemesanan bisa di nomor Sandi 085229790462 atau Indri 085642005156.

Akan di jelaskan secara detail kuota yang tersedia dan melakukan pembayaran sebagai bukti pemesanan. Waktu itu saya langsung membayar di lokasi yaitu Kantor Dishub Solo tanpa harus membayar duluan. Mungkin pesan saya sangat meyakinkan hehe…

Tiket Bus Werkudara

Tiket Bus Werkudara

Harga tiket untuk City Tour bersama Bus Werkudara yakni Rp20.000/orang, untuk carter menurut artikel yang saya dapatkan dari solopos.com, untuk carter Bus ini biaya Rp800.000/tiga jam. Harga tersebut sudah termasuk BBM dan sopir, namun tanpa pemandu perjalanan.

Rute City Tour Bus Werkudara

Rute yang diberikan dari City Tour bersama Bus Werkudara cukup untuk dinikmati. Perjalanan rute reguler bus tingkat wisata Werkudara, yakni mulai dari Kantor Dishub Solo di Jl. Menteri Supeno No. 7, Manahan-Perempatan Manahan (Jl. A. Yani)-Pertigaan Kerten (Jl. Slamet Riyadi)-Sriwedari-Gladak-Balai Kota Solo-Pasar Gede-Perempatan Panggung (Jl. Kol. Sutarto)-Tugu Cembengan (Jl. Ir. Sutami)-Jurug.

Setelah itu ada proses pergantian kursi yang duduk di dalam bus atau bawah pindah berada di atas bus dan sebaliknya, setelah itu dilanjutkan dari Jurug-Tugu Cembengan-Perempatan Panggung-Pasar Gede-Balai Kota-Gladak-Perempatan Sangkrah (Jl. Kapten Mulyadi)-Perempatan Baturono-Gading (Jl. Veteran)-Tipes-Baron (Jl. Dr. Radjiman)-Laweyan-Lumbung Batik (Jl. KH Agus Salim)-Purwosari (Jl. Slamet Riyadi)-Pertigaan Kerten-Perempatan Manahan-Kantor Dishub Solo.

Hasil Dari City Tour Bareng Bus Werkudara

Sebenarnya berwisata dengan Bus Werkudara ini sangat bagus dan menjadi pengalaman baru bagi saya karena bisa melihat sepintas kota Solo dan bisa merasakan empuknya sofa bus tersebut (kursi dalam bukan atas).

Namun yang sangat disayangkan, pada saat saya melakukan city tour kota solo sedang di guyur hujan, yang imbasnya saya tak bisa menikmati cukup banyak kota solo. Selain itu pemandau wisata tak mengoceh apa karena ini jadwal terakhir jadinya capek, apa karena saya menggunakan jadwal saat jam sore atau karena pas hujan jadi pemandu merasa sia-sia apabila memandu wisata kali ini. Ya semoga itu terjadi saat hanya dengan saya saja. Akibatnya informasi yang saya dapatkan tidak banyak dan foto sedkit karena hujan.

Namun saya puas bisa berkeliling dengan Bus werkudara durasi hampir  2jam dengan jalan yang santai dan nyaman. Untuk kursi di dalam Bus ini memang sangat nyaman dan berAC, akan tetapi berbeda dengan yang di atas masih menggunakan kursi seperti bus kota yang plastik.

Tempat duduk atas Bus Werkudara

Tempat duduk atas Bus Werkudara

Tempat duduk bus bawahBus Werkudara

Tempat duduk bus bawah Bus Werkudara

Sudah terlihat nikmat mana duduknya, untuk melihat sekitar sebenarnya enakan dari atas cuma duduknya sedikit keras. Sedangkan kalau ingin duduk nyaman dan berAC enakkan duduk di bawah. Tetap tidak bisa memilih karena bakalan berkulir tempat duduknya. Mungkin dari artikel yang saya tulis masih belum menggambarkan bagaimana situasinya.

Mendingan segera mencobanya biar merasakan dan menambah pengalaman baru menaiki bus wisata kota solo yaitu Bus Werkudara.

Previous Kesegaran & Kehangatan Wedhang Ronde Di Musim Dingin
Next GOWES MERDEKA 2017, Semangat Bersepeda Dalam Kemerdekaan Indonesia

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 201 posts

<p>Blogger ingusan yang butuh ilmu dari kalian yang lebih berwawasan tinggi. Minat seputar Foto & Videography mohon bimbingannya</p>

View all posts by this author →

You might also like

Traveling 1Comments

Berkunjung Menggunakan Sepeda, Monumen Perjuangan TNI AU

khir pekan telah tiba, disitulah waktuku untuk mengexplore suasana berbeda menggunakan sepeda apabila lokasi yang dituju tidak terlalu jauh. Akhir pekan 5/3/2017 kali ini saya berkunjung di salah satu monumen untuk

Sensasi Bersepeda ke Air Terjun Jurang Pulosari Lebih Asik

Lensanasrul.com – Alhamdulillah dapat libur 2 hari. Hari kamis 05/05/2016 saya sempatkan untuk gowes bareng bersama la vienz, yang kemarin juga menemani menikmati Kebun Binatang Gembiraloka Zoo. Kali ini menemani

Traveling 0 Comments

Traveling ke Pantai Wedi Ombo, Wonosari

Hari sabtu tepatnya malam minggu 6 desember 2014, sebelumnya saya sempatkan untuk jalan-jalan dengan teman lama di Skaten alun alun utara yogyakarta. Karena sudah jarang ketemu dan sungkan jika tidak

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply