Backpaker Jogja – Malang Dengan Dana Tipis

Backpaker Jogja – Malang Dengan Dana Tipis

 Lensanasrul.com – Akhirnya setelah menunggu luang waktu, aku bisa menulis artikel ini. Artikel pengalaman Backpaker singkat Jogja – Malang dengan dana yang tipis dan dadakan. Banyak suka duka yang pasti di alami namun itu semua belum seberapa dari mereka yang sudah berjuang dalam berkelana jalan-jalan untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik.

Awal Cerita Backpaker Jogja – Malang
Bakcpaker ini di mulai 2 minggu sebelum jalan-jalan ini di mulai, sedangkan pergi ke malang ini pada  kamis malam, 25 agustus 2016. Teman SMP yang kerja di Pulau Bali dapat cuti dan libur sekitar seminggu lebih, pastinya saya lupa berapa hari dia libur. Mengajak untuk keMalang secara dadakan, sontak kaget dan keinginan kemalang juga ada dengan tekat bulat akhirnya saya meng-iyakan untuk kemalang secara dadakan untung ada dana tabungan dikit-dikit untuk menuju malang.

Backpaker Ke Malang Dimulai
Kamis malam 25 agustus 2016 menjadi waktu di mana saya akan berangkat ke Malang. Menuju Malang saya menggunakann Kereta Api, jadi saya selalu cek informasi terlebih dahulu jadwal kereta api Jogja – Malang secara online bisa cek di situs resminya https://tiket.kereta-api.co.id/, cak cek terus namun tidak beli ujung-ujungnya kursi makin dikit yang sebenarnya ada harga tiket murah Rp.140.000,- tidak jadi kebeli karena sudah penuh.

Karena Mepet Jadwal Pembelian Kereta Salah. Ini apes buat saya, di sini saya pertama kali akan naik kereta, sebelumnya sih belum pernah naik kereta api karena semua keluarga dekat tanpa kereta bisa di lalui. Karena kebingungan tiket hampir habis dan pembelian ke Stasiun terlalu kelamaan dan di sini saya masih kerja setangah hari akhirnya saya memebli secara online. Apes lagi kalau di situs resmi yang dadakan sudah tidak bisa di booking.

Akhirnya ada solusi membeli di tokopedia secara dadakan masih bisa, saya membeli di situs tokopedia dapat dengan harga Rp.165.000,- sudah cek berulang ulang dan ternyata setelah saya sudah bayar di Alfamart jadwal kereta salah. Jadwal yang saya beli untuk tanggal 26 agustus keberangkat pukul 20.45 wib dengan harga Rp.175.000,-. Akhirnya saya merubah jadwalnya dengan cepat menjadi tanggal 25 agustus 2016 keberangatan pukul 20.45 wib dari Stasiun Tugu Yogyakarta menggunakan Malioboro Express (ekonomi) sampai di Stasiun Malang Kota pukul 04.00 Wib.

BACA JUGA :  Gembiraloka Zoo Bukan Seperti Dulu Lagi

Baca juga : Cara Merubah/Membatalkan Jadwal Tiket Kereta Api.

Kereta jogja malang

Perjelanan menggunakan kereta api di mulai dan berjalan dengan lancar sampai Stasiun Malang Baru dengan perjalanan kurang lebih 7Jam perjalanan.
Stasiun Malang Baru

Sampi di Malang masih gelap (26/08/2016), adzan subuh masih belum berkumandang sedangkan di dekat Stasiun tidak ada Masjid yang nampak. Akhirnya ku berjalan melewati Alun alunn tugu malang yang terdapat gedung Dinas Pasar Kota Malang dan mendapatkan Masjid Jendral Ahmad Yani untuk menunaikan ibadah sholat Subuh.Setelah Sholat Subuh kelar pikiran sudah fresh di lanjutkan perjalanan jalan kaki menuju Alun-Alun Malang, menikmati pagi hari Alun-Alun Malang, melihat yang pada lari pagi sedangkan saya menikmati suasannya saja.

alun alun malang

Heheheee… mohon di maklumi model fotonya seperti ini tidak bisa pose, dan kamera hanya saya dudukkan di tripod kecil maen timer. Ini adalah Alun-Alun Malang, untuk artikel Alun Alun Malang bisa di baca di sini. (Pagi Hari Alun Alun Malang).

Setelah menikmati alun-alun malang teman memberikan tahu bahwa di malang hanya sehari malamnya langsung pulang. Sontak kaget juga saya kira masih besok, sedangkan tiket pulang belum dapat.

Dadakan lagi cari tiket di tokopedia sudah dapat tinggal bayar di alfamart, namun apes mengampiri kembali tidak bisa untuk pembayaran katanya kodenya salah atau gimana saya juga bingung padahal pas di jogja bisa. Temanku sedikit bingung akhirnya kembali ke Stasiun, Dari kawasan Alun-alun malang ke Stasiun Malang cukup jauh sekitar 1Km. Becak menjadi alternatif saya untuk kembali ke Stasiun. Dihargai oleh tukang becak sampai Stasiun Rp.25.000,- namun saya tawar jadi Rp.15.000,-.

Kembali apes lagi, sampai di Stasiun sudah di antrian depan tiket hanya bisa di beli untuk keberangkatan sekarang untuk nanti tidak bisa dikarenakan koneksi internet sedang eror. Dari pada berdiam diri menunggu tanpa kepastian saya ajukkan mendingan langsung saya kita ke Batu, Malang. Untuk tiket kereta api di fikir belakangan dari pada tidak mendapatkan hasil apa apa.

BACA JUGA :  Lawang Sewu, Sang Icon Semarang Dengan Legenda Cerita Mistisnya

Perjalanan Ke Batu Malang
Ke Batu Malang bisa menggunakan angkot warna biru dengan tujuan Landungsari, infonya sih harga standar Rp.4.000,-. Di perjalanan ini saya sempat sempat akan menggunakan angkot, sampai di tempat menunggu angkot dekat stasiun para supir angot pada bikin kuping sedikit gatal ngasih solusi kek seperti paket ke tiap wisata dll dengan harga yang mungkin tidak wajar buat saya karena hanya dengan dana tipis hehee….

Saya tinggal makan pagi, mungkin belum makan pagi tidak bisa berfikir cepat. Sambil searching tempat penyewaan Sepeda motor. Dapat di lokasi dekat Alun-Alun Tugu, di jalan Jl,Mojopahit dengan harga Rp.80.000,-/24 jam sepada motor matic.

Perjalanan menuju Batu Malang, ke spot pertama Air Terjun Coban Rondo dengan jarak tempuh lebih dari 1 jam perjalanan dengan jalan yang bagus namun berkelok-kelok memuncak

Air Terjun Coban Rondo

Saya tidak ada review Air Terjun Coban Rondo di sini, karena saya sudah menulis artikel tentang Air Terjun ini yang sangat segar dan rekomendasi buat kalian yang suka wisata alam seperti ini. Tiket masuk roda 2 Rp.4.000,- masuk perorang Rp.15.000,- dan Asuransi Rp.1.000,- perbedaan hanya untuk di kendaraan untuk kenaikan. Harap baca artikel (Kesegaran Dan Kemegahan Air Terjun Coban Rondo), di sini saya cukup menikmati dan saya selesaikan untuk turun ke Batu Malang, saya harus menunaikan ibadah sholat Jum’at.

Museum angkut malang

Dilajutkan ke Musuem Angkut, ini yang sebenarnya menjadi spot yang di tunggu-tunggu. Spot wisata edukasi yang harga tiketnya cukup fantastik buat saya hehe. Di sini saya membeli tiket Masuk paket bakap dengan mendapatkan destinasi wisata Musuem Angkut, Runway 27 dan D’Topeng Kingdom dengan harga Rp.100.000,-. Selain itu saya membawa Kamera DSLR harus mengeluarkan badget Rp.30.000,- dan Beli bagasi untuk penyimpanan tas Rp.10.000,-/koin.

Baca selengkapanya : Liburan Ke Musuem Angkut Bikin Lupa Waktu.

Tak di sangka di Musuem Angkut ini saya terlalu lama dari pukul 13.30 wib sampai maghrib. Kesalahan saya sepertinya terlalu lama di sini menjadikan saya tidak banyak mendapatkan spot di wisata Malang.

BACA JUGA :  Kalau Ke Malang, Jangan Lupa Mampir Di Alun Alun Malang

Selain itu saat perjalanan tadi saya terus memantau info tiket secara online dan mendapatkan untuk keberangkatan tanggal 27 Agustus 2016 pukul 08.30 wib menggunakan Malioboro Expres harga sama Rp.175.000,- akhirnya saya harus bermalam di Kota Malang. Banyak sekali spot-spot yang hanya saya lewati menggunakan sepeda motor bisa kemana-mana tanpa beban bingung mencari angkut.

Harga makan di sini hampir sama dengan kota Yogyakarta, yang terpenting jangan makan dekat wisata karena di situ biasanya mahal. Saya membeli Soto seharga Rp.10.000,- minuman es teh Rp.2.000,- itu menurutku masih harga wajar.

Untuk tidur saya meminim sekali hehe dengan tidur di Masjid yang sebelumnya buat sholat subuh, terima kasih buat bapak yang udah memberikan tempat.

Dari artikel Backpaker Jogja – Malang saya akan memberikan kesimpulan, bagi kamu yang ingin datang ke Malang dengan Kereta Api.

Kesimpulan Arikel Ini dan Kalkulasi Yang Saya Keluarkan:

  1. Tiket Berangkat dan Pergi Rp.175.000,- total Rp.350.000
  2. Jangan sampai salah membeli tiket
  3. Naik Becak lihat kondisi dan jarak jauh, dapat harga Rp.15.000,-
  4.  Sewa sepeda motor Rp.80.000/24jam Sepeda motor matic, share cost jadi Rp.40rb
  5. Masuk Wisata Coban Rondo Total Share Cost Sepeda motor jadi Rp.2rb + Rp.15.00/org + Rp1rb total Rp. 18.000,-
  6. Museum angkut Masuk Rp.100.000 + Bawa Kamera Rp.30.000,- + Bagasi Rp.10.000 total jadi Rp. 140.000,-
  7. Total pengeluaran Rp.563.000,- belum termasuk makan dan cemilan, kesalahan membeli tiket, parkir, bengsin, silahkan di kalkulasi untuk persiapan jika ingin kesana kota Malang.
  8. Baca kesalahan saya dan jangan sampai kamu ikut dengan kesalahan-kesalahan kecil yang membuat perjalanan anda tidak berjalan dengan lancar.

Semoga artikel Backpaker Jogja – Malang Dengan Dana Tipis bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat anda yang ingin ke kota Malang yang bersih dengan tata kota yang menurut saya sangat bagus.

 

Previous Jogja Video Mapping Project di TBY Bikin Tercengang
Next Cara Mengubah / Pembatalan Tiket Kereta Api

About author

Bang Nasrul
Bang Nasrul 236 posts

Seorang yang 70% kesibukan di depan komputer dan traveling menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Tidak mahir berenang tapi senang kalau di ajak ke pantai.

View all posts by this author →

You might also like

Traveling 0 Comments

Jamnas Honda Life dan Kei Car #2 – Hari 2

Lensanasrul.com – Masih seputar cerita saya di Malang, di event Jambore Nasional #2 Honda Life dan Kei Car. Ini merupkan hari ke 2 saya di Malang, Baca artikel sebelumnya agar

Traveling 0 Comments

Senja Romantis di Bukit Teletubbies

aya seharian di hari minggu kali ini tak keluar kemana-mana, biasanya kalau sejak pagi ada aja agenda kalau tidak bersepeda atau melakukan aktivitas lainnya. Mungkin karena efek habis nonton acara

Jawa Timur 2 Comments

Liburan ke Museum Angkut Malang Bikin Lupa Waktu

Lensanasrul.com – Tidak asik kalau datang ke malang kalau belum mencoba wisata edukasi Museum Angkut. Museum Angkut Adalah sebuah tempat wisata pertama di Asia Tenggara tema transportasi dan tempat wisata

5 Comments

  1. Yurmawita Adismal
    September 15, 01:33 Reply

    Malang terkenal dengan kota Apel ya mas, btw itu air terjun cantik banget..

  2. Nasrul Ma Arif
    September 15, 01:35 Reply

    iya terkenal dengan kota apel, dan sangat di sayangkan saya tidak datang di kebun buah apel hehe, iy air terjunnya keren, harus kesana mbak… segerrr….

  3. Travel Jember Malang
    January 19, 18:08 Reply

    Seru sharing cerita traveling ke malangnya mas. Btw di Batu kmren ga nyoba Terbang tandem paralayang? asikk banget mas. Kita take off di sekitar Gunung Banyak, lalu landingnya di kawasan Songgoriti.

    • Bang Nasrul
      January 20, 09:34 Reply

      Sebenarnya ingin mas, cuma waktu tak memungkinkan… next semoga bisa kemalang lagi.

Leave a Reply